18 Informasi Menarik dan Fakta Seputar Berang-Berang, Mamalia Semi-akuatik Pemakan Ikan

Updated at : February 29, 2016
Berang-berang merupakan hewan mamalia semi-akuatik yaitu binatang darat yang dapat tinggal didalam air dan merupakan binatang pemakan ikan namun untuk salah satu jenisnya dapat disebut sebagai akuantik. Berang-berang termasuk kedalam suku Mustelidae.

Berang-berang mempunyai 13 spesies dengan genus sebanyak 7 dan telah melakukan penyebaran hampur keseluruh penjuru dunia namun tidak termasuk dalam Australasia yaitu Australia, Papua Nugini, dan New Zealand.

Umumnya hewan yang termasuk kedalam akan suku Lutrinae ini memakan hewan yang tergolong akuatik dan paling utamanya adalah ikan serta kerang selain itu mereka juga dapat menjadikan hewan invertebrata, burung, mamalia kecil, maupun hewan amfibi untuk dijadikan makanan.

Berang-Berang

Adapun beberapa fakta menarik mengenai berang-berang adalah sebagai berikut.

1. Semua berang-berang mempunyai bentuk yang sama persis dengan musang, mempunyai tungkai yang lebih pendek, dan mempunyai kaki dengan cakar yang berselaput digunakan untuk berenang. Berang-berang juga mempunyai ekor yang panjang dan berotot yang berfungsi sebagai penyeimbang tubuhnya pada saat berenang di dalam air namun untuk berang-berang laut tidak memiliki hal tersebut.

2. Biasanya berang-berang lebih sering beraktivitas pada malam hari dan dapat berpindah dengan cepat dari satu tempat ke tempat lainnya.

3. Pada bagian tubuhnya rambut berang-berang mempunyai 2 lapisan yaitu bagian luar dan dalam. Untuk bagian luar rambutnya panjang, kaku, dan keras, sedangkan pada bagian dalam rambutnya kebalikannya dari bagian luar uaitu lebih lukak dan halus.

4. Bulu tubuh berang-berang sangatlah lebat yang berfungsi untuk adaptasi dari musuhnya.

5. Dimanapun berang-berang berada tubuhnya akan selalu dalam keadaan hangat dan kering sekalipun berada di air yang dingin. Sebab pada bagian rambut dalamnya tidak dapat ditembus oleh air dan udara yang masuk kedalam tubuhnya dapat terperangkap.

6. Makanan utama dan paling disukai oleh berang-berang adalah ikan dan untuk dapat bertahan hidup berang-berang membutuhkan kurang lebih sekitar 100 gram ikan untuk satu jamnya.

7. Untuk berburu makanan mereka biasanya akan menghabiskan waktu 3 sampai dengan 5 jam untuk satu hari. Namun untuk berang-berang yang sedang mengasuh akan membutuhkan waktu yang lebih lama lagi yaitu sekitar 8 jam untuk satu hari.

8. Makanan yang dibutuhkan untuk berang-berang pantai sebanyak 15% untuk setiap hari daripada berat badan tubuhnya.

9. Sedangkan untuk berang-berang laut lebih banyak membutuhkan makanan dibanding berang-berang pantai yaitu sekitar 20% sampai dengan 25% dan hal tersebut bergantung dari bagimana temperature dari lingkungan tersebut. hal tersebut disebabkan karena suhu yang dingin sangat membutuhkan metabolisme yang lebih besar sehingga badan dari berang-berang laut tetap dalam keadaan hangat.

10. Untuk beberapa jenis berang-berang pandai dalam membuka cangkang kerang sedangkan untuk beberapa jenis yang lainnya sangat pintar dalam menangkap mamalia kecil maupun burung.

11. Berang-berang mempunyai kelopak mata yang transparan sehingga dapat dijadikan sebagai kacamata renang. Hal inilah yang memudahkan berang-berang untuk melihat walaupun berada didasar air.

12. Lodges adalah sebutan untuk rumah berang-berang dimana bahan pembuatannya berasal dari cabang-cabang pohon serta lumpur. Lodges dibangun pada perairan yang terbuka agar dapat terlindung dari serangan predator dan pintu masuk dari rumah berang-berang ini terletak pada bagian dalam air.

13. Berang-berang merupakan hewan pengerat terbesar didunia dan gigi pada berang-berang tidak pernah berhenti untuk tumbuh. Hal tersebut disebabkan karena berang-berang terus menggigiti kayu sehingga giginya akan terus bertambah panjang.

14. Jika berang-berang tidak menjaga tumbuh kembang giginya akan membuat gigi mereka dapat tumbuh diotak mereka.

15. Usia dari berang-berang dapat mencapai 15 sampai dengan 20 tahun dan pada saat baru dilahirkan beratnya mencapai 3kg sampai dengan 5 kg.

16. Pada saat usianya memasuki 8 sampai dengan 12 bulan biasanya anak berang-berang akan meninggalkan induk berang-berang.

17. Ternyata berang-berang juga sangat pandai untuk memanipulasi keadaan dimana ia akan membuat rumah atau lodges yang tidak ada penghuninya untuk dapat mengelabuhi hewan lain terutama untuk predatornya.

18. Berang-berang juga sangat pandai dalam memilih pohon untuk dijadikan sebagai kebutuhan hidupnya. Misalnya untuk pohon yang sudah berusia tua dan besar berang-berang akan menggunakannya sebagai bahan dasar untuk pembangunan lodges sedangkan untuk pohon yang usinya masih muda atau sedang akan dijadikan sebagai bahan makanan.[]





No comments: