Ini Dia 7 Fakta Yang Menarik Tentang Anjing Yang Belum Banyak Diketahui

Updated at : February 20, 2016
Canis lupus familiaris atau anjing adalah hewan omnivora yang masih satu kerabat dengan serigala. Di seluruh dunia, hewan yang satu ini dikenal sebagai hewan yang cukup bersahabat, bahkan ada beberapa jenis tertentu yang terkenal sangat setia dengan pemiliknya. Berikut adalah beberapa fakta tentang anjing yang perlu Anda tahu, sehingga Anda bisa memperlakukan peliharaan Anda dengan lebih baik.

1. Tidak buta warna

Tahukah Anda jika hewan yang satu ini sebenarnya bukan merupakan hewan yang buta warna? Meski sebagian besar warna yang dilihatnya adalah hitam dan putih, namunanjing juga dapat melihat bayangan dari pendaran warna kuning, hijau, dan biru. Jika Anda tidak percaya Anda bisa melakukan eksperimen kecil dengan meletakkan makanan anjingpeliharaan Anda di kotak makan selain warna hitam atau putih untuk pertama kalinya dan lihat apa peliharaan Anda bisa mengenalinya.

Fakta Yang Menarik Tentang Anjing Yang Belum Banyak Diketahui
Anjing Kintamani
2. Mampu mengenali majikannya dengan cepat

Pada saat seekor anjing sudah terbiasa dengan majikannya, ada rekaman dalam ingatan atau sistem saraf pusat hewan yang bersangkutan dan hal tersebut akan membuat anjing yang bersangkutan mampu mengenali majikan atau orang yang terbiasa dengannya meski hanya lewat foto. Pada saat melihat foto dari pemiliknya umumnya reaksi yang diperlihatkan adalah mengibas-ibaskan ekornya atau menggonggong.

3. Pendiam artinya umur lebih panjang

Tahukah Anda bahwa hewan yang tidak terlalu agresif atau jinak memiliki umur yang lebih panjang daripada hewan yang agresif? Hal ini karena hewan yang jinak umumnya memiliki tingkah laku yang lebih tenang sehingga faktor pertumbuhan yang dialami juga akan berjalan stabil. Selain itu, hewan yang jinak tidk akan kehabisan banyak energi daripada hewan agresif yang terkadang membuatnya lebih cepat meninggal.

4. Tidak suka coklat

Tahukah Anda bahwa anjing tidak suka coklat? Meski coklat adalah makanan yang sangat enak dan lezat bagi manusia, namun hal tersebut tidak berlaku bagi anjing. Coklat mengandung senyawa theobromine yang bisa meracuni aliran darah anjing, selain itu senyawa ini juga menghambat pasokan nutrisi yang dikonsumsi anjing ke otak yang berakibat munculnya penyakit serius dan jika coklat masuk dalam kadar yang sangat tinggi bukan tidak mungkin akibat fatal yang terjadi adalah kematian. Umumnya anjing akan langsung ketika mencium aroma pekat dari coklat.

5. Mampu makan buah dan sayur

Anjing termasuk hewan omnivora dan itu artinya hewan yang satu ini juga bisa mengkonsumsi buah dan sayur. Hanya saja tidak sembarang sayur atau buah bisa diberikan pula pada semua jenisanjing. Hal tersebut karena hewan bertaring yang satu ini tetap memiliki standar tentang jenis buah dan sayur yang bisa diberikan seperti kentang, wortel, kubis, dan strawberry. Dalam keseharian, jangan berikan sayuran dalam bentuk bawang, kurma, atau kismis yang bisa memberi dmpak serupa seperti coklat.

6. Indera penciumannya sangat tajam

Satu lagi keistimewaananjing yang mungkin sudah mulai banyak dibuktikan di berbagai penjuru dunia, yaitu bahwa anjing adalah hewan yang memiliki penciuman sangat tajam. Beberapa contoh kasus yang bisa menjadi pembuktian bahwa indera hewan yang satu ini sangat tajam, antaralain:

a. Pada saat membantu polisi dalam mencari barang tertentu seperti narkoba, hewan ini hanya perlu mencium baunya sebentar untuk melacak keberadaan barang yang sesungguhnya.

b.  Hewan yang satu ini juga bisa dilatih untuk mengenali bau keringat, parfum, atau air seni yang umumnya digunakan untuk melacak kriminal.

c.  Hewan ini mampu mencium bau abnormal dari orang yang sedang sakit keras seperti penyakit kanker.

7. Anjing sangat sensitif

Anjing adalah hewan yang sangat sensitif dan ada beberapa hal yang bisa mengubah perangai hewan yang satu ini saat semula periang menjadi pemarah, seperti:

a.  Pada saat melihat hal gaib atau hantu, anjing akan terus melolong dan menggonggong pertanda dirinya merasa terancam, disamping ingin melindungi dan memberitahu majikannya.

b.  Anjing akan berubah perangai menjadi sangat ketakutan atau pemarah ketika mendengar petir. Hal tersebut karena gelombang yang dihasilkan petir biasanya dapat merusak telinga hewan yang bersangkutan. Semoga fakta menarik tentanganjing diatas, menambah pengetahuan Anda.[]






No comments: