15 Fakta dan Informasi Menarik Tentang Beruang

Updated at : March 02, 2016
Beruang atau kelompok famili Ursidae merupakan individu dengan ukuran tubuh besar jika dibandingkan jenis hewan lainnya. Namun demikian, hewan yang satu ini sering digunakan sebagai perlambang kasih sayang karena kemampuan beruang untuk melindungi anaknya yang sangat kuat.

Berikut adalah beberapa hal tentang beruang yang perlu Anda tahu.
15 Fakta dan Informasi Menarik Tentang Beruang
Beruang Madu

1. Dalam tata bahasa, beruang kata berasal dari bahasa Inggris kuno “bera” yang artinya memiliki moncong panjang, bercakar, dan berbulu tebal.

2. Secara umum beruang adalah hewan karnivor yang makanan utamanya adalah daging, seperti pada beruang kutub dan beruang grizzly. Namun adapula hewan beruang yang merupakan hewan omnivora atau pemakan segala, seperti beruang madu (makanannya bisa berupa nektar, serangga, atau rerumputan).

3. Terdiri dari 8 spesies dan 6 genus utama yang tersebar di seluruh dunia dan masih dipelajari oleh banyak ahli hingga sekarang ini, diantaranya adalah genus Ursus, Ailuropoda, dan Helarctos.

4. Kebanyakan habitat beruang adalah area pegunungan dan perbukitan yang terletak di wilayah subtropis dengan 4 musim dan bagian kutub. Hal tersebut sesuai dengan adaptasi yang terdapat di tubuh beruang seperti bulu yang tebal dan lapisan lemak yang berfungsi untuk menjaga suhu tubuhnya tetap hangat.

5. Secara umum hewan yang satu ini memiliki otot bahu dan kaki yang sangat kuat, sehingga cakar yang ada di lengannya bisa digunakan untuk menggali tanah, menumbangkan pohon, atau mempertahankan diri dari musuh dengan cara mematahkan tulang saat pertarungan.

6. Hewan yang satu ini memiliki indera penciuman yang sangat tajam, meski tingkat kemampuannya bisa berbeda antara jenis satu dengan yang lainnya. Misalnya saja beruang kutub yang bisa mencium mangsa atau musuhnya dari jarak 20 mil.

7. Hewan beruang termasuk hewan yang memiliki kecepatan lari sangat cepat, dimana secara umum kecepatan lari minimum bisa mencapai 50km/jam, meski adapula spesies beruang yang bisa lari dengan kecepatan lebih tinggi, seperti beruang madu yang kecepatan larinya bisa mencapai 48-52km/jam atau beruang kutub yang bisa mencapai 56km/jam.

8. Secara umum ukuran tubuh beruang jantan akan lebih besar dan berat dibanding individu betina. Individu jantan bisa memiliki tinggi 1.2-3.3m dan berat mencapai 450kg atau lebih tinggi untuk spesies tertentu (beruang kutub bisa mencapai 800kg). Sedangkan untuk individu Beruang betina, tinggi dan beratnya adalah setengah pejantan.

9. Secara umum, hampir semua spesies beruang mampu mendaur ulang protein dan senyawa yang ada dalam urin, sehingga pada saat cuaca dingin terasa ekstrim, beruang bisa menjalani hibernasi dalam waktu berbulan-bulan tanpa kencing sedikitpun.

10. Pada saat hibernasi, umumnya beruang akan mengandalkan cadangan lemak yang ada dalam lapisan tubuhnya sehingga ada beberapa spesies beruang yang tahan tidak makan dan minum hingga berbulan-bulan.

11. Secara umum beruang memiliki gigi yang berjumlah 32-42 dengan bentuk gigi taring lebih kecil jika dibanding gigi geraham.

12. Dari berbagai spesies beruang yang masih ada hingga saat ini, warna spesies satu bisa berbeda dengan spesies lain. Contohnya beruang madu yang memiliki warna hitam kecoklatan dengan guratan warna oranye dibawah lehernya. Berbeda dengan warna beruang kutub yang sebenarnya abu-abu namun warnanya terlihat putih mengkilap karena pantulan sinar matahari.

13. Hampir semua hewan beruang adalah hewan yang pandai berenang dengan menggunakan tungkai depan sebagai alat berenang sementara tungkai belakang adalah alat kemudi. Diantara banyak jenis beruang, beruang kutub termasuk hewan yang mampu berenang hingga 60 mil tanpa istirahat.

14. Beruang memiliki lama masa hidup yang bisa mencapai angka 40 tahun, dimana beruang yang hidup di alam liar atau di hutan akan lebih cepat mati dibanding hewan yang terpelihara di kebun binatang. Di alam liar, hal tersebut umumnya terjadi karena tingkat persaingan dengan pemangsa lain dan pertahanan habitat.

15. Beruang termasuk individu yang memiliki masa kehamilan relatif singkat, dimana dalam setiap kelahiran hanya mampu menghasilkan 1-3 anakan. Pada saat musim kawin umumnya beruang akan tinggal berkelompok sebagai bentuk perlindungan jantan pada betinanya.[]






No comments: