16 Fakta Dan Informasi Tentang Kadal Si hewan Bersisik

Updated at : March 20, 2016
Pada dasarnya kadal adalah jenis hewan yang memiliki ukuran tubuh kecil dan biasanya memiliki banyak jenis.

Mulai dari kadal berpasir hingga biawak komodo yang memiliki ukuran yang besar dan panjangnya bisa mencapai hingga 3 meter.

Dalam studi ilmu, Kelompok kadal yang memiliki ukuran besar ini disebut sebagai subordo atau lacertilia yang merupakan bagian dari bangsa jenis hewan yang cukup bersisik atau squamata.
Kadal kebun
Kadal
Dan masih ada banyak sekali fakta unik dan informasi menari lainnya dari Kadal diantaranya adalah :

1. Kadal adalah salah satu jenis hewan yang memiliki sisik dan memiliki kaki empat.

2. kadal masuk dalam golongan atau kelompok dari reptil.

3. Kadal memiliki banyak jenis keluarga dan kelompok reptil lan diantaranya adalah cicak, tokek, bunglon, iguana, biawak, komodo dan masih banyak jenis lainnya.

4. Jenis hewan yang berisik dan berkilau serta hidup diatas tanah juga masuk dalam keluarga kadal.

5. Super Orto lacertilia adalah jenis kadal yang memliki kaki empat, lubang telinga dibagian luar dan pelupuk mata yang dapat dibuka dan dapat di tutup.

6. Tapi ada juga beberapa jenis Orto Lacertilia yang tidak memiliki ciri seperti kaki dan lubang telinga tapi masuk dalam anggota dari kadal.

7. Beberapa jenis kadal seperti tokek biasanya memang memiliki kelopak mata. Tapi untuk ular walaupun masih memiliki kelopak mata yang menyatu maka dia disebut dengan spectacle.
Untuk kelopak mata kadal yang masih terlihat cukup jelas seperti tokek biasanya disebut dengan kadal leopard.

8. Kadal memilik indra penciuman yang cukup tajam untuk mencium bau dari udara. Hal ini tentu saja sangat memungkinkan karena kadal memiliki organ ronasal atau jacobson yang terletak pada bagian langit mulutnya.

9. Sebagian dari jenis Kadal biasanya memiliki proses pergantian gigi mereka hampir sepanjang hidupnya. Namun hal ini tidak berlaku pada jenis bunglon dan kadal jenis agmid.

10. Kadal juga berbisa. Setidaknya ada dua jenis kadal yang memiliki bisa. Diantaranya dalah kadal gila atau Helodema Suspectrum dan kadal manik – manik yang berasal dari meksiko.

11. Komodo adalah jenis dari spesies kadal yang memilik ukuran sangat besar. Panjang komodo bisa mencapai hingga 3 meter. Komodo merupakan salah satu jenis kadal yang memiliki jiwa pemangsa yang pintar.

Komodo juga dapat mengigit mangsanya bersamaan dengan menggigit dan meracuni dari mangsanya. Saat mengigit mangsanya komodo akan menyebarkan bakteri yang kemudian akan berkembangbiak pada bagian lukanya.

Komodo juga akan menunggu hingga maksanya lemah sebelum akan menyantap mangsanya dengan lebih leluasa.

12. Beberapa spesies dari kadal juga masuk dalam golongan herbivora diantaranya adalah seperti iguana hijau. Yang memiliki kemampuan untuk menghemat air dengan mengeluarkan kelebihan dari jumlah garamnya melalu aliran darah dan hidung.

Kelebihan kelejar garam yang dimiliki iguana hijau inilah yang menghasilkan zat putih yang akan bergerak lebih sering anda lihat di sekitar bagian hidungnya atau bagian mulut dari iguana.

13. Tokek adalah jenis dari spesies kadal yang cukup unik karena tokek mengeluarkan dan memiliki suara. Hal ini tentu membuat tokek cukup berbeda dengan jenis kadal lainnya,

Suara tokek ini dapat keluar karena tokek memiliki pita suara sehingga tentu saja hal ini akan menimbulkan suara dan juga bunyi.

14. Untuk rekor terpanjang umur dari kadal adalah kadal manik manik dari meksiko. Dimana kadal ini dapat bertahan hidup selam 33 tahun 11 bulan.

Rekok Terpanjang hidup kedua dipenggang oleh Iguana tanah dari cayman Islan yang mampu bertahan hidup dengan usia 33 tahun 5 bulan.

15. Basilisk atau Kadal berkerah lampu dapat berjalan di kaki bagian belakang mereka dan dapat berdiri. Ketika masih dalam usia cukup muda mereka juga dapat berjalan diatas air.

16. Kadal terbang atau Draco dapat anda temui di Asia Tenggara. Kadal ini dapat terbang dan melayang diantara beberapa pohon dengan menggunakan sayap.

Bentuknya hampir sama dengan membran yang menghubungan antara kaki bagian depan dan belakang.

Kadal terbang hanya akan turun kebawah Saat Kadal ini hanya melakukan aktivitas kawin dan bertelur.[]






No comments: