Burung Kakatua, 16 Fakta & Informasi Menarik Lainnya

Updated at : March 20, 2016
Burung Kakatua adalah salah satu burung peniru ucapan. Kelebihan dari burung kakatua untuk menirukan ucapan ini membuatnya menjadi salah satu burung yang banyak digemari.

Selain kemampuannya untuk menirukan ucapan, kakatua juga populer sebagai burung yang memiliki jambul yang besar terbuat dari bulu di kepalanya.

Selain penampilannya yang menarik ini, burung ini juga memiliki banyak fakta-fakta yang unik yang harus diketahui oleh anda para pecinta burung dan juga hewan.

Penasaran? Berikut ini adalah beberapa fakta unik dari burung besar ini.
 Burung Kakatua
Burung Kakatua
1. Kakatua adalah hewan yang memiliki kecenderungan untuk menjadi gemuk jika makanan sehari-harinya tidak diperhatikan. Hal ini menyebabkan pemilik burung kakak tua harus membatasi konsumsi biji-bijian dari si burung pengoceh ini.

2. Kakatua memiliki paruh yang super kuat. Kekuatan paruh kakatua ini berasal dari paruh bagian bawah mereka. Paruh bagian bawah kakatua memiliki bagian menonjol seperti bentuk U yang akan memberikan mereka kekuatan lebih ketika menggigit benda keras.

3. Kakatua hitam adalah spesies kakatua yang paling langka. Kakatua ini bernama Black Palm Cockatoo. Jenis ini memiliki bulu hitam dan penampakan yang sangat besar dan juga indah. Keindahannya ini membuat burung ini sering diburu dan menjadi langka.

4. Kakatua adalah burung yang sangat berisik. Dibandingkan burung paruh bengkok yang terkenal dengan teriakannya. Burung kakatua adalah burung yang sangat terkenal dengan suaranya yang berisik.

Sehingga ia menjadi salah satu hewan yang dihindari ketika seseorang tinggal di apartment.

5. Burung yang diberi makan dengan menggunakan tangan membuat pemiliknya memiliki ikatan dengan kakatua tersebut. Apalagi jika pemiliknya menyayanginya dan menjinakkannya dengan benar, burung ini akan memiliki ikatan yang kuat dengan pemiliknya.

6. Kakatua adalah hewan yang angkuh, ia merupakan hewan pemilih dan kurang ramah dengan Semua orang. Tapi ketika mereka mereka sudah dekat dengan orang lain, ia akan menjadi hewan peliharaan yang sangat manis.

7. Burung kakatua adalah burung yang super manja, bahkan ada yang mengatakan bahwa anda tidak akan pernah melihat burung yang semanja burung besar ini.

8. Kakatua adalah hewan yang tidak familiar dengan anak-anak. Kakatua bahkan bisa disebut tidak menyukai anak-anak. Hal ini disebabkan karena anak-anak sering kali mengeluarkan suara yang gaduh. Hal ini juga menyebabkan beberapa dari mereka bisa melukai anak-anak disekitarnya.

9. Kakatua sama seperti burung kebanyakan yang merupakan hewan yang memproduksi banyak debu. Hal ini digunakan untuk menjaga bulu mereka tetap sehat. Oleh karena itu, burung kakatua adalah hewan peliharaan yang kurang cocok bagi orang yang penyakit pernafasan.

10. Kakatua adalah satu-satunya jenis burung paruh bengkok yang memiliki jambul. Jambul ini adalah salah satu cara yang digunakan oleh burung kakatua untuk berkomunikasi dengan sesama jenisnya.

11. Burung kakatua adalah satu-satunya spesies burung paruh bengkok yang memiliki warna natural pink dan juga putih tidak seperti burung paruh bengkok yang lainnya.

12. Spesies burung paruh bengkok adalah hewan yang berisik, tapi jika anda bisa mengajarinya trik, anda bisa membuatnya menjadi seorang entertainer sejati. Burung kakatua pintar bernyanyi, berdansa dan juga melakukan trik akrobat yang akan menarik semua mata disekitarnya.

13. Kakatua adalah hewan yang aktif. Anda harus membuat mereka tetap sibuk agar mereka tidak stress. Anda bisa memberikan mainan untuk mereka bermain atau lebih tepatnya dihancurkan. Burung pintar ini perlu melakukan banyak interaksi agar dirinya tidak stress.

14. Burung kakatua memang terkenal pintar dan juga ingin banyak belajar. Hal ini bisa anda buktikan dengan bagaimana ia dengan mudah membuka pintu kandangnya, meninggalkan sangkarnya dan menjelajahi rumah anda.

15. Kakatua adalah burung yang sulit beradaptasi. Jika anda memiliki jenis burung ini usahakan untuk tidak memindahkannya terlalu sering dan berikan jadwal makanan yang teratur. Jangan lupa juga untuk mengajak mereka bermain sesuai dengan jadwalnya.

16. Burung kakatua adalah burung yang banyak berinteraksi dan juga manja, jika ia tidak mendapatkan perhatian dari orang disekitarnya ia akan menunjukkan sikap seperti kerap menjerit dan juga mencabuti bulunya.[]




No comments: