16 Fakta Menarik dari Hewan Kaki Seribu atau Luwing (Luwe)

Updated at : March 20, 2016
Kaki seribu disebut juga dengan luwing. Luwing dapat hidup seluruh penjuru dunia, kebanyakan orang takut dengan hewan berbuku-buku ini karena mengiranya adalah kelabang dan tidak memiliki banyak pengetahuan mengenainya.

Tidak sedikit dari luwing yang hidup dirumah dan mengagetkan penghuni rumah dengan kemunculannya di daerah kamar mandi dan tempat cuci piring. Bagi anda yang ingin tahu lebih lanjut mengenai hewan berbuku-buku ini, berikut ini adalah beberapa fakta menarik dari hewan luwing.
Hewan Kaki Seribu atau Luwing (Luwe)
Luwing
1. Luwing tidak memiliki jumlah kaki sebanyak 1000. Meski memiliki nama Kaki seribu, hewan ini tidak serta merta memiliki kaki dengan jumlah 1000 pasang. Sebetulnya luwing memiliki jumlah kaki sesuai dengan sepesiesnya. Paling tidak ada 100 kaki hingga 750 kaki yang dimilikinya.

2. Luwing merupakan hewan yang berbuku-buku. Dimana setiap bukunya terdiri dari 2 kaki. Berbeda dengan kelabang yang memiliki 1 pasang kaki di tiap bukunya. Pada segmen pertama luwing tidak memiliki kaki. Sedangkan segmen selanjutnya tergantung jenis spesiesnya.

3. Ketika menetas, luwing hanya memiliki 6 buah buku dan juga 3 pasang kaki. Ketika mereka tumbuh, maka buku tubuh mereka akan bertambah hingga mencapai jumlah buku yang beratus-ratus.

4. Ketika bertumbuh hingga  mencapai usia yang maksimal, luwing akan bersembunyi di ruangan yang rahasia. Hal ini disebabkan ketika mereka tumbuh mereka merupakan mangsa yang empuk untuk predatornya.

5. Sudah bukan rahasia lagi bahwa ketika merasa terancam, Kaki seribu akan mengubah bentuknya menjadi bentuk spiral dengan cara melingkar. Hal ini disebabkan karena bagian luar luwing memiliki bagian yang keras sehingga dapat melindungi bagian dalamnya yang lunak.

6. Luwing tidak bisa berjalan dengan cepat, tidak menggigit atau memiliki cakar untuk melawan mangsanya. Beberapa luwing mempertahankan diri dengan cara mengeluarkan bahan kimia yang akan menyebabkan rasa dan aroma yang tidak tertahankan, sebagian juga dapat membakar kulit.

7. Kaki seribu sangat sulit untuk bereproduksi karena luwing yang membawa sel telur memiliki kebiasaan aneh ketika akan diajak kawin. Kebiasaan ini adalah kebiasaan untuk menggulung dirinya karena ajakan bereproduksi ini dianggap sebagai salah satu tanda bahaya.

8. Beberapa luwing pembawa sperma melakukan pemijatan di bagian luar tubuh luwing yang diajak bereproduksi sebagai cara untuk membuat luwing pembawa sel telur merelaksasi tubuhnya.

9. Beberapa jenis dari luwing jantan menstimulus luwing betina untuk relaks dengan cara bernyanyi. Sebetulnya tidak bernyanyi dengan nada tapi lebih tepatnya memproduksi suara yang akan membuat luwing betina lebih tenang

10. Cara lain yang digunakan oleh Kaki seribu jantan untuk mengajak luwing betina bereproduksi adalah dengan menghasilkan feromon yang akan mengundang partner yang tertarik padanya.

11. Kaki seribu bereproduksi dengan menggunakan kaki-kakinya yang disebut dengan genopods. Kaki genopoods ini biasanya berada di segmen tubuh yang ke 7. Segmen ini juga digunakan untuk membedakan luwing jantan dan juga luwing betina.

12. Setelah kawin, luwing betina akan segera membuat sarang di tanah. Sarang ini dibuatnya sendii dengan cara menggali. Setelah itu ia akan menempatkan telur-telurnya di sarang, kurang lebih ada 100 telur yang dihasilkan oleh Kaki seribu setiap kali mereka bertelur.

13. Sebagai salah satu jenis arthophoda atau hewan berbuku-buku, luwing memiliki masa hidup yang lebih lama dari hewan arthropoda yang lainnya. Ia dapat hidup selama lebih dari 7 tahun dengan cara bertahan hidup yang bermacam-macam.

14. Berdasarkan penelitian para ahli sejarah, lipan atau luwing ditemukan sebagai hewan pertama yang hidup didarat. Kaki seribu adalah hewan pertama yang keluar dari habitat hidup air dan melakukan pernapasan dengan menggunakan udara.

15. Kaki seribu dapat tumbuh hingga ukuran 15.2 inch. Spesies ini adalah spesies luwing terbesar yang pernahada di sejarah. Spesies ini ditemukan di Afrika dan saat ini menjadi salah satu pemecah rekor dunia sebagai luwing tersebar.

16. Luwing ada yang memiliki sifat herbivora dan juga karnivora. Sebagian dari mereka yang herbivora mereka makan dari tumbuhan yang mati, sedangkan sebagian dari Kaki seribu mengkonsumsi makanan yang disisakan oleh binatang yang lebih besar.[]




No comments: