16 Fakta Menarik Tentang Ikan Cupang

Updated at : March 10, 2016
Ikan cupang merupakan spesies dari ikan yang mempunyai beragam warna. Ikan ini merupakan salah satu jenis spesies dari ikan yang paling membuat banyak orang tertarik dibandingkan spesies ikan hias lain yang ada di akuarium.

Cupang merupakan ikan yang berasal dari Kamboja dan Thailand. Ada sekitar 50 jenis spesies hewan ini. Waktu untuk hidup dari ikan cupang ini umumnya mampu bertahan 3 sampai dengan 5 tahun.

Cupang bisa bertumbuh dengan keseluruhan panjang sekitar 6 cm hingga 8 cm. Untuk memelihara ikan ini, Anda bisa menggunakan akuarium yang besar atau mangkuk kecil.

Keuntungan besar apabila Anda memelihara ikan ini adalah cupang bisa bertumbuh dengan sangat baik jika dipelihara di tempat yang kecil. Maka dari itu cupang sangat diminati oleh kebanyakan peternak ikan.


Fakta mengenai ikan cupang

1. Waktu untuk hidup dari cupang ini adalah sekitar 2 tahun hingga 3 tahun, tetapi di kondisi tertentu yang jarang kita temui bisa hidup sampai dengan 4 tahun hingga 5 tahun.

2. Ikan ini mempunyai organ tubuh khusus yang biasa dikenal sebagai labirin yang letaknya ada di sebelah atas kepala ikan cupang yang memungkinkan ikan ini untuk bernafas dengan menghirup oksigen.

3. Ikan ini menghirup oksigen yang berasal dari permukaan air dan mampu untuk mempertahankan hidupnya di dalam air dalam waktu yang lama meskipun dengan menghirup oksigen yang sangat sedikit.

4. Ada 25 warna yang berbeda yang bisa Anda temui pada cupang. Warna yang paling sering Anda temui pada ikan ini biasanya biru, merah, oranye, hijau, kuning, ungu, hitam, transparan, putih, dan masih banyak warna yang lainnya.

5. Biasanya sirip cupang jantan akan mengembang jika dirinya sedang berada di dalam ancaman. Ikan ini biasanya dikenal orang sebagai petarung kaena memiliki kecenderungan yang alami untuk melawan musuhnya.

6. Cupang jantan umumnya mempunyai sikap yang lebih agresif dan mempunyai kecenderungan melawan atau bahkan membunuh cupang jantan yang lainnya jika ditempatkan dalam satu wadah.

7. Pola kembang biak dari ikan cupang ini termasuk ke dalam jenis yang sangat unik. Ikan cupang jantan bisa membangun sarang di dedaunan tanaman yang mengambang di air.

8. Telur dari cupang ditaruh di sarang ini lalu telur tersebut akan dibuahi oleh cupang jantan. Cupang betina berbeda dengan cupang jantan, meskipun ditempatkan dalam satu wadah, ikan betina tidak saling melawan.

9. Ikan cupang dapat diberikan makanan dalam berbagai bentuk makanan ikan. Contohnya seperti pakan hidup atau pakan kering. Ikan ini bisa diberikan makan dalam waktu satu minggu tiga kali.

10. Jika ikan ini terlalu sering diberikan makan, maka hanya akan membuat mereka bertahan hidup dalam waktu yang sebentar dan hanya akan membuat air di wadah menjadi cepat keruh.

Baca juga : 7 Jenis Ikan Arwana yang Banyak Dipelihara.

11. Memelihara cupang sangat mudah dan tidak perlu diperlakukan secara khusus dan istimewa. Ikan ini akan sangat ideal jika diletakkan dalam kamar tidur, meja kerja atau bahkan kamar mandi.

12. Ikan cupang biasa dikenal juga dengan nama ikan siam atau ikan beta. Ikan jantan mempunyai karakteristik sirip yang berjumbai dengan banyak warna yang indah dan cantik.

13. Pada saat ingin mengganti air di wadah, sebaiknya jangan diganti secara keseluruhan, karena ikan ini juga butuh bakteri yang ada di air untuk tetap bisa bertahan hidup.

14. Suhu untuk air di wadah cupang optimalnya adalah sekitar 23 derajat celcius sampai dengan 28 derajat celcius. Cupang jantan sangat menyukai hidup di air yang tidak mempunyai filter, sedangkan betina sebaliknya.

15. Ikan ini merupakan ikan yang berasal dari keluarga Anabantoid, dan mereka mempunyai cadangan sistem pernafasan. Dengan cadangan tersebut ikan cupang mampu untuk menghirup oksigen yang ada di permukaan air.

16. Kalau ikan cupang jantan suka pada betina, maka pejantan akan memekarkan insang, memekarkan sirip, dan akan memuntir tubuh mereka. Dan jika betina suka pada jantan, maka betina akan meliuk ke depan dan belakang.[]






No comments: