17 Fakta dan Karakteristik Tentang Katak

Updated at : March 26, 2016
Katak adalah hewan vertebrata yang masuk dalam kelompok amfibi, yaitu hewan yang dapat hidup di dua dunia (air dan darat).

Katak dapat ditemukan di hampir seluruh belahan dunia, seperti samudera, gurun, sungai, hutan dan gurun pasir. Namun sampai saat ini belum pernah ditemukan di wilayah kutub.

Katak tidak dapat hidup di air asin atau laut.

Katak memiliki lebih dari lima ribu spesies di seluruh dunia.

Katak terbesar di dunia adalah “Goliath”  yang berasal dari Kamerun, Afrika Barat.

Katak terkecil di dunia adalah spesies dari Brazil (Psyllophryne didactyla) yang panjangnya hanya sekitar 1 cm.
17 Fakta dan Karakteristik Tentang Katak
katak
Katak tidak perlu mengkonsumsi air karena kulit mereka mampu menyerap air.

Orang yang khusus mempelajari tentang katak, kodok atau amphibi disebut dengan Herpetologis. Ilmu yang mempelajari tentang amphibi dan reptil adalah Herpetologi.

Fakta Tentang Katak

1. Katak termasuk dalam kelompok Ordo Anura dalam golongan hewan amphibi, dan merupakan ordo terbesar dari golongan amphibi yang lain yaitu Ordo Cuadata (salamander dan kadal air) dan Ordo Gymnopiona (caecilian).

2. Katak dan Kodok berbeda, katak tubuhnya lebih langsing, kulitnya basah, tipis dan halus, kaki panjang, lompatannya sangat jauh. Sedangkan kodok tubuhnya lebih besar, kulit kering, tebal dan kasar (berkutil), memiliki kaki pendek, dan lompatannya pendek.

3. Katak memiliki 4 jari dibagian kaki depan dan 5 jari dibagian kaki belakang, bentuknya beragam, katak yang hidup di lingkungan basah memiliki selaput, yang hidup di pohon memiliki cakram untuk membantu kaki memanjat, dan beberapa lainnya memiliki cakar untuk menggali tanah.

4. Gerakan melompat Katak dipakai untuk menghindari hewan predator, kakinya yang panjang membuatnya bisa melompat 20 kali lebih panjang dibandingkan dengan ukuran tubuhnya. Katak juga terampil dalam berenang, meluncur, memanjat dan menggali.

5. Katak termasuk dalam golongan hewan karnivora yang makan berbagai jenis invertebrata, serangga dan hewan kecil lainnya seperti tikus, burung, ulat, dan ular.

6. Katak memiliki siklus hidup yang terdiri dari 3 tahap yaitu berupa telur, larva dan dewasa. perubahan tahap perkembangan hidup katak tersebut disebut metamorphosis.

7. Katak dapat beradaptasi dengan habitatnya, termasuk degnan habitat buatan manusia. Pada saat masih berupa telur dan larva hidupnya lebih banyak di air, dan setelah dewasa dapat pindah ke daratan.

8. Katak panah emas (golden dart frog) merupakan katak yang memiliki racun paling mematikan didunia, dan kulit katak jenis ini bisa membunuh orang dalam waktu singkat, bahkan bisa membunuh lebih dari 1000 orang.

9. Di zaman Mesir kuno, katak merupakan simbol dari kesuburan dan kehidupan, bahkan dalam mitologi Mesir dewi katak adalah Heget yang mewakili arti dari kesuburan.

10. Hidung dan mata katak terletak dibagian atas kepalanya, sehingga saat sebagian tubuhnya berada dibawah air, katak tetap bisa bernapas dan melihat.

11. Katak memiliki suara panggilan yang unik, suara ini berfungsi sebagai panggilan di musim kawin, katak jantan lebih sering bersuara dibandingkan dengan katak betina. Biasanya pada musim kawin katak jantan akan bersuara bersama-sama sehingga membentuk mirip paduan suara.

12. Beberapa jenis spesies katak mempunyai gendang telinga yang besar pada setiap bagian sisi kepalanya yang disebut dengan tympanum yang berfungsi untuk mengirimkan gelombang suara pada bagian telinga.

13. Katak menjadi salah satu binatang yang paling sering digunakan dalam percobaan ilmiah.

14. Katak memiliki tulang yang bentuknya seperti cincin, dan cincin tersebut bertambah setiap tahun saat berhibernasi. Para ilmuwan biasanya akan menghitung jumlah cincin tersebut utnuk mengetahui usia dari katak.

15. Katak termasuk dalam hewan yang beradarah dingin (ectothermic).

16. Sebagian katak dapat berkembang biak di air tawar, di tempat-tempat yang lembab seperti diantara dedaunan atau di liang tanah.

17. Meskipun ada lebih dari 5 ribu katak di seluruh dunia, namun ternyata ada banyak spesies katak yang terancam punah akibat kerusakan lingkungan dan habitat aslinya.

Semoga uraian singkat diatas dapat memberikan tambahan informasi yang bermanfaat untuk Anda terutama untuk menambah pengetahuan tentang hewan amphibi dengan jumlah terbesar di dunia yaitu katak.[]





No comments: