18 Fakta & Informasi tentang Bison yang Perlu Anda Ketahui

Updated at : March 04, 2016
Bison adalah salah satu hewan Bovidae yang kebanyakan ditemukan di dataran Amerika dan Eropa. Berikut adalah beberapa karakteristik dari bison yang bisa Anda pelajari lebih lanjut untuk lebih mengenal hewan yang satu ini.

18 Fakta & Informasi tentang Bison yang Perlu Anda Ketahui

1. Hewan yang satu ini termasuk hewan yang memiliki ukuran tubuh tidak proporsional, karena bagian depan tubuh terlihat lebih lebar dan berat dibanding bagian tubuh belakang. Hal tersebut terlihat dari ukuran bahu yang lebar disertai punuk menonjol. Disamping itu, bagian depan tubuh bison memiliki rambut panjang dan janggut tebal.

2. Hewan bison yang hidup di Eropa memiliki sebutan kaisar hutan karena berat tubuh pejantannya yang bisa mencapai ukuran 900kg dengan lebar bahu mencapai 2m dan tinggi 2m.

3. Pada abad ke-16 untuk melindungi hewan ini dari kepunahan, Raja Sigismund II Augustus dari Polandia menetapkan bahwa pembunuhan bison di Eropa adalah kejahatan berat dan ancaman hukumannya adalah hukuman mati.

4. Hewan yang satu ini dapat hidup secara soliter maupun berkelompok dalam kelompok kecil, dimana hewan jantan dan betina akan tinggal terpisah. Keduanya baru akan bertemu hanya pada saat musim kawin tiba.

5. Karakter lain yang terlihat dari hewan ini adalah hewan anakan yang lahir tanpa tanduk dan dapat bertahan hidup hingga usia 20 tahun di alam liar.

6. Hewan yang satu ini tinggal di habitat padang rumput, hutan yang tidak cukup lebat dengan semak belukar, dan wilayah stepa, namun hewan ini juga mampu hidup di dataran lembah sungai. Jika dilihat dari persebaran hewan, bison mampu tinggal di beberapa wilayah seperti Belarus, Rusia, Ukraina, Polandia, dan beberapa negera lainnya.

7. Hewan yang satu ini memiliki tanduk yang bisa tumbuh hingga 61cm sebagai alat untuk mempertahankan diri dari serangan musuh atau pemangsa.

8. Karakter unik lain yang diperlihatkan oleh bison jantan pada saat musim kawin datang adalah kemampuannya untuk bertarung dalam usaha mendapatkan individu betina, dimana dalam pertarungan tersebut, individu jantan jarang ada yang terluka.

9. Dalam masa reproduksi, individu betina hanya mampu melahirkan satu anakan dan masa kehamilan adalah 9 bulan. Selama hamil, bison betina umumnya akan selalu berada dekat dengan pejantan sebagai bentuk perlindungan.

10. Hewan yang satu ini termasuk hewan herbivore dengan makanan utama berupa rumput, semak, dan ranting.

11. Hewan yang satu ini termasuk hewan diurnal, atau hewan yang selalu melakukan aktivitasnya baik mencari makanan atau migrasi di siang hari. Sedangkan pada saat malam hari, hewan ini akan beristirahat agar terhindar dari predator.

12. Bison dikategorikan sebagai hewan yang tidak mampu membersihkan diri sendiri dan umumnya akan menjalin simbiosis mutualisme dengan burung untuk membersihkan kutu atau hewan kecil yang menempel pada bulunya.

13. Hewan yang satu ini termasuk hewan berdarah panas, sehingga kemampuannya untuk adaptas lebih baik daripada hewan berdarah dingin. Dalam cuaca ekstrim, suhu tubuh hewan ini tidak akan berubah dan akan melakukan perlindungan diri dengan menggunakan lapisan bulu serta lemak yang ada dalam tubuhnya.

14. Hewan bison termasuk hewan yang mampu bergerak cepat hingga 65km/jam, hanya saja kekuatan berlarinya masih kalah jika dibandingkan dengan hyena atau cheetah. Itulah sebabnya ketika ada satu bison yang sudaha terkepung kawanan predator, anggota lain dalam kawanan akan meninggalkannya.

15. Meski memiliki tulang belakang dan termasuk hewan Chordata, hewan yang satu ini memiliki struktur tulang yang unik dan berbeda jika dibanding dengan hewan Chordata lainnya.

16. Bagian gigi yang paling berkembang dari bison, baik individu jantan maupun betina adalah gigi geraham dengan bentuk besar dan kuat sesuai dengan jenis makanannya.

17. Hewan ini seringkali dikategorikan sama seperti kerbau, meski pada kenyataannya berbeda jika dilihat dari bentuk fisik maupun organ yang dimilikinnya.

18. Hewan ini masuk kedalam kelompok hewan Artiodactyla yang berarti hewan dengan jumlah kuku genap. Hal tersebut dapat dilihat dari struktur kaki bison yang umumnya akan terlihat seperti menyatu dan tersusun rapat.[]




No comments: