18 Fakta Menarik Mengenai Octopus, Si Gurita

Updated at : March 15, 2016
Gurita merupakan jenis spesies moluska dari golongan Cephalopoda atau kaki hewan yang letaknya ada di kepala, ordo Octopoda dan terumbu karang di samudera adalah habitat utama dari gurita.

Gurita terdiri atas 289 jenis spesies yang termasuk dalam sepertiga dari total keseluruhan spesies golongan Cephalopoda. Kata gurita di bahasa Inggris adalah Octopus yang berasal dari Yunani: Ὀκτάπους yang artinya delapan buah kaki.

Fakta-fakta menarik mengenai gurita

18 Fakta Menarik Mengenai Octopus, Si Gurita

1. Gurita merupakan hewan yang mempunyai tingkat kecerdasan yang tinggi dan mungkin gurita merupakan jenis invertebrata yang sangat cerdas.

2. Gurita mempunyai indera penglihatan yang luar biasa sangat kompleks, tidak jauh berbeda dengan indera penglihatan yang kita miliki.

3. Pupil mata gurita merupakan celah horizontal, tidak sama seperti kita yang mempunyai bentuk bulat atau seperti kucing yang celah matanya vertikal.

4. Mata dari gurita orientasinya tetap horizontal, dan juga terlepas dari bagaimana posisi tubuh gurita. Karena hal tersebut, gurita melihat suatu benda tetap dalam keadaan yang sama, tidak peduli gurita sedang dalam posisi miring atau terbalik.

5. Gurita merupakan mahluk jenis soliter dan juga tidak mempunyai cangkang, yang menjadikan gurita rentan sekali pada predator-predatornya yang lain. Tetapi predator mereka harus terlebih dahulu melihat mereka.

6. Hen atau gurita betina, mampu untuk bertelur sampai dengan 200.000 telur. Ketika melindungi semua telurnya, gurita betina akan menghentikan makannya. Dan akan kembali makan pada saat semua telur sudah menetas.

7. Gurita mampu untuk menggigit manusia, gurita mempunyai paruh yang terbuat dari zar keratin yang tersembunyi di kepala mereka. Zat keratin tersebut merupakan sebuah zat yang serupa untuk membuat kuku.

8. Umumnya gurita menggunakan paruh tersebut sebagai penghancur moluska dan juga kepiting yang akan gurita konsumsi, sehingga jangan pernah menempelkan tangan Anda di bagian kepala gurita.

9. Tanpa adanya rangka internal ataupun eksternal, gurita mampu untuk menekan tubuhnya agar bisa lewat di antara lubang atau celah yang kecil dengan mudahnya agar terhindar dari predator yang ingin memangsa gurita.

10. Jenis spesies dari gurita mimic, tidak hanya mempunyai kemampuan untuk mengubah warna tubuhnya, tetapi juga mempunyai kemampuan untuk mengubah bentuk tubuh yang berfungsi untuk menirukan bentuk hewan lainnya.

11. Semua jenis gurita mempunyai bisa, tetapi gurita jenis cincin biru kecil saja yang mampu untuk membunuh manusia dari bisa yang dimiliki.

12. Gurita mempunyai tiga buah jantung. Dua buah jantungnya berfungsi untuk memompa darah dari kedua buah insangnya, dan jantungnya yang satu lagi mempunyai fungsi untuk memompa darah ke semua tubuhnya.

13. Gurita mempunyai darah berwarna biru, agar bisa mempertahankan hidupnya di laut yang paling dalam, gurita mengembangkan darahnya yang basisnya adalah tembaga yang bernama hemocyanin.

14. Basis darah gurita berbeda dengan manusia, gurita mempunyai basis darah tembaga yang menghasilkan darah berwarna biru, sedangkan manusia mempunyai basis darah besi yang menghasilkan darah berwarna merah.

15. Pada umumnya gurita mempunyai kira-kira 240 buah potrusi atau tonjolan hisap yang mirip seperti cangkir di masing-masing lengannya, dan tonjolan hisap ukuran besar mampu untuk menahan beban sampai dengan 15 kg.

16. Tonjolan hisap gurita juga sensitif sekali, gurita mampu untuk mendapatkan signal kimia yang halus dan juga bergerak secara individu dan bahkan bisa dilipat menjadi setengah agar bisa menjepit.

17. 2/3 sel neuron gurita ada di bagian lengannya, bukan pada bagiankepalanya. Hal ini artinya satu tangan mampu untuk bekerja sebagai contoh untuk membuka kerang dan tangan yang lain sibuk untuk melakukan hal-hal yang lainnya.

18. Terkadang gurita adalah makhluk kanibal, ada penelitian yang menyatakan bahwa gurita betina bisa memangsa gurita jantan dalam waktu dua hari. Padahal sebelumnya gurita jantan baru kawin dengan gurita betina dalam waktu 3,5 jam.[]





No comments: