22 Fakta & Informasi Menarik tentang Gajah

Updated at : March 14, 2016
Gajah adalah binatang darat yang terbilang sangat besar.

Berat dari seekor gajah yang baru saja lahir sekitar 75 Kg – 115 Kg dengan tinggi bahunya yang bisa mencapai 100 Cm.

Ketika gajah beranjak dewasa, berat badan mereka bisa sampai 3000 Kg – 5000 Kg dengan tinggi yang bisa mencapai 2.5 M.

Dengan berat badan yang besar, namun binatang dengan spesies ini bisa berlari sampai 20 Mil / Jam.

Selain itu, untuk ukuran binatang yang sangat besar dan juga banyak yang bilang bahwa binatang dengan ukuran besar membutuhkan waktu tidur yang lebih lama, namun faktanya gajah hanya membutuhkan waktu 4 jam untuk beristirahat.

Fakta & Informasi Menarik tentang Gajah

Sebagai binatang yang berukuran sangat besar, untuk ukuran jantungnya saja pun bisa mencapai berat sekitar 25 Kg dan hanya berdetak sekitar 35 kali saja setiap menitnya.

Berikut fakta-fakta lainnya yang menarik untuk kita simak tentang gajah:

1. Gajah adalah hewan darat yang diketahui memiliki ukuran paling besar di dunia.

2. Jenis gajah yang diketahui paling besar adalah gajah jantan yang diketahui berada di Afrika dan memiliki berat badan sampai 10886 Kg dengan tinggi sampai 13 kaki.

3. Binatang gajah ini memiliki umur yang sangat panjang untuk ukuran seekor hewan, yaitu bisa sampai usia 70 tahun.

4. Binatang ini adalah salah satunya binatang mamalia yang diketahui tidak bisa melompat.

5. Berat jantung yang dimiliki gajah adalah sekitar 12 Kg – 20 Kg.

6. Binatang ini memiliki otak yang berposisi lebih ke depan dari posisi biasanya, bahkan dibandingkan hewan mamalia lainnya, gajah memiliki otak yang lebih besar, yaitu sekitar 3 sampai 4 kali ukuran otak manusia.

7. Gajah memiliki denyut jantung saat berdiri, jantung gajah berdetak 30 kali per menit. Tidak seperti hewan yang lain, detak jantung gajah akan bertambah 8 sampai 10 kali per menit ketika mereka sedang berbaring

8. Binatang ini pun memiliki kulit yang lumayan tebal yaitu sekitar 1 Inchi.

9. Binatang ini tidak memiliki penglihatan yang terlalu bagus, namun di sisi lain binatang ini memiliki indra penciuman yang sangat baik.

10. Disaat gajah memasuki usia 16 tahun, binatang ini bisa berkembang biak dan berat badannya bisa meningkat dengan pesat, namun gajah biasanya hanya bisa memiliki 4 anak dan jarang memiliki anak lebih dari jumlah 4.

11. Disaat manusia memiliki jangka waktu kehamilan sampai 9 bulan maksimal, binatang yang satu ini memiliki jangka waktu kehamilan hingga 22 bulan.

12. Banyak pengamat yang mengatakan bahwa gajah susah dalam berkomunikasi dengan sesama jenisnya, namun faktanya gajah berkomunikasi dengan mendengkur.

13. Gigi seri yang berada pada gajah ternyata adalah gigi taring yang biasa digunakan untuk pertahanan, menggali tanah dan juga mengangkat benda-benda.

14. Selain gigi seri, ternyata gajah pun memiliki gigi geraham yang berjumlah 4 buah, yaitu 1 di bagian atas, 1 di bagian bawah dan dua di setiap sisinya.

15. Hidung atau belalai dari binatang ini yang sangat penjang tersebut diketahui memiliki lebih dari 40.000 otot di dalamnya.

16. Belalai pada binatang ini adalah bagian yang sangat multifungsi, yaitu bisa dipakai sebagai organ tubuh untuk mengangkat barang, menghisap air dan memasukan ke mulut dan juga untuk mengangkat hal-hal lainnya.

17. Hewan ini adalah salah satu hewan darat yang memiliki keahlian berenang yang cukup handal dan menggunakan belalai untuk  bernafas.

18. Walaupun memiliki telinga yang cukup besar, faktanya hewan ini lebih banyak menggunakan kakinya untuk mendengarkan kehadiran hewan dengan spesies yang sama lainnya dengan mendengarkan melalui getaran yang diciptakan di tanah dari hewan besar lainnya lainnya.

19. Hewan ini adalah salah satu hewan yang ekspresif, disaat bayinya bersedih, seluruh keluarganya akan datang menghampirinya dan membelainya dengan belalai mereka.

20. Hewan ini pun ternyata adalah hewan yang mudah menangis dan mudah bersedih.

21. Binatang ini pun memiliki tradisi tersendiri dimana mereka melakukan sebuah upacara kecil-kecilan untuk menyambut gajah lainnya yang sudah lama hilang dan pada akhirnya kembali ke grup mereka.

22. Binatang ini pun memiliki pendengaran infrasonic yang sangat baik, bahkan jauh lebih baik dari yang dimiliki manusia.[]





No comments: