23 Fakta Mengenai Kalajengking Yang Perlu Kamu Tahu

Updated at : March 21, 2016
Scorpions atau kalajengking adalah hewan yang sangat ditakuti di area perumahan, racun yang mereka miliki adalah ancaran bagi orang-orang yang ada disekitarnya.

Namun tahukah anda jika hewan ini memiliki hubungan kekerabatan dengan laba-laba dan juga kutu?

Jika penasaran simak lebih lanjut mengenai fakta unik dari hewan beracun ini.

1. Hewan Kalajengking ini tersebar hampir diseluruh dunia dan memiliki spesies hampir lebih dari 1200 jenis. Banyak dari mereka yang berada di zona hangat.
23 Fakta Mengenai Kalajengking Yang Perlu Kamu Tahu
Kalajengking
2. Ukuran dari Kalajengking ini sangat beragam ada yang berikuran 1.3 cm hingga 18 cm.

3. Ada bagian dari bumi yang tidak tersentuh oleh hewan ini. Daerah yang jauh dari hewan Kalajengking ini adalah Greenland, Antartika, Selandia Baru dan juga pulau kecil lainnya.

4. Di suhu udara sebesar 140 celsius, Kalajengking menjadi hewan yang tidak aktif.

5. Kalajengking ini memiliki tubuh Cepalothorak dimana ia memiliki kepala dan juga dada yang menyambung. Tubuhnya diperpanjang dengan perut yang disebut dengan ekor yang berujung dengan area beracun.

6. Kalajengking dan juga saudaranya yaitu laba-laba tidak seperti serangga lain yang mempunyai antena.

7. Hewan beracun ini memiliki 4 pasang kaki untuk berfungsi sebagai kaki berjalan.

8. Serangga ini adalah salah satu hewan nocturnal yang bersembunyi di siang hari dan aktif di malam hari.

9. Kalajengking bisa anda temukan di bawah batuan, dibawah daun dan juga di daerah bangunan yang telah lama ditinggalkan ketika siang hari. Jika anda beruntung, anda bisa menemukannya bersembunyi di dekat pakaian anda, di sepatu dan juga  di tempat tidur anda.

10. Racun dari Kalajengking ada 2 jenis yaitu yang memiliki kemampuan untuk melumpuhkan invertebrata yang tidak lebih berbahaya dari sengatan lebah dan satu lagi racun yang mematikan bahkan bagi orang dewasa.

11. Racun yang mematikan dari hewan ini mampu membunuh anjing dalam waktu 7 menit dan juga manusia dewasa dalam waktu beberapa jam jika tidak mendapatkan pertolongan.

12. Biasanya spesies yang memiliki ukuran besar memiliki jenis racun yang tidak mematikan.

13. Racun Kalajengking yang mematikan biasanya dimiliki oleh serangga yang memiliki ukuran kecil hingga medium dan hidup di area yang kering.

14. Spesies beracun yang mematikan berasal dari family buthidae yang memiliki 500 jenis spesies. Spesies ini banyak ditemukan di Afrika dan juga Amerika.

15. Spesies yang paling mematikan dari Kalajengking ini berasal dari genis Androctonus yang berada di Afrika utara.

16. Hewan beracun ini memiliki kemampuan mengendus. Cara ini dilakukan untuk mendeteksi lokasi dari mangsanya. Selain dengan menggunakan penciuman, Kalajengking juga mendeteksi lokasi mangsa dengan memanfaatkan getaran dari tanah.

17. Kalajengking hanya mengkonsumsi cairan dan juga jaringan lunak dari mangsanya. Mereka mencari mangsa yang memiliki ukuran yang besar agar mereka tidak perlu keluar mencari makanan setiap malam. Selain makanan mereka juga mengkonsumsi air dengan efisien.

18. Kalajengking melakukan reproduksi selama hampir berjam-jam.

19. Kalajengking mengandung telur dalam waktu 1 tahun. Setelah waktu 1 tahun, anak-anak hewan beracun ini akan lahir dengan jumlah beragam. Biasanya rangenya dari 1 hingga 100. Proses kelahiran bisa berlangsung selama beberapa hari dan bisa berlangsung dengan jeda.

20. Hingga tulang keras anak-anak dari hewan ini tumbuh, anak-anak keturunan dari seranga beracun ini akan hidup diatas punggung ibunya.

21. Berdasarkan penelitian, fosil dari kalajengking pertama yang pertama di kisarkan hidup pada 400 milyar tahun yang lalu. Bentuk dari fosil yang direkonstruksi ini tidak jauh berbeda dari bentuknya pada masa modern. Ukuran terbesar dari fosil yang pernah ditemukan memiliki panjang sebesar 2.8 meter.

22. Kalajengking dan juga kecoa adalah hewan purba yang memiliki kemampuan hidup yang luar biasa. Keduanya adalah hewan yang berasal dari masa purba, melewati banyak rintangan dan proses seleksi alam termasuk dengan radiasi senjata nuklir.

23. Kalajengking memiliki kemampuan untuk menerima rangsangan UV. Tubuh dari hewan ini akan bersinar ketika mendapat sinar UV sehingga peneliti dapat menemukannya pada malam hari.[]





No comments: