26 Fakta Menarik Seputar Buaya

Updated at : March 05, 2016
Buaya adalah salah satu hewan yang tergolong paling tua untuk secara global dan banyak penelitian yang memperkirakan jika buaya ini sudah ada sejak dinosaurus itu ada yaitu beberapa juta tahun yang lalu.

Dalam bahasa Inggris buaya disebut dengan Crocodile dimana nama tersebut berasal dari penyebutan orang dari Yunani yang melihat buaya di sungai Nil, krokodilos, sebuah kata bentukan yang berakar dari kata kroko, yang mempunyai arti ‘batu kerikil’, dan deilos yang mempunyai arti ‘cacing’ atau ‘orang’.
Fakta Menarik Seputar Buaya

Buaya adalah hewan pemburu yang paling kuat yang ditemukan didaerah tropis seperti Asia, Afrika, Australia, dan Amerika. Ada beberapa yang hidup di lahan basah, danau, sungai sampai dengan air asin.

Adapun beberapa fakta yang menarik dari hewan buaya ini, berikut 26 diantaranya.

1. Terdapat setidaknya 23 spesies buaya yang berasal dari buaya air asin sampai dengan buaya kerdil.

2. Buaya merupakan hewan reptil yang bentuk fisiknya sama persis dengan cicak berukuran raksasa.

3. Kulit buaya pada bagian punggungnya tidak dapat ditusuk oleh tombak maupun anak panah hal ini disebabkan karena kulit punggung buaya sangat keras dan kasar.

4. Buaya dapat menangkap dan menyergap mangsanya baik didarat maupun didalam air.

5. Buaya adalah hewan karnivora yang sering memakan ikan, mamalia, burung, sampai dengan buaya yang ukurannya lebih kecil dari mereka.

6. Untuk dapat menghancurkan mangsa sang buaya, mereka akan selalu menggunakan rahang serta gigi mereka dan terkadang mereka juga akan menelannya secara langsung untuk hewan buruannya.

7. Pada saat memangsa hewan buruannya buaya akan mengerahkan tekanan secara besar pada saat menggigitnya diantara rahangnya namun mereka tidak mempunyai kekuatan yang besar untuk membuka mulut mereka.

8. Ketika berenang didalam air ekor buaya menjadi dayung sehingga sangat membantu buaya untuk bergerak lebih cepat didalam air.

9. Bukan hanya dapat bergerak lebih cepat didalam air ternyata buaya juga dapat berjalan dengan cepat didarat dengan kecepatan 18 km/jam.

10. Buaya terpendek berukuran panjang sekitar 1.5 meter yang berjenis Caviers Dwarf.

11. Sedangkan untuk buaya terbesar adalah buaya yang berjenis saltwater atau air asin yang ukuran panjangnya hingga 6.5 meter.

12. Sama halnya dengan ikan mujair, induk buaya akan memasukkan anaknya kedalam mulut jika terdapat sebuah bahaya.

13. Umur buaya bisa mencapai usia 60 tahun dimana umur tersebut sama halnya dengan umur manusia modern.

14. Satu hal yang membuat buaya mirip dengan manusia adalah pada bagian jantungnya dimana buaya mempunyai 4 labirin didalam jantungnya.

15. Bagian lidah buaya akan selalu menempel pada bagian mulutnya sehingga buaya tidak dapat menggerakkan lidahnya dengan bebas.

16. Buaya tidak mempunyai bibir hal inilah yang menyebabkan mulut buaya tidak bisa rapat pada saat ditutup.

17. Pada saat menyelam di air buaya akan menutup semua penutup khusus pada bagian tenggorokkannya dan hidung buaya juga akan tertutup hal ini bertujuan agar air tidak akan masuk kedalam paru-paru mereka.

18. Sebenarnya buaya dapat mengeluarkan air mata dimana air mata tersebut dapat keluar jika mata buaya mengalami kering jika berlama-lama berada didarat.

19. Air mata buaya berasal dari kelenjar lachrymal dimana air mata buaya juga dapat membersihkan mata mereka.

20. Percaya atau tidak buaya dapat bertahan hidup hanya dengan menyantap satu buruannya dalam jangka waktu satu tahun.

21. Ternyata buaya sering menelan batu atau biasa disebut dengan gastroliths dimana hal ini dilakukan untuk membantu buaya dalam proses pencernaan serta sebagai penggiling.

22. Kelopak mata pada buaya mempunyai bentuk yang normal.

23. Selain itu terdapat juga kelopak mata buaya yang transparan yang berguna sebagai kacamata buaya pada saat mereka berenang didalam air.

24. Tahukah anda bahwa di Mesir pada tahun 2000 SM kotoran buaya digunakan untuk kontrasepsi dimana kotoran buaya akan dimasukkan kedalam vagina sehingga dapat mencegah serta membunuh sperma.

25. Pada tahun 2001 penyebab kematian selain disebabkan oleh nyamuk ternyata buaya juga termasuk kedalam salah satu penyebab kematian pada manusia.

26. Pada saat bertelur buaya mampu mengeluarkan telurnya sebanyak 10 sampai dengan 60 telur ketika sekali bertelur.[]






No comments: