33 Informasi dan Fakta Menarik tentang Kelelawar

Updated at : March 27, 2016
Hewan mamalia kelelawar yang masuk ke dalam ordo Chiroptera.

Hewan mamalia kelelawar merupakan hewan nokturnal, yaitu aktif di malam hari, dan istirahat di siang hari. Kebanyakan kelelawar tinggal di daerah tropis, tapi ada juga di hampir setiap kawasan selain Artik dan Antartika.

Berikut ini adalah fakta menarik mengenai hewan mamalia kelelawar.
33 Informasi dan Fakta Menarik tentang Kelelawar
Kelelawar (Wikipedia)

1. Kelelawar adalah satu-satunya mamalia yang benar-benar bisa terbang.

2. Kelelawar merupakan kelompok mamalia terbesar dengan 900 spesies lebih yang ada di seluruh dunia.

3. Kelelawar mampu  hidup antara  20 hingga 30 tahun.

4. Kelelawar sebenarnya tidak buta, bahkan beberapa spesies memiliki penglihatan yang baik.

5. Posisi istirahat kelelawar adalah menggantung terbalik dengan posisi kepala menghadap ke bawah kemudian cakarnya mencengkeramkan langit-langit gua.

6. Sayap kelelawar merupakan selaput kulit yang terbentang dari sisi badan hingga ujung tulang jari.

7. Kebanyakan kelelawar mengeluarkan buyi dengan frekuensi tinggi dari mulutnya.

8. Spesies kelelawar yang berbeda memakan jenis makanan berbeda juga. Jenis makanannya antara lain  agas, ngengat, kumbang, jangkrik, kelopak bunga, nektar,serbuk sari, katak kecil, kadal, burung, serta ikan.

9. Kotoran kelelawar yang terdapat di dalam gua membantu menjaga ekosistem gua untuk menjadi sumber makanan bagi bakteri serta organisme lain.

10. Sebagian besar spesies kelelawar melahirkan satu anak setiap tahunnya.

11. Pada musim dingin dengan suhu yang amat dingin, kelelawar akan lebih jarang terlihat karena makanan langka, sehingga para kelelawar akan berhibernasi di dalam gua.

12. Kelelawar lebih memilih gua sebagai tempat hidup karena adanya kelembapan tinggi di dalam gua.

13. Kelelawaran akan keluar setelah musim berganti dan suhu udara menghangat.

14. Spesies kelelawar terkecil adalah kelelawar berhidung babi Kitti dengan panjang 29 hingga 34 mm, berat 2 hingga 2,6 g dengan panjang sayap  15 cm.

15. Ciri khas lain dari kelelawar berhidung babi Kitti adalah hidungnya yang menyerupai hidung babi, tidak memiliki ekor, dan daun telinganya gemuk.

16. Di Eropa dan Afrika terdapat hewan mamalia kelelawar tapal kuda. Penamaan kelelawar tapal kuda disebabkan oleh struktur daging pada hidungnya.

17. Kelelawar tapal kuda mengeluarkan bunyi dengan frekuensi tinggi dari lubang hidungnya, dan gema yang terpantul dari bunyi  pada benda di sekitarnya akan membantu kelelawar untuk terbang di kegelapan.

18. Ketika musim panas, kelelawar tapal kuda akan melipat sayapnya di samping tubuh.

19. Ketika hibernasi di musim dingin, kelelawar tapal kuda akan membungkus badannya dengan sayap untuk  menghemat kelembapan demi kelangsungan hidupnya.

20. Kelelawar tapal kuda betina yang sedang hamil akan berpindah ke langit-langit gua yang lebih rendah.

21. Ketika bayi kelelawar tapal kuda lahir mulanya bayi akan digendong induknya untuk mencari makan.

22. Ketika bayi kelelawar tapal kuda sudah agak besar, maka akan ditinggalkan menggantung di langit-langit gua ketika induknya sedang mencari makan.

23. Setelah selesai mencari makan induk kelelawar tapal kuda  akan mengeluarkan bunyi panggilan dengan nada tinggi kepada anaknya, dan anaknya akan membalas lengkingan tersebut agar bayi tahu dimana induknya sehingga bayi bisa menyusu kepada induknya.

24. Kelelawar vampir terkenal bersedia membagi makanannya kepada hewan lain yang sakit atau kelaparan.

25. Zat yang diterkandung dalam air liur kelelawar vampir digunakan untuk mengobati manusia terutama penderita stroke dan penyakit jantung.

26. Seekor kelelawar Little Brown mampu memakan 1000 nyamuk dalam satu jam.

27. Anoura fistulata adalah spesies kelelawar dengan lidah terpanjang yang ditemukan di Taman Nasional Madidi, Bolivia pada Juni 2015.

28. Anoura fistulata memiliki lidah dengan panjang mencapai 8,5 cm yang berfungsi untuk mengisap nektar bunga.

29. Anoura fistulata  termasuk kelelawar yang sangat langka karena baru tiga kali spesimen ini  ditemukan, dan terakhir ditemukan pada 2010.

30. Pada 1996, kelelawar buah Filipina dinyatakan punah karena tidak pernah muncul lagi sejak 1964 padahal dulu jumlahnya sangat melimpah, dan kotorannya sering digunakan sebagai pupuk.

31. Pada 2001, kelelawar buah Filipina ditemukan kembali  di Pulau Cebu dan Negros dengan status terancam punah.

32. Pada musim panas 2014 di Australia ada sekitar 100.000 ekor hewan mamalia kelelawar yang jatuh dari langit dan mati karena udara panas yang lebih dari 43 derajat celcius.

33. Gerhana matahari ternyata membuat hewan nokturnal, seperti kelelawar mengalami perubahan perilaku karena menganggap malam hari sudah datang sehingga mereka akan beraktivitas normal layaknya hewan mamalia kelelawar.




No comments: