4 Jenis Hamster Dan Kepribadiannya

Updated at : March 16, 2016
Hamster adalah hewan jenis noctural atau dengan kata lain hewan yang lebih sering melakukan aktifitas pada saat senja atau malam hari, seharusnya pada saat hasmter sedang tidur kita jangan mengganggu mereka karena hamster bisa lelah atau sakit.

Hamster adalah jenis hewan mamalia. Hamster mempunyai gigi yang selalu tumbuh dan juga tajam, hamster selalu mengasah semua gigi mereka dengan menggigit makanannya dan yang lainnya.

Terdapat banyak spesies hamster yang berbeda-beda di seluruh penjuru dunia dan hamster lebih suka tinggal di gurun pasir, tempat yang bisa hamster jadikan untuk menggali lubang.

Di alam yang liar, hamster bersembunyi pada lubang saat siang hari agar terhindar dari predatornya. Lubang tempat hamster sembunyi mempunyai banyak ruang yang terpisah dan terowongan,
terkadang kedalaman dari lubang tersebut bisa mencapai 11 meter.

Hamster Syria atau Golden dengan nama latin Mesocricetus Auratus adalah hamster pertama yang dijelaskan dengan cara ilmiah ketika tahun 1839.

4 Jenis Hamster Dan Kepribadiannya

Sebelum memasuki tahun 1930 peniliti bisa sukses melakukan perkembangbiakan dan juga menjinakkan hamster Syria ini, dan mungkin pada saat itu adalah pertama kali di dalam sejarah hamster jenis Syria ini hamster yang sangat mudah untuk dijinakkan.

Jenis-jenis hamster


1. Jenis Hamster Syria.

Hamster ini merupakan jenis hamster yang sangat besar, mempunyai panjang kira-kira 12 cm sampai 16 cm. Hamster ini mampu untuk bertahan hidup kira-kira selama 2 tahun apabila perawatannya baik.

Hamster Syria merupakan jenis hewan yang menyendiri atau soliter, pada alam yang liar hamster jenis ini juga hidup dengan menyendiri. Hamster Syria akan menjadi sangat agresif dengan sesama hamster dan bisa berkelahi.

Sebaiknya 1 jenis hamster Syria ditempatkan dalam 1 kandang dan sebaiknya jangan mengelompokkan hamster jenis ini. Kandang untuknya juga sebaiknya harus kandang dengan ukuran yang cukup besar supaya dia merasa bahagia.

Hamster Syria juga mempunyai mata berwarna merah dan mata berwarna hitam, sehingga jangan heran apabila Anda melihat warna dari mata yang berbeda. Hamster Syria betina mempunyai ukuran yang lebih besar dari si jantan.

2. Jenis Hamster Campbell.

Hamster ini merupakan jenis hamster yang banyak diperlihara, mungkin saja karena mempunyai ukuran tubuh yang kecil, sehingga membuat biaya perawatannya juga lebih kecil.

Hamster Campbell mampu untuk bertahan hidup dalam waktu 2 tahun apabila perawatannya dilakukan dengan baik, dan mempunyai ukuran panjang 8 cm sampai dengan 11 cm.

Hamster Campbell mempunyai garis di bagian punggung, terkecuali pada jenis hamster yang mempunyai bulu yang polos sebagai contoh dilute dan albino. Hamster Campbell juga mempunyai beragam bulu yang sangat banyak.

Sangat banyak orang yang memilih untuk mengembang-biakkan hamster jenis Campbell, terutama untuk mengkoleksi jenis-jenis bulunya. Hamster Campbell juga sering dikenal orang hamster yang cukup galak, karena suka menggigit.

Hamster Campbell ingin mengetahui dan mengenal benda yang ada di sekelilingnya dengan cara mencicipi atau menggigitnya, kadang-kadang cukup menjilat saja benda disekelilingnya.

3. Jenis Hamster Winter White.

Hamster jenis ini merupakan saudara terdekat dari hamster jenis Campbell. Hamster ini mampu untuk berkembang-biak jika dikawin silang dengan hamster jenis Campbell, yang menghasilkan jenis Hybird.

Ada banyak orang yang mengkawin silangkan hamster Winter White dengan hamster Campbell. Tetapi, hal ini sering di larang oleh banyak negara lain karena banyak alasan.


4. Jenis Hamster Roborovski.

Hamster Roborovski adalah jenis hamster yang paling kecil dari keluarga Phodopus, hamster ini mempunyai ukuran kira-kira 4 cm sampai 5.5 cm, mempunyai ekor yang sangat pendek di dalam keluarga Phodopus.

Umur dari hasmter Roborovski bisa sampai 3 tahun, tergantung dari bagaimana kondisi tempat mereka hidup. Hamster Roborovski mampu untuk bertahan hidup sampai 4 tahun dalam penangkaran hamster dan juga alam liar.

Hamster Roborovski mempunyai warna coklat kekuningan di bagian punggung dan warna abu-abu di bagian bawah. Hamster jenis Roborovski tidak mempunyai garis di bagian punggungnya.

Untuk bisa membuat hamster Roborovski menjadi jinak, Anda membutuhkan kesabaran yang ekstra besar. Hamster jenis ini sangat agresif terhadap manusia. Meskipun demikian, hamster jenis ini masih bisa untuk dibuat jinak.[]





1 comment:

Endri Gunardi said...

mantap artikelnya, ijin share ya..mudah2n jadi manfaat dan pahala