Beberapa Fakta dan Misteri dibalik Burung Garuda

Updated at : March 14, 2016
Burung Garuda adalah binatang yang dijadikan simbol dari pancasila dan Negara Indonesia.

Di Indonesia, Burung Garuda kerap disamakan dengan burung elang jawa.

Burung Garuda adalah burung yang memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi.

Berikut beberapa informasi dan juga fakta menarik tentang Burung Garuda:

Beberapa Fakta dan Misteri dibalik Burung Garuda
Burung Elang Jawa di Kebun Binatang

1. Eksistensi dari Burung Garuda ini masih menjadi misteri.

2. Walaupun begitu, burung ini termasuk sebagai jenis burung yang sangat bersejarah dari India dan juga dalam ajaran Hindu.

3. Burung Garuda ini dijadikan sebagai salah satu lambang Negara di Indonesia dan juga menjadi simbol pancasila.

4. Di Indonesia, Burung Garuda ini kerap disamakan dengan burung elang jawa. Walaupun digunakan sebagai simbol Negara, faktanya eksistensi burung Elang Jawa yang dibilang 99% mirip dengan Garuda sudah hampir punah, bahkan di daerah asal mereka, yaitu di Jawa.

5. Pada sejarahnya, Burung Garuda ini digambarkan dengan bentuk manusia berkepala burung dan juga memiliki sayap yang sangat menyerupai elang.

6. Ciri khas dari Burung Garuda adalah paruh yang runcing, cakar yang tajam, bulu yang berwarna keemasan dan juga jambul pada bagian kepalanya.

7. Faktanya, walaupun banyak penelitian yang menunjukan bahwa Elang Jawa memiliki kemiripan hampir 99%, beberapa penelitian lain mengatakan bahwa kedua jenis burung ini sangatlah berbeda dan sampai saat ini, eksistensi dari Burung Garuda masih menjadi sebuah perdebatan.

8. Ide dari penggunaan Burung Garuda sebagai simbol dari NKRI dan juga pancasila dicetuskan pada awalnya oleh Sultan Hamid II dan disempurnakan oleh presiden pertama kita, Ir. Soekarno.

9. Faktanya, Burung Garuda di lambang Pancasila adalah sebuah penggambaran Negara Indonesia dengan dipenuhi isi dari pancasila di dada Burung Garuda tersebut dan juga cakar dari Burung Garuda yang memegang kain dengan tulisan Bhineka Tunggal Eka.

10. Burung Garuda diketahui memiliki makna dari kebajikan, pengetahuan, kesetiaan, kekuatan, disiplin dan juga keberanian.        

Beberapa Fakta dan Misteri dibalik Burung Garuda

11. Burung ini pun diketahui sebagai burung pribadi yang mengantar Dewa Whisnu dalam bertransportasi.

12. Dalam sejarang Hindu dan budaya Bali, Burung Garuda memiliki arti sebagai raja semua mahkluk yang bisa terbang dan juga raja agung para burung.

13.  Selain Indonesia, terdapat Negara lain yang juga menggunakan Burung Garuda sebagai simbol negaranya, yaitu Negara Thailand.

14. Warna keemasan pada burung ini melambangkan keagungan dan juga kejayaan.

15. Pada burung ini yang digunakan sebagai lambang pancasila Indonesia, terdapat 17 helai bulu pada masing-masing sayapnya, 8 helai bulu pada ekor, 19 helai bulu di bawah  perisai dengan beberapa logo pancasila atau berada pada pangkal ekor, dan 45 bulu helai bulu di leher.

16. Selain Indonesia dan Thailand, faktanya terdapat 26 negara lainnya yang juga menggunakan burung ini sebagai simbol dari Negara tersebut.

17. Menurut legenda agama Hindu, burung ini adalah jenis burung yang paling ditakuti oleh hewan-hewan lainnya, bahkan oleh hewan sebuah ular dan singa sekalipun.[]






No comments: