Beberapa Fakta Menarik Tentang Ikan Gabus

Updated at : March 13, 2016
Channa Striata atau ikan gabus adalah jenis makhluk karnivora yang hidup di habitat air tawar yang memiliki potensi yang cukup tinggi jika dilihat dari sudut gizi dan juga sudut pangan. Ikan gabus bisa Anda temui di perairan yang sangat umum.

Budidaya dari ikan gabus ini belum meluas, ikan gabus mempunyai ciri fisik di bagian punggung cembung, mempunyai bentuk yang bulat dan panjang, bagian perutnya rata dan mempunyai bentuk kepala yang hampir menyerupai ular.

Ikan Gabus

Fakta menarik dari ikan gabus

1. Warna punggung dari ikan gabus adalah hijau kehitam-hitaman dan di bagian perut mempunyai warna putih atau krem. Ikan gabus bisa ditemukan di banyak perairan air tawar di banyak wilayah di Indonesia.

2. Ikan gabus bisa mempunyai panjang yang mencapai 90 cm sampai dengan 110 cm. Ikan gabus biasa hidup di danau, muara sungai, dan juga bisa hidup di habitat air kotor yang mempunyai kadar oksigen rendah.

3. Ikan gabus mempunyai manfaat bagi kesehatan yang sangat terkenal, hal tersebut dikarenakan adanya kandungan protein yang sangat tinggi di ikan gabus ini dibandingkan dengan protein yang ada di daging ikan-ikan yang lain.

4. Jika di lihat sekilas ikan gabus mempunyai bentuk yang hampir sama seperti ikan lele. Hanya saja yang menjadi pembeda adalah ikan gabus tidak mempunyai kumis atau surai seperti ikan lele.

5. Warna yang dimiliki ikan gabus juga tidak segelap warna yang dimiliki ikan lele. Ikan gabus juga mampu untuk hidup di darat dalam waktu yang terbilang cukup lama, karena ikan gabus diketahui mampu untuk bernafas dari udara luar.

Fakta menarik manfaat ikan gabus untuk kesehatan

Banyak sekali orang yang tidak mengetahui mengenai manfaat yang ada pada ikan gabus jadi banyak dari mereka yang memusnahkan ikan ini karena dianggap mengganggu dan bisa dikatakan ikan gabus adalah hama untuk ikan-ikan kecil.

Tetapi ternyata ikan gabus mempunyai manfaat yang sangat banyak pada kandungan proteinnya yang tidak perlu diragukan, berikut ini adalah manfaat ikan gabus bagi kesehatan.

1. Membentuk pertumbuhan otot, ikan gabus mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi dibandingkan kandungan protein yang ada pada ikan mas, ikan nila ataupun ikan lele.

2. Anda bisa memperoleh 25,2 gr protein dari 100 gr ikan gabus. Jika dibandingkan dengan kandungan protein 100 gr ayam, Anda hanya mendapatkan protein sebanyak 18,2 gr, dan kandungan protein di daging sapi 18,8 gram.

3. Cepat menyembuhkan luka, daging pada ikan gabus mempunyai kandungan albumin yang cukup tinggi. Albumin merupakan sebuah jenis protein yang mempunyai peranan penting untuk mempercepat penyembuhan luka.

4. Menjaga cairan tubuh agar tetap seimbang, kandungan albumin yang ada pada ikan gabus juga mempunyai fungsi untuk selalu menjaga regulasi cairan dalam tubuh agar selalu seimbang.

5. Sehat bagi pencernaan, ikan gabus memiliki daging yang sangat empuk, sehingga Anda tidak harus merasa khawatir terhadap pencernaan Anda karena ikan gabus mudah sekali untuk dicerna.

6. Ikan gabus mempunyai protein kolagen yang rendah dibandingkan kandungan kadar protein yang ada di daging ternak di darat yang lain. Hanya sekitar 3 persen sampai dengan 5 persen dari total keseluruhan kandungan kolagen.

7. Mampu untuk menyembuhkan banyak penyakit, ikan gabus mampu untuk membantu menyembuhkan banyak penyakit contohnya seperti penyakit infeksi paru, hepatitis, diabetes, tipes, stroke, dan penyakit yang lainnya.

8. Mampu memperbaiki gizi, ikan gabus mampu untuk memperbaiki gizi buruk yang banyak diderita pada anak, bayi, balita, ataupun ibu yang sedang mengandung karena dengan mengkonsumsi 100 gr ikan gabus bisa memenuhi kebutuhan gizi.

9. Menyembuhkan anak autis, ikan gabus mempunyai kandungan zat yang bisa mempunyai fungsi untuk membantu proses penyembuhan anak yang mengidap autis.

10. Membantu mempercepat penyembuhan luka operasi, ikan gabus bisa membantu mempercepat penyembuhan luka operasi. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan albumin yang sangat tinggi yang dimiliki ikan gabus.

11. Mengatasi bengkak di tubuh, selain mampu untuk menyembuhkan luka, kandungan albumin yang tinggi yang ada pada ikan gabus juga mampu untuk mengatasi bengkak yang dirasakan di tubuh.[]





No comments: