Fakta Menarik dan Unik Seputar Bulu Babi

Updated at : March 05, 2016
Bulu babi atau landak laut adalah hewan yang termasuk kedalam filum Echinodermata dimana pada bagian badannya menyatu dalam lempengan atau cakram lempeng.

Bulu babi termasuk dalam anggota pasir dolar, bintang laut, dan teripang.

Untuk beberapa bulu babi mereka akan hidup secara berkoloni namun ada juga dari mereka yang lebih suka untuk menyendiri.

Namun jika bulu babi hidup menyendiri akan lebih mudah untuk diserang oleh predator.

Ciri-ciri dari bulu babi atau landak laut ini adalah mempunyai bentuk yang bulat, terdapat duri-duri yang bisa bergerak pada bagian kulitnya.

Fakta Menarik dan Unik Seputar Bulu Babi

Bulu babi biasanya hidup didalam laut dengan kedalaman yang dangkal yaitu hanya sekitar 500 meter.

Bulu babi dapat menyebabkan infeksi, gatal, nyeri, serta rasa perih yang sangat amat jika terkena kulit manusia.

Ada beberapa hal yang menjadi fakta menarik dan unik seputar bulu babi atau landak laut ini diantaranya sebagai berikut.

1. Terdapat lebih dari 200 jenis landak laut yang ada di muka bumi ini.

2. Ukuran dari bulu babi ini sekitar 4 sampai dengan 5 inchi

3. Kulit bulu babi dibentuk dari bulu-bulu yang keras dan tumbuh pada bagian cangkang yang keras.

4. Mulut bulu babi atau landak laut terdapat pada bagian tengah yaitu diantara bagian tubuhnya atau tepatnya terdapat pada bagian bawahnya.

5. Jumlah gigi dari bulu babi ini sebanyak 5 buah.

6. Bagian cangkang dari bulu babi ini terdapat duri-duri yang berperan sebagai penggerak dari hewan tersebut.

7. Selain jadi penggerak, duri-duri tersebut juga berguna sebagai penjepit makanan dan dapat menjadi perlindungan diri pada saat bulu babi merasa terancam dari serangan predator.

8. Untuk beberapa jenis dari bulu babi duri-durinya mengandung racun.

9. Ternyata bulu babi juga dapat tinggal ditempat yang dangkal maupun dalam sampai dengan didasar laut dan diatas karang.

10. Bulu babi juga dapat hidup di muara yang mempunyai material berlumpur dimana mereka akan membenamkan dirinya untuk dapat hidup ditempat ini.

11. Namun kebanyakan mereka lebih memilih untuk hidup pada terumbu karang serta daerah yang sering mengalami gelombang pasang.

12. Tahukah anda bahwa bulu babi mempunyai gigi yang terbuat dari kalsium karbonat walaupun tidak dapat terlihat secara kasat mata.

13. Fungsi gigi dari hewan bulu babi ini adalah untuk mengunyah makanan termasuk juga batu.

14. Bulu babi adalah binatang omnivora dan makanan yang sangat disukai oleh bulu babi atau landak laut ini adalah ganggang, rumput laut, ikan yang sudah mati, kerang.

15. Predator dari bulu babi ini adalah siput, burung, dan kepiting.

16. Sebenarnya bulu babi lebih aktif didalam hari dan lebih pasif pada siang hari,

17. Mereka mencari makan dengan cara berjalan menggunaakn bagian kecil seperti kaki yang terletak pada bagian bawah perutnya.

18. Bulu babi atau landak laut ini sangat mudah dijumpai pada seluruh perairan didunia namun anda akan sulit menemukannya pada bagian kutub.

19. Pada saat terjadi bahaya bulu babi justru akan terlihat sangat tenang hal ini disebabkan bukan karena mereka adalah hewan yang pemberani namun mereka adalah hewa yang memang buruk untuk dilautan.

20. Hewan yang paling takut untuk mendekati bulu babi adalah ular kobra karena ular kobra lebih mengetahui jika bulu babi mempunyai pertahanan yang sangat hebat serta mampu mengantisipasi serangan dari musuh mereka walaupun kelihatannya bulu babi cenderung pasif pada saat adanya bahaya yang mendekati mereka.

21. Tidak semua bulu babi mempunyai duri yang tajam serta panjang untuk dijadikan sebagai pertahanan diri mereka.

22. Ada juga beberapa bulu babi yang mempunyai duri yang tumpul dan pendek tetapi sangat memberikan dampak yang serius bagi yang terkenanya.

23. Red bulu babi adalah salah satu jenis dari hewan bulu babi atau landak laut yang mempunyai umur yang lebih panjang.

24. Bulu babi melakukan reproduksi dengan cara yang unik yaitu pada bulu babi jantan mereka akan melepaskan spermanya kedalam air.

25. Sedangkan untuk bulu babi betina akan melepaskan telurnya pada sekitar sprema dan pada saat keduanya bersentuhan satu sama lain maka akan lahir seorang bayi landak.[]






No comments: