Informasi menarik dari hewan mamalia keledai

Updated at : March 27, 2016
Hewan mamalia keledai termasuk keluarga kuda karena masuk ke dalam family Equidae.

Nenek moyang dari hewan mamalia keledai adalah keledai liar afrika yang digunakan sebagai binatang pekerja setidaknya selama 5000 tahun.

Keledai pertama kali dijinakkan sekitar 3000 sebelum Masehi di wilayah Mesir atau Mesopotamia.

Berikut ini adalah fakta menarik mengenai hewan mamalia keledai.
fakta menarik dari hewan mamalia keledai
id.wikipedia.org
1. Tinggi keledai berkisar dari 79 hingga 160 cm dengan berat berkisar dari 80 hingga 480 kg.

2. Keledai pekerja memiliki angka harapan hidup 12 hingga 15 tahun ketika hidup di negara berkembang, sedangkan di negara maju bisa mencapai 30 bahkan 50 tahun.

3. Keledai sejak lama digunakan sebagai sarana transportasi untuk membawa barang, dan juga membatu pengolahan tanah.

4. Keledai juga digunakan sebagai hewan penjaga untuk menjaga sapi, domba dan kambing.

5. Keledai adalah hewan pemakan rumput,dan  jerami.

6. Keledai betina kehamilan selama 12 minggu meski ada juga yang hamil selama 11 hingga 14 bulan.

7. Keledai betina biasanya akan melahirkan seekor anakan keledai.

8. Perkawinan antara keledai jantan dan kuda betina akan menghasilkan begal.

9. Perkawinan antara kuda jantan dan keledai betina akan menghasilkan hinny.

10. China menjadi negara yang miliki jumlah keledai terbesar sekitar 11 juta dari total 41 juta keledai yang ada di seluruh dunia.

11. Sejak sebelum masehi, keledai selalu dihubungkan dengan perilaku bodoh dan keras kepala karena munculnya karya dari penulis Yunani kuno, Homer dan Aesop.

12. Kenyataannya keledai itu sangat kuat dan cerdas.

13. Keledai memiliki memori yang luar biasa karena mampu mengenali daerah dan keledai lainnya di daerah tempat tinggal hingga 25 tahun yang ke belakang.

14. Tidak seperti kuda, keledai tidak mudah terkejut dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

15. Keledai dianggap keras kepala karena keledai memiliki kemampuan untuk menjaga diri, sehingga  sangat sulit untuk memaksa atau menakut-nakuti keledai untuk melakukan sesuatu yang dilihatnya sebagai hal bertentangan dengan kepentingan atau keselamatannya.

16. Melatih keledai bergantung pada hal ditunjukan, baik dalam bentuk perintah ataupun tindakan, dan selama keledai percaya bahwa Anda akan melindunginya dari bahaya.

17. Robert Louis Stevenson dalam bukunya “Travels with A Donkey” menulis bahwa kata yang tepat untuk memacu hewan mamalia keledai untuk bergerak lebih cepat adalah dengan kata 'Proot!'.

18. Dalam ukuran yang sama ternyata seekor keledai bisa lebih kuat dari seekor kuda.

19. Ukuran telinga keledai lebih besar dibandingkan ukuran telinga kuda.

20. Ukuran telinga keledai yang besar juga membantu menjaga agar keledai tetap merasa sejuk.

21. Karena ukuran telinganya yang besar keledai yang hidup di daerah gurun mampu mendengar panggilan dari keledai lainnya hingga jarak 96 km.

22. Keledai tidak suka hujan bahkan tidak tahan jika terlalu lama berada di luar ruangan dengan kondisi hujan karena hujan dapat menganggu kesehatan keledai akibat dari bulu-bulunya yang tidak tahan air.

23. Susu hewan mamalia keledai mengandung sedikit lemak, dan mengandung asam lemak omega-3 yang bisa membantu menurunkan kolesterol.

24. Susu keledai mengandung kalsium tinggi yang nilainya hampir sama dengan ASI, sehingga cocok dikonsumsi oleh anak-anak yang alergi pada susu sapi.

25. Keledai masuk ke Inggris setelah serbuan Bangsa Romawi ke Inggris.

26. Sejak tahun 2005, keledai di Inggris telah diminta agar memiliki paspor.

27. Ada sekitar 800 ekor keledai yang bekerja di pantai Inggris, dan lebih dari 200 sudah mendapatkan lisensi di Blackpool.

28. Tentara Nigeria melarang penggunaan keledai di negara bagian Borno agar memudahkan melumpuhkan kelompok militan Boko Haram.

29. Pada tahun 2009, Colchester Borough Council berhenti membagikan karung daur ulang secara gratis setelah melihat sebuah karung daur ulang digunakan sebagai tas yang digantungkan pada pelana keledai di Spanyol.

30. Pada 1980-an, ketika Amerika Serikat pertamakali menginvasi Irak, keledai digunakan sebagai sarana bom bunuh. Dimana tentara Irak menghancurkan kamp tentara Amerika dengan menyimpan bom di hewan mamalia keledai.[]




No comments: