Ketahui 14 Fakta Menarik Tentang Cicak

Updated at : March 09, 2016
Hewan cicak atau hewan yang masuk dalam famili Gekkonidae adalah hewan reptil yang memiliki kemampuan untuk meregenerasi anggota tubuhnya lebih cepat ketika terpotong. Berikut adalah fakta menarik tentang cicak yang bisa Anda pelajari.

1. Hewan yang satu ini mampu tumbuh hingga ukuran 10cm dengan warna abu-abu atau coklat kehitaman. Jika ada yang berwarna putih, hal tersebut umumnya terjadi karena pantulan sinar matahari.

Fakta Menarik Tentang Cicak

2. Hewan yang satu ini memiliki beberapa jenis yang banyak dijumpai didalam rumah atau bangunan yang ditinggali manusia.

a. Cosymbotus platyurus. Cicak yang satu ini sering ditemukan menempel di tembok rumah dan memiliki tubuh pipih dan berekor lebar. Jika disentuh, kulit akan terasa lebih berlendir dan ada jumbai halus di bagian ekor. Ciri lain yang membedakan jenis yang satu ini dibanding jenis lain adalah lipatan kulit di sisi perut dan belakang kaki.

b. Hemidactylus frenatus. Cicak yang satu ini memiliki tubuh yang berukuran lebih kecil dari jenis cicak tembok dan yang membedakan keduanya adalah pada cicak kayu terdapat enam deret tonjolan kulit yang memanjang dari pangkal hingga ujung ekor. Selain itu, warna hewan jenis ini lebih gelap dibanding cicak yang menempel di tembok.

c. Gehyra mulilata. Hewan yang satu ini lebih kecil dibanding dua spesies diatas dengan bentuk kepala membulat dan warna kulit transparan. Hewan yang satu ini dianggap sebagai pembawa sumber penyakit ketika masuk kedalam butir nasi atau gula yang ada dalam rumah.

d. Cyrtodactylus marmoratus. Hewan yang satu in ukuran tubuhnya hampir sama dengan cicak gula dan ditemukan di area rumah.

3. Hewan yang satu ini termasuk insectivora, karena makanan utamanya adalah serangga.

4. Hewan yang satu ini memiliki pengikat lengket yang akan rusak secara perlahan ketika arah geraknya berkebalikan dari arah yang seharusnya. Selain itu, hewan ini memiliki kaki perekat yang bisa menentang gravitasi.

5. Hewan yang satu ini akan mengeluarkan kotoran dalam bentuk padat dan berbau menyengat. Hal tersebut karena cicak termasuk hewan yang mengolah terlebih dahulu kotoran yang akan dibuang hingga 4-5 kali. Setelah diolah, ada tambahan sisa urin (garam amoniak) yang membuat kotoran makin padat dan berbau saat dikeluarkan dari kloaka.

6. Pada saat hewan ini sudah melakukan regenerasi tubuh yang terpotong atau Autotomi, hewan ini akan sulit dalam membentuk tubuh sama seperti semula karena ketidaksempurnan sel yang ada.

7. Hewan yang satu ini menunjukkan penurunan kinerja organ vital ketika lama disentuh dan untuk manusia, umumnya cicak akan terlihat melemah atau lunglai saat lama disentuh.

8. Meski terkesan menjijikkan, di beberapa daerah tertentu hewan yang satu ini digunakan untuk membuat obat asma atau gangguan paru-paru, dimana spesies yang sering digunakan adalah cicak tembok atau cicak gula.

9. Hewan yang satu ini termasuk hewan yang memiliki tulang belakang, hanya saja saat Anda menyentuhnya, tulang belakang yang ada akan terasa lunak.

10. Hewan yang satu ini termasuk hewan nokturnal karena hampir sebagian besar aktivitasnya dilakukan di malam hari. Hal ini tentunya juga berhubungan dengan indera penglihatannya yang tidak terlalu bagus saat siang hari.

11. Dalam masa reproduksi, hewan jantan akan terlihat berlari cepat mengejar betina, kemudian hewan jantan akan menempelkan tubuhnya diatas hewan betina untuk melakukan pembuahan.

12. Hewan yang satu ini memiliki ukuran mata yang sangat besar dan suara yang dihasilkan juga cukup nyaring untuk berbagai tujuan.

13. Selaput yang dimiliki oleh cicak memungkinkan hewan ini untuk berenang dan bertahan hidup cukup lama saat terbawa oleh air.

14. Manifestasi terhadap hewan yang satu ini berbeda untuk beberapa kepercayaan, sebagai contoh dalam kepercayaan agama Hindu, cicak dianggap sebagai manifestasi dewi pelindung tulisan dan bicara. Sedangkan menurut kepercayaan agama Islam, hewan yang satu ini dianggap sebagai hewan berbahaya karena kotoran yang dihasilkannya dapat menimbulkan penyakit. Hal tersebut juga membuat cicak termasuk hewan yang boleh dibunuh untuk keselamatan.[]






No comments: