Mengenal Hewan Kangguru (Kanguru), Hewan Berkantung khas Australia

Updated at : March 23, 2016
Binatang yang bernama kangguru ini adalah salah satu hewan endemik yang berada di Australia. Hewan yang termasuk jenis mamalia memiliki ciri khas tersendiri. Hewan ini memiliki kantung yang berada di bagian perutnya.

Ternyata nama kangguru sendiri berasal dari bahasa Aborigin yaitu Gangguru. Aborigin adalah suku asli yang mendiami Australia. Di Australia sendiri hewan ini sangat dijaga kelestariannya. Karena tidak semua daerah terdapat hewan kangguru.

Ketika mengunjungi Australia, tentu para pengunjung tidak akan menyia - nyiakan kesempatan untuk melihat kangguru dalam wujud yang sebenarnya. Untuk hewan kangguru ini ada   tiga spesies yang bisa ditemui.
Mengenal Hewan Kangguru (Kanguru), Hewan Berkantung khas Australia
kangguru
Berikut penjelasan mengenai spesies kangguru yang ada di Australia :

1. Kangguru Merah

a. Kangguru merah ini merupakan salah satu hewan marsuplai terbesar yang ada dan masih hidup hingga kini. Jika kangguru merah ini berdiri, maka hewan ini mampu mencapai tinggi lebih dari 2 meter. Untuk beratnya sendiri pun bisa mencapai 90 kilogram.

b. Untuk kangguru dengan jenis ini biasanya bergerak dalam sebuah kelompok besar. Hewan ini juga akan tidur pada siang hari yang memiliki hawa yang paling panas. Ketika tidak ada air, maka kangguru ini akan mencari kelembapan dari tumbuhan hijau.

c. Kangguru Merah ini juga akan mulai berkembang biak jika ada hujan, dan mulai muncul tanaman baru.

2. Kangguru Abu – Abu Timur

a. Jenis kanguru ini mungkin yang sering dilihat dan diketahui orang – orang pada umumnya. Karena kangguru ini memiliki warna abu – abu. Sama seperti warna koala yang juga merupakan salah satu hewan khas Australia.

b. Kangguru Abu – abu timur ini bisa ditemukan di Australian bagian timur yang memiliki daerah yang subur.

3. Kangguru Abu – Abu Barat

a. Bukan hanya di Australia bagian timur saja yang memiliki kangguru abu – abu. Karena di Australia bagian barat pun juga ada mamalia berkantung ini yang abu – abu. Hewan mamalia berkantung ini bisa ditemukan didekat basin Sungai Darling dan pantai.

b. Hewan mamalia berkantung ini memang memiliki jumlah yang banyak. Mamalia berkantung ini hidup di hutan Eukaliptus yang terbuka dan juga hidup di daerah berumput.  Karena makanan hewan ini adalah rumput.

Fakta Menarik Tentang kangguru

1. Mengenal tentang mamalia berkantung ini tentu banyak hal yang bisa diketahui. Seperti bentuknya yang memiliki dua kaki belakang yang kuat. Karena kaki belakang ini memang digunakan untuk melompat. Karena hewan ini memang tidak berjalan seperti hewan kebanyakan pada umumnya.

2. Kecepatan melompat hewan ini mencapai 20 sampai 25 km per jam. Namun, kecepatan melompat ini bisa mencapat hingga 70 km per jam. Harapan hidup hewan mamalia berkantung ini berkisar antara 9 sampai 18 tahun.  Namun, terkadang ada juga yang hidup hingga usai 28 tahun.

3. Hewan ini memiliki keahlian dalam melompat. Karena itu jugalah hewan ini sering juga disebut sebagai hewan pelompat yang handal. Hewan ini mampu mencapai lokasi yang jauh demi bertahan hidup. Untuk bisa bertahan hidup di lingkungan hidup seperti Austalia, hewan ini mampu melompat sangat jauh.

4. Jarak yang bisa dilalui dalam satu kali lompatan ini  bisa sejauh 5 kaki atau setara dengan 8 meter. Kecepatan melompat hewan ini juga sangat menakjubkan, bisa disetarakan dengan kecepatan mobil yang sedang dikendarai.

5. Rahasia mamalia berkantung ini bisa melompat dengan jauh dan cepat ini ada pada kaki belakangnya. Kaki yang dimilikinya ini memang besar dan kuat. Sementara ukuran kaki depannya ini lebih kecil dari kaki belakang dan tidak digunakan untuk melompat.

6. Setiap hewan mamalia berkantung ini melompat, otot kaki bagian belakang akan menyimpan energi yang siap untuk digunakan untuk lompatan selanjutnya. Kekuatan yang ada pada kakinya ini juga didukung oleh kedua kaki belakang.

7. Ketika mulai melompat, kedua otot kaki belakang hewan mamalia berkantung ini mendorong tubuh hewan ini hingga mampu mencapai jarak yang jauh. Hal ini juga dibantu oleh ekornya yang memiliki peran sebagai penyeimbang.

8. Ekor hewan mamalia berkantung ini akan mulai diayunkan seperti sedang menggerakkan kaki belakangnya. Sehingga ada daya gerak yang disebut momentum yang didapatkan oleh hewan ini. Ketika kakinya direntangkan dengan maksimal, ekornya juga ikut mengarah ke bawah juga.[]





No comments: