Serba Serbi Capung, Fakta Menarik dan Informasi Lainnya

Updated at : March 08, 2016
Capung dimasukkan ke dalam bangsa serangga Odonata, dan diperkirakan telah ada di bumi ini sejak 300 juta tahun yang lalu.

Air adalah tempatnya bertelur dan tempat dimana anak-anaknya menghabiskan masa sebelum dewasa.

Ada dua jenis capung, yaitu Capung yang dikenal dengan nama Sibar-sibar lalu ada Capung Jarum.

Serangga biasanya sangat berhubungan erat dengan sesuatu menjengkelkan. Nyamuk menggigit Anda, meninggalkan bekas merah yang gatal. Lebah dan tawon menyengat. Lalat juga menjijikkan. Tapi ada sesuatu yang ajaib tentang serangga yang bernama capung.

Fakta menarik tentang capung

Mitos dan Fakta tentang Capung

1. Karena matanya yang besar dan menonjol, Capung sering dikatakan hewan jahat. Faktanya, mata capung memiliki lensa yang bersegi-segi dan mampu melihat ke samua arah sampai 360 derajat. Oleh karena itu, serangga ini sangat susah ditangkap.

2. Banyak orang mengatakan bahwa capung itu umurnya pendek, tetapi kenyataannya capung mampu hidup berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Siklus hidup capung: telur-dewasa-mati, berkisar antara enam bulan sampai tujuh tahun

3. Capung memiliki kemampuan menjahit bagian tubuh manusia. Kenyataannya, tidaklah mungkin seekor capung bisa menjahit bagian tubuh kita. Jadi hal ini adalah mitos.

4. Capung suka menyengat. Karena pada saat kawin, capung jantan menjepit ekor capung betina, maka orang mengatakan kalau capung suka menyengat.

5. Capung suka menganggu kuda dan sapi. Kenyataannya, capung beterbangan disekitar kuda untuk menangkap serangga kecil yang terdapat di dalam tubuh kuda atau sapi.

Fakta menarik tentang capung

1. Capung bisa hidup di mana saja kecuali di benua Antartika.

2. Capung memiliki dua pasang sayap yang tidak perlu dikepakkan secara bersamaan. Mereka mengepakkan sayapnya sekitar 30 perdetik.

3. Kecepatan terbang dari capung dapat mencapai 100 km/jam. Serangga ini dapat terbang lurus ke atas dan ke bawah, melayang-layang seperti helikopter.

4. Beberapa ilmuwan mempunyai teori bahwa kadar oksigen yang tinggi pada era Paleozoic membuat capung dapat tumbuh dengan ukuran rakasa.

5. Capung adalah satu dari beberapa serangga bersayap pertama yang berevolusi, sekitar 300 juta tahun yang lalu. capung pada saat ini mempunyai rentang sayap hanya dua sampai lima inci, namun fosil capung ditemukan dengan bentang sayap hingga dua kaki.

6. Capung memiliki kemampuan membedakan ultraviolet, cahaya terpolarisasi, dan cahaya warna.

7. Capung jantan sangat bersifat territorial. Mereka akan menganggap wilayah tepi kolam, tepi sungai, dan bentuk air lainnya adalah miliknya.

8. Burung adalah predator capung

9. Ketika di tahap larva, capung bisa dimakan bebek, katak, kura-kura, dan kumbang air. Capung dewasa bisa dimakan katak, ikan, laba-laba, kelelawar, kadal, dan kadang-kadang capung lainnya yang jauh lebih besar.

10. Sayap capung memiliki tekstur yang bergelombang yang gunanya untuk mendeteksi angin, dan untuk membantunya terbang dengan mudah.

11. Sayap capung bagian depan lebih panjang dari bagian belakang. Hal ini untuk memudahkan capung untuk terbang, yaitu untuk membantu kemampuan bermanuver dan kecepatannya ketika terbang.

12. Menurut para peneliti, teknologi penerbangan modern ternyata tertinggal jauh dibanding seekor capung.

13. Kerangka capung digunakan sebagai model helikopter Sikorsky yang sangat terkenal di dunia.

14. Pada kecepatan tinggi, capung kemungkinan akan bertabrakan dengan mangsanya. Tubuh lentur dari capung akan meredam guncangan dari tabrakan tersebut. Tetapi mangsa capung akan mati karena kaget akan benturan tersebut lalu capung akan dengan mudah memakannya dengan rahangnya yang sangat kuat.

15. Capung bisa melakukan perjalanan dalam satu hari sejauh 137 kilometer.

16. Kegunaan capung adalah menunjukkan kualitas air di lingkungan sekitar kita. Jika masih ada capung, berarti perairan di daerah kita relatif bersih.

Fakta tentang Capung yang jauh lebih hebat dari Helikopter

1, Helikopter adalah pesawat terbang dengan kemampuan manuver yang tinggi. Tetapi kemampuan manuver capung, jauh lebih unggul.

2. Capung dalam bermanuver lebih hebat dari helikopter karena memiliki sayap dua pasang yang diagonal.

3. Giroskop, sebuah alat yang terdapat pada helikopter akan menunjukkan pilot pada garis horison, yang akan membuat pilot tersebut mampu menentukan posisi pesawat dengan cepat. Tetapi capung telah memiliki garis horisontal maya pada posisi yang tetap, persis di depan matanya. Sehingga capung tidak memiliki masalah pada sudut berapapun ia terbang karena ia akan menempatkan kepalanya selalu sejajar dengan garis horison.

4. Helikopter masa kini memiliki sistem visualisasi yang baik, tetapi capung memiliki sistem visualisasi yang jauh lebih hebat. Capung memiliki mata mikro berjumlah 30 ribu. Semua mata mengarah ke arah yang berbeda yang akan memberikan informasi berbeda kepada otak. Lalu otak capung akan mengolah informasi-informasi tersebut seperti layaknya komputer.

5. Capung bisa menghindar dari dua bahaya sekaligus. Semisal ia akan menabrak sesuatu tetapi ia juga harus menghindar dari hewan yang memburunya. Dengan hanya satu manuver saja, ia bisa lolos dari dua bahaya.[]





No comments: