10 Fakta dan Informasi Menarik Tentang Kura Kura

Updated at : April 09, 2016
Kura-kura telah hidup di planet bumi sejak sekitar 200 juta tahun lalu, tetapi sampai saat ini masih banyak orang yang terpukau dengan struktur tulang yang dimiliki hewan ini yang menutupi hampir seluruh bagian dari tubuh kura-kura.

Tidak ada hewan jenis lain yang memiliki tempurung yang tumbuh di bagian punggungnya seperti halnya hewan ini.

Hewan ini ada yang pemakan tumbuhan atau herbivora, pemakan daging atau karnivora dan campuran atau omnivora.
10 Fakta dan Informasi Menarik Tentang Kura Kura
pixabay.com
Kura kura memiliki tulang di bagian luar tubuhnya (cangkang) yang disebut eksoskeleton. Tulang itu sangat keras untuk perlindungan dari reptil lain.

Jangan salah loh, kura kura, bulus dan penyu itu berbeda walaupun dalam 1 keluarga yang sama dan yang paling mencolok pada perbedaannya adalah habitat yang mereka sukai berikut ini saya jelaskan perbedaannya.


  • Kura kura walaupun bisa hidup di darat dan di air tetapi dia lebih menyukai daratan daripada di air
  • Penyu banyak menghabiskan di air daripada di daratan. Bahkan penyu betina ke daratan hanya untuk bertelur saja. Makanya penyu bisa dibilang kura kura laut.
  • Bulus lebih suka menghabiskan waktunya di air tawar daripada di daratan
  • Kalau di bedakan dari bentuk kaki
  • Kura kura mempunya bentuk kaki untuk berjalan di daratan saja dan juga mempunyai kuku kuku yang sangat tajam. Dia tidak mempunyai sirip untuk berenang. Dia berenang hanya untuk mendinginkan badannya saja.
  • Penyu dan bulus mempunya bentuk kaki sirip yang digunakan untuk berenang dengan bebas di lautan.


Setelah mengetahui perbedaan antara kura kura, penyu dan bulus, kita akan mengulik fakta fakta unik seputar kura kura yuk.

1. Kura kura adalah mahluk purba. Dia sudah ada sejak 200 juta tahun lalu loh bedanya kura kura pada zaman dulu memiliki bentuk gigi yang tajam dan panjang. Kura kura zaman dulu juga tidak bisa memasukkan kepalanya ke dalam cangkang.

2. Kura kura hidup di seluruh benua bumi ini kecuali benua antartika yang memang sangat dingin.

3. Kura kura memiliki indra penciuman yang sangat tajam serta memiliki indra penglihatan yang juga baik sekali.

4. Hewan ini bisa hidup lama daripada manusia yaitu sekitar 150 tahun sedangkan manusia saja kira kira hanya sampai 60 tahun. lama juga ya hidup kura kura ini.

5. Tempurung kura-kura terdiri dari 50 tulang, dimana tulang rusuk, tulang bahu serta tulang belakang yang menyatu bersama-sama dan membentuk tempurung eksternal(luar) yang keras terbuat dari protein berserat yang disebut keratin.

6. Berdasarkan hasil penelitian, tempurung kura-kura bisa memberi petunjuk tentang cara hidupnya. Tempurung yang keras pada hewan ini yang hidup di darat dimana bentuknya yang membulat kubah menyulitkan predator mereka yang ingin menghancurkan tempurung hewan ini. Namun, ada beberapa spesies kura-kura di benua Afrika diketahui mempunyai tempurung yang lebih lentur serta datar yang membuat mereka mudah bersembunyi diantara batu-batuan.

7. Khusus kura kura yang berkepala panjang memiliki bobot kira kira 20 kg saja. Dan untuk kura kura leher panjang dewasa bisa tumbuh sampai 3 kaki panjangnya.

8. Biasanya kan kura kura memakan buah buahan ya, kalau spesies kura kura hijau memakan tumbuhan. Tumbuhannya itu biasanya rumput laut.

9. Kura kura dapat merasakan gelombang padahal kan kura kura tidak memiliki telinga ya.

10. Pada bahasa inggris kura kura yang hidup di laut disebut turtle dan kura kura yang hidup di daratan disebut tortoise. Perbedaan yang mencolok terdapat pada kakinya kalau kura kura laut memiliki sirip kalau yang darat tidak.

Pada saat ini sedang gempar gemparnya kura kura yang dijadikan hidangan untuk kita makan. Di china banyak yang jual kura kura brazil untuk di konsumsi bagi masyarakat sana. Mereka dimasukkan ke dalam plastik dan di bungkus dengan plastik kedap udara.

Kadang pula dijadikannya souvenir gantungan kunci dan diawetkan karena penduduk sana mempercayai bahwa kura kura adalah hewan pembawa keberuntungan. Para peneliti hewan mengecam keras akan hal ini.

Karena hal itu adalah bentuk penyiksaan binatan yang dilarang. Apalagi kalau yang di bunuh kura kura atau penyu yang memang habitatnya sudah hampir punah. Tentu sangat tidak diperbolehkan.
Untuk itu kita juga harus berperan dalam bentuk lain agar populasi kura kura, penyu, dan bulus tetap terjaga. Salah satunya membuang sampah jangan ke laut, jaga lingkungan dengan baik dan jangan sampai pembunuhan hewan secara liar ya.

Dan jangan lupa ya untuk membantu habitat kura kura agar tetap terjaga dari tangan tangan yang tidak bertanggung jawab serta aktif untuk menghimbau pemerintah untuk menjaga dan merawat ekosistem laut.





No comments: