14 Fakta dan Informasi Menarik Tentang Kuda Laut Yang Perlu Diketahui

Updated at : April 06, 2016
Kuda laut adalah spesies ikan yang hidup di laut, dari kelompok hippocampus dan golongan syngnathidae.

Kuda laut memiliki ukuran tubuh yang bervariasi antara 16 mm (spesies hippocampus), pada spesies lain ukuran kuda laut ini bisa mencapai 35 cm (spesies syngnathidae).

Sirip punggung (sirip dorsal) kuda laut terdapat pada bagian bawah, sedangkan sirip yang digunakan untuk bergerak (sirip pektoral) terletak pada bagian kepala, tepatnya didekat insang.

Warna kuda laut untuk beberapa spesies berwarna transparan sehingga sulit untuk dilihat, dan beberapa spesies lainnya warna dari kuda laut ini berwarna coklat alami, campuran coklat dan abu-abu, dan juga hitam pekat.
14 Fakta dan Informasi Menarik Tentang Kuda Laut Yang Perlu Diketahui
Kuda Laut
Karena penangkapan yang berlebihan, kini populasi dari kuda laut menjadi terancam. Kuda laut dimanfaatkan untuk obat tradisional.

Dan hampir 20 juta kuda laut telah ditangkap pada setiap tahunnya untuk keperluan obat tradisional ini.

Kuda laut yang dikeringkan akan menjadi obat tradisional untuk segala macam penyakit, seperti penyakit kulit, gangguan pencernaan, gangguan pernafasan, peradangan, penyakit syaraf hingga gangguan fungsi otak.

Kuda laut terdapat pada perairan tropis  dan menengah atau sedang diseluruh dunia.

Di Indonesia sendiri sudah ditemukan 9 jenis dari kuda laut ini, yang bisa ditemukan secara luas di perairan laut Indonesia.

Pada saat sekarang ini sudah banyak yang melakukan budidaya kuda laut ini, karena kuda laut mempunya nilai ekonomis yang sangat tinggi, sehingga banyak sekali yang ingin melakukan budidaya kuda laut ini,

Fakta Menarik tentang Kuda laut

1. Kuda laut adalah ikan, hal ini menjadi perdebatan yang lama antara ahli laut, fakta kuda luat adalah ikan, karena merka bernafas dengan menggunakan insang.

2. Spesies kuda laut ada sekitar 53, menurut data dari national geographic. Kuda laut ini terdiri dari berbagai macam ukuran dari 0.6 inci sampai dengan 14 inci atau sekitar 1,5 cm sampai dengan 35 cm.

3. Kuda laut adalah perenang yang buruk, satu-satunya jenis ikan yang buruk dalam hal berenang adalah kuda laut. Hal ini disebabkan karena bentuk tubuhnya yang aneh tegap lurus.

4. Kuda laut ahli kamuflase, dengan bentuk tubuh dan warna yang berbeda dari binatang laut lainnya, kuda laut mampu menyamarkan diri dengan lingkungan sekitarnya dengan baik.

5. Kuda laut mempunyai baju zirah, dengan bentuk tulang yang cenderung kotak dan mempunyai tulang yang cukup kompleks, kuda laut adalah salah satu ikan yang mempunyai baju zirah terbaik.

6. Perut kuda laut tidak ada, dengan tidak adanya perut pada kuda laut ini, kuda laut menjadi hewan yang sangat rakus. Karena makanan yang dimakan hanya lewat saja.

7. Kuda laut tidak mempunyai gigi, makanan dari kuda laut ini adalah zooplankton dan udang kecil atau sejenis udang rebon. Dengan makanan seperti ini maka guna laut tidak mempunyai gigi.

8. Kuda laut adalah hewan yang setia, menurut para peneliti kuda laut, kuda laut hanya hidup dengan satu pasangan saja, dan hampir berhubungan sepanjang tahun.

9. Kuda laut jantan yang melahirkan, hal ini disebabkan karena kuda laut betina memasukkan telur kedalam kantung yang terdapat pada dada kuda laut jantan, dan akan dibuahi selama 10 hari sampai dengan 6 minggu.

10. Sekali pembuahan akan menghasilkan ribuat telur, alhasil pada saat dilahirkan jumlah kuda laut kecil bisa mencapai ribuan.

11. Kuda laut dalam ancaman kepunahaan, karena kuda laut yang dianggap mempunyai khasiat yang sangat baik, maka kuda laut diburu dan kemudian dijadikan obat tradisional.

12. Kuda laut bergerak secara vertikal, cara bergerak kuda laut sangat berbeda dengan hewan laut lain yang begerak horizontal.

13. Kuda laut kecil sangat mandiri, sangat berbeda dengan hewan laut lainnya, kuda laut kecil sudah bisa melindungi diri sendiri dari mangsa predator dan mencari makanan untuk dirinya sendiri.

14. Kuda laut mempunyai mata yang bisa melihat arah berlawanan, fungsi dari mata kuda laut ini adalah agar dapat digunakan untuk melihat makanan dan ancaman dari mangsa predator.




No comments: