14 Fakta Menarik Mengenai Kelinci yang Perlu Kamu Ketahui

Updated at : April 03, 2016
Kelinci adalah binatang yang biasanya dipelihara sekitar rumah. Jenis mamalia ini memiliki ciri-ciri berupa gigi yang tonggos dan memiliki telingga yang panjang.

Sedikit informasi untuk Anda bahwa kelinci ini merupakan jenis mamalia dari keluarga Leporidae.

Ketika dibagi mengenai jenisnya kelinci dibagi menjadi dua jenis yaitu kelinci hias dan kelinci yang digunakan untuk konsumsi. Sedangkan apabila dibedakan menurut bulunya akan dibedakan menjadi bulu panjang dan pendek.

Apabila saat biasa bulu yang ada ini akan terlihat putih ke kuning namun pada saat musim dingin maka akan berupa menjadi kelabu. Pada awalnya hewan ini dikenal sejak Belanda datang ke Indonesia kurang lebih pada tahun 1835.

Masa hidup hewan ini kurang lebih lima hingga sepuluh tahun. Ada banyak sekali orang yang menyukai kelinci dan menjadi penggemar hewan ini.Berikut ini akan disajikan beberapa fakta menarik mengenai kelinci yang perlu untuk Anda ketahui.
14 Fakta Menarik Mengenai Kelinci yang Perlu Kamu Ketahui
kelinci
14 Fakta menarik mengenai kelinci adalah

1. Kelinci merupakan jenis hewan dari kelas Lagomorphs. Jenis hewan ini bukan termasuk dari jenis hewan Rodensia atau pengerat.

2. Ada banyak orang yang mengatakan bahwa memegang kelinci dari telingganya. Namun pada faktanya memegang kelinci disarankan memang bukan dari telingganya. Hal ini karena bagian telinga sangat sensitif dan sangat berhubungan dengan urat syaraf yang terdapat didalamnya. Dengan demikian apabila Anda menariknya terlalu keras maka akibatnya kelinci dapat dengan mudah stress. Apabila sudah seperti ini maka dikhawatirkan akan sakit dan mati.

3. Dibandingkan dengan manusia pendengaran kelinci lebih tajam. Jenis hewan ini akan dengan mudah mengetahui apa yang berada di belakang tubuhnya. Dengan demikian kelinci tidak perlu memutar kelapanya untuk mengetahui asal suara tersebut.

4. Gigi kelinci memang sangat tajam dan fantastis. Jumlah giginya ada dua puluh delapan untuk makan. Hal ini terbukti dari giginya yang dapat mengunyah makanan sebanyak seratus dua puluh kali permenit. Dengan demikian kelinci akan makan dengan cepat.

5. Tak hanya manusia, faktanya kelinci bisa terkena penyakit oesteoporosis atau pengeroposan tulang. Terlebih apabila kelinci tersebut tidak bergerak selama satu hari. Untuk itu kelinci akan bergerak selama empat jam untuk menghindari terjadinya pengeroposan tulang atau oesteoporosis.

6. Biasanya kita akan memberikan sayuran yang masih segar dan baru kepada kelinci untuk makanannya. Namun tahukah Anda bahwa faktanya kelinci lebih suka sayuran yang layu dibandingkan dengan yang masih segar.

7. Ketika kelinci ingin kawin harus dilakukan pada jam yang dingin. Hal ini akan mempengaruhi keberhasilan perkawinan kelinci tersebut. Untuk itu bisa dikatakan bahwa kelinci tersebut dapat dapat berdapatkan dengan lingkungannya. Perkawinan kelinci terjadi pada jam 6-8 pagi dam 6-8 malam.

8. Kelinci sanggup untuk melahirkan hingga empat puluh kali kelahiran dalam waktu satu tahun. Bayi kelinci yang dilahirkan kurang lebih dari 20 hingga 40 bayi kelinci setiap tahunnya. Maka dari itu populasi kelinci ini sangat tinggi yang sering disebut hewan mamalia yang memiliki kecepatan populasi paling tinggi.

9. Hewan kelinci ni dapat membuat suara yang mirip dengan kucing. Dengan demikian bisa menjadi obat penghilang stress saat aktifitas kantor yang banyak dan padat.

10. Dalam satu hari kelinci hanya membutuhkan waktu kurang lebihnya lima menit untuk memberikan makanan dan juga menyusui anaknya.

11. Untuk kotoran kelinci juga sangat bermanfaat. Banyak orang yang menggunakannya sebagai pupuk pada tanaman. Sehingga tanaman menjadi tumbuh dengan subur dan memiliki perkembangan yang cepat. Hal ini dinamakan sebagai pupuk kandang alami.

12. Kelinci memang senang tinggal di tempat yang sejuk. Hal ini karena kelinci ini mudah terkena heat stroke.

13. Fakta yang ada apabila kelinci adalah hewan yang tidak bisa muntah.

14. Pada anak kelinci akan tidur lebih lama dan baru bangun ketika sudah dibangunkan oleh induknya. Biasanya induknya akan menyembunyikan anak-anaknya pada semak-semak. Tujuannya untuk melindungi mereka dari adanya predator. Sehingga anak kelinci tidak mudah di mangsa oleh predator yang berusaha untuk memangsanya.[]





No comments: