25 Fakta Menarik Tentang Kucing, Si Hewan Lucu dan Menggemaskan

Updated at : April 06, 2016
Kucing adalah salah satu hewan yang kerap dijadikan peliharaan oleh manusia.

Selain lucu, kucing ini pun terbilang cukup mudah untuk di jinakkan.

Kucing pun memiliki banyak sekali hal positif yang bisa menjadi penenang dikala pemiliknya sedang dalam keadaan frustasi.

Namun, sebagai pemelihara dan pecinta kucing, tahukah Anda tentang fakta-fakta dibalik hewan kucing?
25 Fakta Menarik Tentang Kucing, Si Hewan Lucu dan Menggemaskan
Kucing
Berikut beberapa fakta menarik tentang hewan kucing:

1. Kucing diketahui sebagai salah stau hewan yang memiliki mata paling besar dibandingkan hewan mamalia lain yang memiliki ukuran sama,

2. Mata dari hewan ini memiliki kualitas yang sangat baik, walaupun tidak bisa melihat secara total di kegelapan, namun hewan ini memiliki tapetum yang berfungsi sebagai penguat cahaya yang masuk ke dalam retina.

3. Cakupan pandangannya bisa mencapai 185 derajat.

4. Indra penciuman pada binatang ini jauh lebih baik dari pada manusia, dimana manusia hanya memiliki sekitar 5 sampai 20 juta sel ofactory, sedangkan kucing memiliki 20 sampai 80 juta sel ofactory.

5. Denyut nadi yang terjadi pada kucing bisa sekitar 110 sampai 170 kali denyutan, yang bisa anda rasakan di bagian paha belakang, yaitu tepatnya pada bagian sendi.

6. Hewan ini memiliki 30 ruas belakang, yaitu 5 kali lebih banyak dari pada ruas belakang yang dimiliki oleh manusia.

7. Hewan ini memiliki 230 tulang yaitu sekitar 24 kali lebih banyak dari pada manusia.

8. Hewan ini tidak memiliki collarbone, dimana dalam hal ini memungkinkan kucing bisa masuk ke dalam ruang yang sebesar kepalanya.

9. Hewan dengan jenis ini adalah hewan yang sangat lentur, dimana kakinya bisa diputar ke segala arah dan bagian setengah badannya bisa diputar ke arah yang berlawanan dengan sebagian badan lainnya.

10. Dibandingkan dengan manusia ataupun anjing, hewan yang satu ini memiliki pendengaran yang jauh lebih sensitif, dimana manusia memiliki batas pendengaran 20 Khz, sedangkan kucing bisa mencapai batas 80 Khz.

11. Sidik pada bagian hidung dari hewan ini memiliki cirri yang khas dari setiap mahkluknya, sehingga setiap kucing tidak mungkin memiliki permukaan hidung dengan sidik yang sama.

12. Hewan ini terbilang sebagai hewan yang mencintai lawan jenis lebih dari hewan apapun, dimana hal ini dibuktikan dengan kucing merespon panggilan betinanya lebih baik dari pada hewan jantan lainnya.

13. Beberapa orang diketahui alergi pada kucing, namun pada faktanya sesuatu pada kucing yang bisa menyebabkan alergi adalah hanya pada air liurnya saja.

14. Beberapa penelitian menunjukan hasil bahwa tekanan darah manusia bisa diturunkan, salah satunya adalah dengan mengelus-ngelus hewan ini.

15. Hewan jenis ini dengan keadaan yang sehat, rata-rata bisa hidup sekitar 15 sampai 20 tahun lamanya.

16. Hewan ini bisa menarik nafas sekitar20 sampai 40 kali setiap menitnya.

17. Suhu badan pada hewan ini yang normal berkisar sekitar 38.8 derajat Celcius.

18. Kucing kampung diketahui bisa berlari lebih cepat dari kucing kota, yaitu bisa sampai batas 31 Mil per jam.

19. Sistem syaraf pada hewan ini terbilang sebagai sistem yang paling sensitive.

20. Kelebihan lainnya yang dimiliki hewan jenis ini adalah bahwa hewan ini bisa melompat 5 kali lebih tinggi dari pada tinggi badannya.

21. Di beberapa Negara, suara kucing dituliskan secara berbeda seperti “Meong” di Indonesia, “Meow” di Amerika, “Miaw” di Inggris dan “Nya” di Jepang.

22. Hewan ini adalah hewan yang sangat suka dengan kebersihan dirinya sendiri, yaitu mereka memandikan tubuh mereka dengan menjilati dengan air liur mereka sendiri dan terkadang kucing pun mengeluarkan racun pada tubuh mereka dengan memuntahkan hair ball.

23. Hewan ini diketahui sebagai hewan yang menyimpan tenaganya dengan tidur secara berkala yang apabila dijumlahkan jumlah tidur dari kucing bisa mencapai 12 sampai 16 jam setiap harinya.

24. Sir Isaac Newton, selain terkenal akan temuannya tentang teori gravitasi, ternyata Newton pun adalah penemu dari pintu kucing yang biasanya terdapat di bagian depan rumah pemiliknya.

25. Ekor dari hewan ini ternyata berguna sebagai penyeimbang dikala mereka berlari ataupun melompat.






No comments: