29 Informasi & Fakta Menarik Tentang Kuda Nil, Mamalia dari Keluarga Hippopotamidae

Updated at : April 06, 2016
Kuda nil adalah salah satu hewan yang berukuran sangat besar.

Karena habitatnya yang jauh dari kehidupan manusia, banyak orang yang belum tahu persis tentang hewan yang satu ini.

Jika di lihat hewan ini memiliki tampang yang garang dan menakutkan tetapi satwa ini merupakan hewan pemakan tumbuhan dan terkadang juga memakan hewan kecil.

Berikut beberapa fakta tentang kuda nil:
29 Informasi & Fakta Menarik Tentang Kuda Nil, Mamalia dari Keluarga Hippopotamidae
Kuda Nil
1. Hewan kuda nil adalah hewan yang berat badannya jauh lebih besar dari pada ukuran tubuhnya.

2. Kuda nil ini adalah hewan terberat kedua setelah gajah.

3. Dalam masa pertumbuhannya, hewan ini bisa mencapai tinggi sampai 2 meter dan panjang 4 sampai 6 meter.

4. Hewan ini pun bisa mempunyai berat badan sampai 2000 Kg.

5. Hewan ini sebenarnya adalah hewan asli dari benua Afrika, namun kini sudah bisa ditemui hampir di setiap daerah.

6. Hewan ini memiliki hobi yaitu berendam di dalam air, yang dengan tujuan untuk membuat tubuhnya selalu terasa dingin.

7. Hewan ini bukanlah tipe hewan yang bisa hidup sendiri, melainkan selalu hidup secara berkelompok.

8. Warna kuda nil bisa berubah dari abu-abu menjadi warna merah muda yaitu pada saat mereka berendam di dalam air, dan perubahannya terlihat pada kulit di bagian tubuh mereka.

9. Kuda nil bisa menghabiskan harinya penuh di dalam air dan hal inilah yang membuat hewan ini disebut sebagai hewan yang malas, padahal nyatanya mereka banyak berendam di dalam air adalah demi kebutuhan mereka sendiri.

10. Lubang anus pada hewan yang satu ini sangatlah kecil, sehingga sering kali kuda nil mengeluarkan gas dari mulutnya.

11. Dengan muka yang buas dan gigi yang tajam, ternyata hewan ini bukanlah karnivora, melainkan herbivore.

12. Pejantan pada hewan jenis ini kerap kali bertengkar hanya demi memperebutkan satu wanita saja.

13. Betina yang sedang mengalami perkembang biakan hanya bisa melahirkan 1 sampai 2 anak saja.

14. Dengan tingkat kelahiran yang kecil, kuda nil ini memiliki umur yang sangat panjang sehingga populasinya masih sangatlah banyak.

15. Umur dari hewan yang satu ini bisa sampai lebih dari 50 tahun, dan hal ini lah yang membuat hewan ini termasuk dalam kategori hewan yang bisa hidup dalam waktu yang lama.

16. Demi melindungi kulitnya yang tebal saat mereka berendam, hewan ini seringkali melindungi tubuhnya dengan melumuri lumpur di sepanjang tubuhnya.

17. Lumpur yang digunakan oleh kuda nih, digunakan sebagai pelindung dari serangan hewan-hewan yang tinggal di dalam air.

18. Hewan ini mencari makan hanya disaat senja sudah tiba, dan dia lebih memilih untuk berendam di dalam air di waktu-waktu lainnya.

19. Kuda nil sering kali melemparkan cairan urin kepada kawan-kawannya ketika sedang bermain di lumpur.

20. Hewan yang satu ini menanda daerah yang sudah mereka kuasai dengan membuang kotoran sebanyak mungkin di daerah tersebut.

21. Hewan ini mempunyai ciri khas tubuh yang besar, mulut serta gigi yang sangat besar, empat kaki yang pendek serta gemuk, dan tubuh yang hampir tidak memiliki rambut.

22. Kuda nil senang sekali memakan rumput, buah-buahan dan juga sayur-sayuran, dan tidak memangsa mamalia lain sama sekali.

23. Adapun hewan ini memakan hewan lainnya, yaitu hanya bangkai hewan yang sudah mati, itu pun jarang sekali terjadi dan apabila terjadi hanya pada hewan-hewan kecil saja.

24. Hewan ini memiliki kemampuan berenang yang cukup hebat dikarenakan kuda nil bisa menahan nafas dalam waktu lama dan juga karena kebiasaannya yaitu berendam di dalam air.

25. Hewan ini membutuhkan makan sampai 50 Kg untuk sekali makannya, dan biasanya hewan ini mencari makan sampai 3 Km dari teritori tempat mereka sering berendam di dalam air.

26. Apabila kuda nil sudah merasa kenyang, mereka akan kembali menghabiskan waktu di dalam air hingga senja kembali datang.

27. Karena kemiripannya dengan hewan gajah, gigi dari kuda nil kini kerap diburu sebagai pengganti gading gajah, dan daging pada hewan ini pun masih diburu untuk dikonsumsi oleh para manusia.

28. Meskipun memiliki tubuh yang sangat besar, kaki yang pendek dan juga badan yang sangat berat, hewan ini diketahui bisa berlari sampai dengan kecepatan 30 Km / jam apabila mereka sedang memburu makanan.

29. Kondisi lapar pada tubuh kuda nil lah yang mempengaruhi kecepatan mereka disaat berlari dan memburu makanan.[]





No comments: