Inilah 10 Sungai Terpanjang di Indonesia Yang Perlu Kamu Ketahui

Updated at : April 15, 2016
10 Sungai Terpanjang di Indonesia – Indonesia adalah sebuah negara yang memiliki kekayaan alam yang melimpah, salah satu dari banyak kekayaan alamnya adalah sungai. Indonesia mempunyai ribuan sungai yang tersebar di seantero wilayah dari sabang sampai merauke dengan panjang yang beragam. Dari ribuan sungai ada beberapa sungai yang terkenal karena memiliki panjang yang diatas rata-rata. Ada beberapa sungai yang mempunyai panjang melebihi ukuran sungai yang lain yang dimana sungai-sungai tersebut menjadi sarana transportasi utama bagi masyarakat sekitar tempat sungai itu berada.

Selain sebagai sarana transportasi sungai juga memiliki peranan-peranan lain yang tidak kalah penting bagi kehidupan manusia, Pada saat ini pemanfaatan sungai lebih banyak dan luas serta mampu memberikan manfaat yang lebih banyak bagi masyarakat di sekitarnya. Beberapa pemanfaatan aliran sungai yaitu dipakai untuk pembangkit listrik tenaga air atau PLTA, lokasi budidaya ikan dan menjadi sumber air bagi para petani.
Sungai Terpanjang di Indonesia
print.kompas.com
Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai ribuan pulau dan banyak sekali sungai yang tersebar di pulau-pulau kecil dan besar seperti Kalimantan, Sulawesi, Jawa dan Sumatra. Dari banyak sungai yang ada di Indonesia ada beberapa yang mempunyai ukuran yang paling panjang, Sungai yang paling panjang di Indonesia adalah Sungai Kapuas, Sungai ini terletak di Pulau Kalimantan yang memiliki panjang kurang lebih 1.143 km. Sungai ini berawarl dari Pengunangan Muller dan bermuara ke Selat Karimata, Sungai ini melewati banyak wilayah di Provinsi Kalimantan Barat sehingga sungai ini dijadikan sebagai salah satu jalur Transportasi yang penting bagi penduduk di sana.

Daftar 10 Sungai Terpanjang di Indonesia


Berikut ini merupakan daftar Sungai-sungai dengan ukuran Terpanjang di Indonesia beserta ukuran panjangnya serta lokasi dimana sungai tersebut berada.


1. Sungai Kapuas


Sungai terpanjang di Indonesia yang pertama yaitu sungai Kapuas, Sungai Kapuas atau Sungai Kapuas Buhang atau Batang Lawai adalah sungai yang terletak di Kalimantan Barat. 

Nama sungai ini diambil dari nama daerah Kapuas (saat ini Kapuas Hulu) sehingga nama sungai yang mengalir dari Kapuas Hulu sampai muaranya disebut dengan sungai Kapuas, namun Kesultanan Banjar menyebut sungai ini dengan Batang Lawai yang mengacu pada nama daerah Lawie atau Lawai (saat ini Kabupaten Melawi) sehingga nama sungai yang mengalir dari Kabupaten Melawi sampai muaranya di sekitar kota Pontianak disebut dengan Sungai/Batang Lawai.

Sungai ini merupakan habitat dari lebih 700 jenis ikan dengan sekitar dua belas jenis ikan langka serta empat puluh jenis ikan yang terancam punah.

Panjang Sungai : 1.143 kilometer
Mata Air            : Pengunungan Muller
Hilir                   : Selat Karimata
Lokasi                : Pulau Kalimantan (Provinsi Kalimantan Barat)
Keterangan        : Sungai Terpanjang di Pulau Kalimantan dan Sungai paling panjang di Indonesia.

Baca juga 17 Fakta dan Informasi Menarik Tentang Sungai Gangga.


2. Sungai Mahakam


Mahakam adalah sebuah nama dari sungai paling besar di provinsi Kalimantan Timur memiliki muara di Selat Makassar. Sungai yang memiliki panjang sekitar 920 km ini melintasi banyak wilayah yaitu Kabupaten Kutai Barat di bagian hulu, Kabupaten Kutai Kartanegara serta Kota Samarinda di hilir. Di sungai ini hidup spesies langka dan terancam punah mamalia ikan air tawar yaitu Pesut Mahakam.

Panjang Sungai : 920 kilometer
Hilir                   : Selat Makasar
Lokasi                : Pulau Kalimantan (Provinsi Kalimantan Timur)
Keterangan        : Sungai Terpanjang kedua di Pulau Kalimantan


3. Sungai Barito


Sungai besar yang berhulu dinkaki pegunungan Muller dan muaranya berada di Laut Jawa, panjang Sungai Barito sekitar 909 km, dengan lebarnya antara 650 meter sampai dengan 1000 meter yang menjadikan Barito sebagai salah satu sungai terbesar di Indonesia.

Panjang Sungai : 909 kilometer
Mata Air           : Pengunungan Muller
Hilir                  : Laut Jawa
Lokasi               : Pulau Kalimantan (Provinsi Kalimantan Tengah dan Provinsi Kalimantan Selatan)
Keterangan        : Sungai Terpanjang ketiga di Pulau Kalimantan


4. Sungai Batanghari


Sungai terpanjang di indonesia selanjutnya yaitu sungai Batanghari yang terletak di Pulau Sumatera. Ia mempunyai panjang sekitar  800 kilometer. Sungai batanghari ini melewati Provinsi Sumatera Barat serta Jambi.

Sungai ini berawal dari mata air di Gunung Rasan kemudian bermuara di Laut Cina Selatan. Sungai ini terkenal sebagai sungai yang bersejarah bagi masyarakat di Sumatra Barat karena ia merupakan saksi dari kejayaan kerajaan Sriwijaya.

Panjang Sungai  : 800 kilometer
Mata air               : Gunung Rasan
Hilir                       : Muara Sabak (bagian Timur Pulau Sumatera)
Lokasi                   : Pulau Sumatera (Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Jambi)
Keterangan        : Sungai terpanjang di Pulau Sumatera

Baca jugaFakta dan Informasi Menarik Tentang Sungai Nil.


5. Sungai Musi


Sungai ini adalah ikon dari kota Palembang. Sungai ini menempati posisi kelima sebagai sungai terpanjang di Indonesia. Musi ini mempunyai panjang 750 kilometer. Berawal dari mata air di Kepahiang kemudian bermuara di Selat Bangka.

Panjang Sungai : 750 kilometer
Mata air               : Daerah Kepahiang, Bengkulu
Hilir                        : Daerah Sungsang (bagian Timur Pulau Sumatera)
Lokasi                    : Pulau Sumatera (Provinsi Sumatera Selatan)
Keterangan        : Sungai terbesar kedua Pulau Sumatera


6. Sungai Mamberamo


Sumber air sungai mamberamo berasal dari pertemuan beberapa anak sungai utama, yaitu Tariku, Van Daalen serta Taritatu. Air kemudian mengalir menuju arah utara melewati lembah Pegunungan Van Rees untuk mencapai bagian delta yang berawa di dataran rendah. Sungai ini kemudian bermuara di Samudra Pasifik di titik utara Tanjung D'Urville.

Panjang Sungai : 670 kilometer
Mata air               : Pertemuan beberapa anak sungai (Sungai Tariku, Van Sungai Daalen, Sungai Taritatu)
Hilir                       : Samudera Pasifik
Lokasi                   : Pulau Papua (Provinsi Papua)


7. Sungai Begawan Solo


Sungai bengawan solo dikagumi masyarakat di seluruh dunia khususnya dari negara Jepang karena terinspirasi dari lagu keroncong ciptaan Gesang memiliki judul sama, yaitu Bengawan Solo.

Panjang Sungai : 548 kilometer
Mata air               : Gunung Lawu
Hilir                       : Laut Jawa
Lokasi                  : Pulau Jawa (Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Jawa Timur)
Keterangan        : Sungai Terpanjang di Pulau Jawa


8. Sungai Digul


Sungai ini memiliki panjang sekitar 525 kilometer dan bermata air di pegunungan maoke bermuara di laut arafuru, sungai ini terletak di pulau papua.

Panjang Sungai : 525 kilometer
Mata air               : Pengunungan Maoke
Hilir                        : Laut Arafuru
Lokasi                   : Pulau Papua


9. Sungai Indragiri


Batang Kuantan merupakan sungai yang disebut juga dengan Sungai Indragiri karena di bagian muara dari sungai ini yaitu pada kawasan kabupaten Indragiri Hilir.

Panjang Sungai : 500 kilometer
Mata Air               : Danau Singkarak
Hilir                        : Pantai Timur Sumatara
Lokasi                   : Pulau Sumatera (Provinsi Riau)


10. Sungai Seruyan


Sungai Seruyan merupakan sebuah sungai yang mengalir melewati Kabupaten Seruyan, provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia. Seruyan yang mengalir dari utara ke selatan serta memiliki muara di Laut Jawa ini mempunyai panjang sekitar 350 kilometer, seruyan mempunyai kedalaman rata-rata 6 meter dan lebar rata-rata 300 meter.

Panjang Sungai : 350 kilometer
Mata Air               : Bagian Utara Provinsi Kalimantan Tengah
Hilir                        : Laut Jawa
Lokasi                   : Pulau Kalimantan (Kalimantan Tengah)

Demikian ulasan singkat mengenai sungai terpanjang di Indonesia, semoga informasi ini bisa menambah wawasan kamu semua.[]




No comments: