10 Fakta dan Informasi Menarik Mengenai Ikan Lele

Updated at : April 13, 2016
Ikan lele juga sering disebut dengan ikan keli merupakan salah satu jenis ikan yang hidup di air tawar. Ikan ini memiliki nama latin Clarias Sp. Lele cukup mudah dikenali karena bentuknya yang berbeda dari ikan pada umumnya.

Lele memiliki tubuh yang licin, berbentuk pipih serta memanjang, binatang air ini juga memiki kumis panjang di bagian kepalanya. Kumis tersebut mencuat di bagian sekitar daerah mulut lele. Lele tidak memiliki sisik seperti ikan pada umumnya.

Memiliki sirip anus serta sirip punggung yang memanjang, yang terkadang menyatu dengan sirip ekornya. Kepalanya sangat keras dengan mulut yang cukup lebar, serta mata yang sangat kecil.
Fakta dan Informasi Menarik Mengenai Ikan Lele
pixabay
Ikan ini juga memiliki 4 pasang barbels atau disebut dengan sungut perba yang berfungsi untuk bergerak di dalam air yang gelap. Lele ternyata juga memiliki alat pernapasan tambahan yakni dari modifikasi busur insang lele tersebut.

Ikan lele juga memiliki patil, yang merupakan duri pada sirip dadanya. Patil tersebut merupakan duri tulang tajam. Beberapa orang percaya bahwa patil tersebut beracun. Racun tersebut dapat menyebabkan orang menjadi panas tinggi.

Habitat atau tempat tinggal ikan lele pada umumnya di air yang menggenang serta tenang seperti aliran sungai yang tenang, rawa-rawa, genangan sawah serta waduk. Namun ternyata ikan ini juga dapat hidup pada air yang sudah tercemar.

Air tercemar tersebut misalnya selokan, got-got, air dari limbah pembuangan kotoran. Sehingga belakangan ini beredar kabar bahwa lele berbahaya untuk di makan karena mengandung zat yang memicu pertumbuhan sel kanker.

Benarkah kabar tersebut? Sampai saat ini belum ada penelitian yang menyebutkan jika memakan ikan lele dapat memicu kanker. Karena hal tersebut tergantung perawatan ikan tersebut. Jika dirawat pada air yang bersih dan diberikan makan yang baik maka tentu aman memakan ikan ini.

Berikut beberapa fakta unik mengenai Ikan Lele :

1. Merupakan ikan yang memiliki sifat nokturnal, sehingga dia akan aktif bergerak di malam hari untuk mencari makan dan pada siang hari lele akan lebih diam dengan bersembunyi di tempat-tempat yang gelap.

2. Selain dapat dikonsumsi sebagai makanan, di Iran, Irak serta beberapa daerah timur tengah lain, lele dimanfaatkan menjadi salah satu jenis ikan hias.

3. Ikan ini mengandung lemak serta protein yang baik untuk tubuh, khususnya bagi ibu hamil. Karena daging lele baik bagi pertumbuhan janin bayi dalam kandungan.

4. Ikan lele ternyata memiliki hari nasional yakni pada tanggal 25 Juni. Hal ini karena pada tanggal tersebut di tahun 1987, merupakan hari untuk memperingati kebangkitan peternak lele di Amerika Serikat. Hari Nasional Ikan Lele itu ditetapkan sendiri oleh Presiden AS kala itu yaitu Ronald Reagan.

5. Terkadang ikan lele juga ditaruh di sawah untuk memakan hama-hama yang ada di sawah. Lele juga sering pula di taruh pada kolam atau tempat air tergenang untuk mengurangi tumbuhnya jentik-jentik nyamuk.

6. Karena ikan ini memang dapat hidup di berbagai macam perairan, maka Anda dapat menemuinya di hampir semua benua. Namun uniknya di antara semua benua, lele tidak dapat Anda temukan di Alaska dan Antartika.

7. Selain manusia yang di mumikan, ternyata ikan lele juga di jadikan mumi. Mumi ikan tersebut berada di Rosicrucian Egyptian Museum tepatnya di San Jose, California. Mumi tersebut menjadi persembahan Kerajaan Tengah Mesir yang berasal dari sungai Nil.

8. Mitologi di Negara Jepang, menceritakan mengenai si Namazu yang merupakan lele raksasa. Lele tersebut menyebabkan bencana gempa bumi. Si lele raksasa tersebut dikatakan tinggal di lumpur, lumpur tersebut terletak di bagian bawah daerah kepulauan Jepang serta dijaga oleh dewa Kashima, dewa tersebut menahan lele raksasa tersebut dengan batu besar. Lele Namazu tersebut kemudian disembah sabagai dewa rektifikasi dunia.

9. Ikan lele menempati urutan ke-5 yang menjadi ikan terpopuler di Amerika Serikat. Pasokan ikan ini selalu tersedia selama sepanjang tahun.

10. Ikan ini ternyata dapat bertahan hidup di darat cukup lama. Ikan ini juga dapat berpindah dari genangan air yang satu ke genangan air lainnya melalui jalan darat.





No comments: