22 Fakta dan Informasi Menarik Seputar Lalat yang Dapat Menambah Wawasanmu!

Updated at : April 10, 2016
Lalat dianggap binatang yang menjijikkan dan perlu dihindari, karena membawa berbagai penyakit.

Tapi siapa sangka, ternyata binatang ini menjadi inspirasi bagi ilmuwan dalam mengembangkan kamera video pendeteksi gerakan, sistem detektor gerak target, radar, serta peralatan militer lainnya.

Jika dilihat di bawah mikroskop struktur mata lalat diketahui mampu melihat gerakan satu objek dengan jelas diantara beberapa objek yang ada di sekitarnya. Kemampuan penglihatannya dapat menyatukan gambaran suatu objek dengan tingkat pencahayaan yang berbeda-beda.

Ini berbeda dengan pandangan mata manusia yang bisa melihat gerakan suatu objek dengan fokus pada gerakan di sekitar objek. Sedangkan, serangga ini mampu melihat perpindahan objek secara utuh. Hal ini sama dengan kemampuan kamera konvensional yang hanya bisa fokus pada satu tingkat pencahayaan.
Fakta Tentang Lalat
Pixabay
Selain kemampuan tersebut, binatang ini memiliki fakta lain yang perlu diketahui.

1. Lalat betina memiliki ukuran yang lebih besar dan dapat memperpanjang perut untuk membentuk ovipositor yang berfungsi untuk bertelur.

2. Jantan serangga bersayap ini diketahui dari ciri fisik mata membesar yang memenuhi kepala.

3. Hewan ini termasuk holometabolous, karena memiliki empat tahap morfologi, yaitu telur, larva, pupa, dan lalat dewasa. Setelah menetas, larva bisa berganti kulit hingga dua kali. Larva yang berwarna putih seperti nasi ini biasa disebut dengan belatung.

4. Makanan larva atau belatung adalah makanan dan daging yang membusuk. Saat dewasa, lalat akan memakan makanan manis dalam bentuk apapun, termasuk nektar (kelenjar madu pada tanaman).

5. Tempat hidup binatang bersayap ini ada di sampah dan kotoran hewan atau manusia. Bangkai yang baru beberapa jam mengalami kematian pun akan segera dihinggapi lalat. Itu sebabnya serangga ini dianggap kotor dan menjijikkan.

6. Lalat adalah binatang diurnal, atau aktif di siang hari.

7. Serangga bermata besar ini merupakan makanan favorit burung, laba-laba, dan kelelawar. Beberapa serangga seperti capung dan parasit lainnya memakan larvanya.

8. Mata lalat memiliki unit paling kompleks di dunia serangga. Masing-masing elemen penglihatannya mampu mendeteksi cahaya secara terpisah. Jika dilihat cahaya yang dipantulkan dari mata lalat membentuk pelangi.

9. Penciuman hewan ini dilakukan melalui bulu-bulu halus yang menutupi tubuhnya. Bulu-bulu yang ada pada bagian mulut dan kaki digunakan untuk mencicipi makanan. Cara hewan ini mencicip dengan berjalan di atas makanan yang diincar. Jika terasa enak, maka lalat akan membuka mulutnya.

10. Rambut halus pada serangga berfungsi sebagai pendeteksi objek yang disentuhnya.

11. Pada kaki-kaki lalat terdapat bantalan lembut dan halus serta lengket seperti lem. Oleh sebab itu, ini memungkinkan serangga bersayap ini berjalan di atas permukaan kaca vertikal.

12. Secara tidak langsung perilaku hewan ini terhadap makanannya membantu dalam proses pembusukan. Beberapa lalat juga bermanfaat dalam proses penyerbukan bunga.

13. Akibat tindakan hewan ini yang suka hinggap di kotoran, bangkai, dan makanan busuk membuatnya mudah menularkan penyakit, seperti kolera, disentri, dan tipus.

14. Alat kelamin betina dapat diputar sampai posisi tertentu. Pada beberapa jenis tertentu rotasi ini hanya berlangsung sementara selama kawin, tapi jenis lainnya bisa berlangsung permanen dan sudah terjadi pada tahap kepompong.

15. Lalat memiliki populasi yang cukup besar karena kemampuan kawin yang efektif dan terjadi dalam waktu singkat selama musim kawin.

16. Betina meletakkan telur-telurnya dekat dengan sumber makanan. Tujuannya agar larva mudah mengonsumsi makanan sebanyak mungkin dalam waktu singkat untuk menjadi dewasa. Telur-telur akan segera menetas tidak lama setelah diletakkan.

17. Siklus hidup lalat sangat singkat. Jarang ada dewasa yang bertahan hidup lama. Rentang hidup hewan ini rata-rata sekitar 30 hari saja. Tetapi dalam usianya yang pendek ini, lalat betina bisa bertelur sampai sekitar 3000 butir, yang akan menetas dalam waktu 14 hari.

18. Serangga terbang ini mendatangi makanan melalui bau. Aroma makanan yang enak atau bau busuk menyengat menjadi daya tarik hewan ini untuk mendatanginya.

19. Cara mengusir lalat yang sederhana adalah dengan membungkus air putih dalam kantong plastik bening dan menggantungkannya di atas meja makan. Hal ini dikarenakan cahaya yang menembus air berpendar, sehingga hewan ini sulit fokus pada satu titik cahaya dan memilih pergi.

20. Otak lalat mampu memproses informasi dengan cepat, sehingga respon yang diperintahkan berlangsung singkat. Itu sebabnya binatang ini sangat sulit dipukul.

21. Pada bagian sayap lalat yang satu mengandung bibit penyakit sedangkan bagian yang satunya mengandung penawarnya.

22. Satwa ini dapat mengepakkan sayapnya 200 sampai 400 kali per detik.[Berbagai sumber]





No comments: