Fakta Menarik dan Metamorfosis Kupu kupu

Updated at : April 09, 2016
Kupu kupu adalah hewan cantik nan indah kesana kemari mencari bunga untuk membantu penyerbukan.

Sebelum menjadi hewan yang cantik, kupu kupu harus melewati beberapa proses metamorfosis.

Metamorfosis adalah proses perubahan pada hewan dari bentuk 1 ke bentuk lain.

Metamorfosis pada kupu kupu terbilang cukup lama loh tetapi dapat disimpulkan, kupu kupu mengalami 4 tahapan masa metamorfosis.

Metamorfosis Kupu kupu


Prosesnya dimulai dari telur, kemudian dari telur menjadi ulat, setelah menjadi ulat menjadi kepompong, setelah kepompong baru menjadi kupu kupu yang cantik. Untuk lebih jelas, tahapannya sebagai berikut.
Fakta Menarik dan Metamorfosis Kupu kupu
wikipedia
1. Telur
Pada dasarnya kupu kupu dewasa sangat selektif untuk meletakan telurnya. Alasan ini cukup masuk akal agar telur itu menetas dengan baik dan aman. biasanya kupu kupu dewasa meletakkan telurnya di belakang daun dan ukurannya pun sangatlah kecil sekali

2. Ulat
Setelah telur menetas, maka jadilah ulat. Ulat yang baru menetas sangat sangat kecil. Ukuran panjangnya hanya sekitar 0,25cm dengan berat 0,5mg. Ulat ini akan makan dedaunan secara continue sampai tubuhnya besar hingga mencapai ukuran tertentu.

3. Kepompong
Nah sebelumnya ulat sering mengalami pergantian kulit hingga mencapai 4-6 kali. Dalam fase kepompong ulat mengalami pergantian kulit terakhir. Untuk menjadi kupu kupu, ulat butuh waktu sekitar 1 minggu.

4. Kupu Kupu
Setelah 1 minggu ulat ada di fase kepompong maka perlahan lahan kupu kupu keluar dari kepompong. Pada saat pertama kali keluar tubuh kupu kupu basah karena enzim yang ada di dalam kepompong. Setelah 1 jam kupu kupu bisa terbang bebas dari daun ke daun.

Setelah mengenali fase terjadinya kupu kupu, kita akan membahas hal hal dan fakta unik tentang kupu kupu.

Fakta unik tentang kupu kupu


1. Sebenarnya sayap kupu kupu itu transparan loh. Karena disetiap lapisan sayapnya berbeda tingkat kecerahannya maka sayap kupu kupu yang kita lihat beraneka ragam warna.

2. Yang kita bahas tadi kupu kupu mengalami masa metamorfosis sempurna. Mulai dari telur, ulat, kepompong dan jadilah kupu kupu.

3. Ternyata kupu kupu dapat merasakan rasa dedaunan dengan kakinya apakah daun itu enak apa tidak untuk nanti dimakan anak anaknya (ulat). Wah seperti lidah kita saja ya.

4. Kupu kupu mengalami peningkatan besar tubuhnya hingga sampai 27.000 kali mulai dari telur hingga menjadi kupu kupu.

5. Fakta selanjutnya ternyata ulat tidak memiliki tulang sama sekali. Namun dia mempunya banyak sekali kaki kaki yang berukuran kecil agar gesit dan bisa bergerak cepat.

6. Kupu kupu memiliki Probosis. Probosis adalah mulut yang panjang pada kupu kupu yang digunakan untuk menghisap makanan yang jaraknya jauh.

7. Ternyata ada juga kupu kupu yang tidak mempunyai mulut sehingga dia tidak bisa makan loh. Dia bisa bertahan hidup karena dia mengumpulkan energi semasa dia berada di dalam kepompong. Dan kupu kupu ini tidak bisa hidup lama.

8. Apabila kupu kupu memiliki suhu yang panas sekita 29-30ÂșC kupu kupu tidak bisa terbang sama sekali. Dia butuh waktu untuk menurunkan suhu tubuhnya hingga ke titik normal baru kupu kupu bisa terbang lagi.

9. Kupu kupu termasuk hewan yang kuat, dia bisa menempuh ribuan kilometer untuk menemukan tempat yang hangat di musim yang dingin dan kembali kalau masuk musim semi tiba.

10. Kupu kupu memiliki mata majemuk yang berjumlah 12.000 pasang mata. Sungguh banyak sekali ya. Bentuknya pun seperti belahan bola yang berada di atas kepala.

Di Indonesia tepatnya di sulawesi ternyata menjadi salah satu negara yang memiliki populasi kupu kupu terbanyak sampai sampai dijuluki The Kingdom  Of Butterfly.

Di kabupaten maros terdapat kawasan konservasi yang memiliki ratusan jenis kupu kupu. Tetapi walaupun menjadi negara yang populasi kupu kupu terbanyak tidak jarang ada jenis kupu kupu yang dilindungi.

Contohnya Kupu kupu bidadari (Cethosia myrina), Kupu kupu sayap bidadari (Chimaera Birdwing), Kupu kupu sayap burung surga (Ornithoptera paradisea) dan masih banyak lagi. Untuk itu banyak sekali penangkaran kupu kupu di indonesia.

Dan kita juga harus melestarikan kupu kupu agar populasinya menjadi baik lagi.




No comments: