Ikan Koi, 12 Fakta, Sejarah dan Informasi Menarik Lainnya

Updated at : April 05, 2016
Ikan koi adalah salah satu jenis ikan yang dalam klasifikasi taksonomi dimasukkan dalam keluarga ikan mas (cyprinus carpio), sehingga sering juga disebut ikan mas koi.

Sebelum menjadi trend ikan hias seperti saat ini, ikan ini pernah dijadikan ikan konsumsi karena ukuran tubuhnya yang besar.

Asal nama ikan ini berasal dai bahasa Jepang dan Tionghoa yang berarti Romaji = Koi = Ikan Karper. Nenek moyang atau bibit ikan koi berasal dari tiongkok yang selanjutnya menyebar ke Jepang dan saat ini sudah banyak di budidayakan di Indonesia.
Ikan Koi, 12 Fakta, Sejarah dan Informasi Menarik Lainnya
Ikan Koi
Di Negara Jepang ikan ini dikembang biakan secara intensif menggunakan metode yang selektif, sehingga di Negara Jepang banyak koi yang berkualitas tinggi dan tentunya lebih istimewa.

Koi merupakan jenis ikan kolam sehingga tidak akan terlihat indah jika Anda masukkan ke dalam akuarium. Koi sendiri memiliki 174 jenis, namun yang banyak di kenal hanya beberapa saja.

Baca juga :
10 Fakta dan informasi Menarik tentang Ikan Duyung
Fakta-fakta Mengenai Ikan Gurame yang Perlu Anda Ketahui
16 Fakta Menarik Tentang Ikan Cupang
7 Jenis Ikan Arwana yang Banyak Dipelihara

Dari banyak jenis koi, ada tiga jenis yang sangat terkenal sehingga di beberapa Negara seperti Eropa dan Amerika Serikat sering menjuluki ketiga nya dengan sebutan “The Big Three” dan di negara asalnya biasa disebut dengan ”Gosanke” yang berarti tiga keluarga.

The Big Three Koi tersebut diantaranya :

(1) Kohaku, yang memiliki tubuh berwarna putih cerah dan diatas warna putih tersebut terdapat corak atau pola berwarna merah. Bercak atau pola berwarna merah tersebut akan semakin kecil saat mendekati ekor ikan serta garis batas antar wana yang jelas.

(2) Sanke, memiliki warana putih terang dan merah pada bagian tubuhnya dengan pola atau tanda berwarna hitam.

(3) Showa, merupakan jenis ikan koi yang tubuhnya bewarna dasar hitam dan putih dengan tanda atau pola berwara merah pada tubuhnya.

Sejarah Ikan Koi

Koi pada abad ke-17 di Cina awalnya hanya dibiakkan sebagai makanan. Selanjutnya dibawa ke Jepang dan tetap menjadi salah satu jenis makanan ikan.

Baru pada sekitar tahun 1820an hingga 1830an, Jepang mulai dibiakkan menjadi ikan hias. Dibiakkan karena segi estetika ikan tersebut, yang kemudian menjadi daya tarik baru bagi pecinta ikan hias.

12 Fakta Mengejutkan Ikan Koi

1. Koi merupakan jenis ikan hias yang dapat menjadi teman seumur hidup bagi Anda yang memeliharanya, karena koi memiliki takdir hidup yang sangat panjang. Di negara jepang ada Koi yang hidup sampai berusia 200 tahun.

2. Tercatat koi terpanjang memiliki ukuran hingga 120 cm di negara Jepang.

3. Ikan ini sering dilukiskan sebanyak 9 ekor. Mitosnya hal tersebut dapat memberikan aura yang positif bagi seluruh penghuni rumah.

4. Koi merupakan jenis ikan hias yang jinak dan lemah lembut. Hal tersebut terbukti jika ada koi pendatang baru yang masuk ke kolam, maka koi lama tidak akan mengganggunya.

Selain itu, koi jantan juga tidak kasar dan menganggu para koi betina. Ikan ini juga tidak segan-segan mengambil makanannya langsung dari tangan Anda. Sehingga sangat mudah merawat serta memelihara ikan ini hingga besar.

5. Ikan koi memiliki warna-wanra yang bemacam-macam dengan pola atau corak yang juga beragam.

6. Keindahan koi akan terlihat lebih maksimal jika Anda memandangnya dari atas. Beberapa corak warna biasanya terlihat menyeruapai objek, benda atau tulisan tertentu.

7. Koi merupakan jenis ikan yang bisa menerima banyak jenis makanan. Sehingga mudah dipeihara, karena tidak pemilih dalam menerima makanan.

8. Koi menjadi ”Raja Ikan Hias Air Tawar” karena diantara jenis ikan hias air tawar lainnya, Koi memiliki tubuh yang paling besar dan termasuk dalam jajaran ikan bergengsi.

Koi memiliki kepala yang besar dengan sepasang kumis yang terletak di kepalanya. Kumis tersebut yang membedakan ikan ini dengan ikan mas (Carassius Auratus).

9. Koi menjadi salah satu ikan karya seni Jepang. Karena di negara ini, Koi mulai menjadi ikan hias yang bernilai tinggi dan memiliki daya tarik tersendiri khususnya jenis Gosanke.

10. Harga koi yang terkadang dianggap mahal, sebenarnya tidak 100% benar. Karena jika Anda memeliharanya sejak kecil, harga ikan ini justru tidak terlalu mahal.

11. Koi merupakan salah satu ikan hias yang mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru ia tempati, serta dapat menempati hampir di semua tempat.

12. Di negara Jepang, ikan koi dijuluki si ikan samurai. Hal tersebut karena ikan ini dikenal sebagai ikan yang tidak memiliki ketakutan terhadap apa pun dan merupakan ikan pemberani hingga mereka dibantai.[]




No comments: