Kerajinan Tangan dari Kain Flanel yang Unik dan Mudah Dibuat Beserta Cara Membuatnya

Updated at : April 18, 2016
Kerajinan tangan dari kain flanel adalah kerajinan yang terbuat dari kain yang dibuat dari serat wol non tenun. Ada beberapa alasan utama kenapa kain flanel sering dipilih untuk bahan kerajinan tangan adalah karena kain ini memiliki tekstur yang mudah dibentuk serta harganya murah dan pada proses penjahitan tidak perlu dilipat seperti kain yang lain. Kain ini juga mudah didapatkan karena banyak penjual yang menjualnya.

Pada tulisan kali ini kita akan mengulas mengenai aneka kerajinan tangan yang dapat dibuat dari kain flanel. Orang-orang kreatif dapat memanfaatkan barang yang tidak terpakai menjadi karya seni yang menarik dan memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Kenapa dipilih kain flanel sering dipakai sebagai bahan baku kerajinan? alasan yang mendasar yaitu teksturnya yang mudah dibentuk serta harganya yang terjangkau.

Kain flanel mempunyai tekstur yang mirip dengan kain wol dan sedikit kaku serta tidak memerlukan jahitan pada bagian pinggirnya membuat kain flanel gampang dibuat menjadi aneka macam kerajinan tangan. Dengan mengkombinasikan warna kain flanel yang tepat kita akan memperoleh hasil karya seni yang menarik dan indah.

Beragamnya kerajinan tangan yang dapat dibuat dari bahan ini membuat kebanyakan orang akan bingung sebaiknya membuat kerajinan tangan bentuk yang bagaimana. Nah tidak usah bingung karena pada kesempatan kali ini kami mencoba mengumpulkan berbagai kerajinan tangan dari kain flanel yang mempunyai bentuk yang menarik dan unik untuk kamu.

Contoh Kerajinan Tangan dari Kain Flamel

Kerajinan Tangan dari Kain Flanel
kawanmuda.com
Berbahan kain flanel dengan dipadukan sedikit ide serta kreativitas kita bisa membuat kerajinan tangan yang unik serta menarik. Akan tetapi terkadang kebanyakan orang bingung dengan kerajinan yang kelak disukai serta diminati oleh banyak orang.

Jika kamu bingung memilih kerajinan yang akan dibuat silahkan membaca tulisan ini sampai selesai karena kami sudah mengumpulkan beberapa contoh kerajinan unik berbahan kain flanel. Dibawah ini merupakan beberapa contoh kerajinan tangan dari kain flanel yang menarik dan gampang dibuat.

Kerajinan Kotak Pensil dari Kain Flanel


Cara membuat kerajinan kotak pensil ini sangat mudah. Kamu cukup menyiapkan pipa paralon jika tidak ada pipa paralon kamu bisa menggunakan benda apa saja yang penting berbentuk tabung ya. misalnya bekas lak ban yang telah habis pakai dan bambu.
Kerajinan Kotak Pensil dari Kain Flanel
lavendergrass.com
Bahan yang akan kita gunakan untuk membuat kerajinan ini adalah pipa paralon, kain flanel, lem, gunting, benang dan jarum serta beberapa bahan pelengkap yang lainnya. Cara membuat kerajinan tangan kotak pensil dari kain flanel
kerajinan dari kain flanel
lavendergrass.com
1. Siapkan terlebih dahulu potongan pipa paralon dengan ukuran 2,5 centimeter dengan tinggi 10 centimeter atau sesuai selera kamu, bisa juga isolasi atau lak ban yang telah habis pakai sebanyak dua buah untuk disusun kemudian di lem pada sambungannya agar tingginya sesuai yang kita perlukan.

2. Perhatikan gambar diatas, potonglah kain flanel dengan ukuran potong serupa diameter luar paralon ditambah 2 centimeter. sedangkan untuk bagian dalamnya potong kain flanel dengan ukuran diameter luar paralon ditambah 1 centimeter. Sedangkan untuk tingginya bisa diukur dengan tinggi paralon ditambah 1 centimter.

3. Perhatikan gambar nomor tiga diatas masukkan kain untuk bagian dalam seperti pada gambar kemudian buka bagian tepi kain lalu berilah lem mulai ujung sampai ujung lainnya seperti pada gambar nomor empat.
Kotak Pensil dari Kain Flanel
lavendergrass.com
4. Kemudian ratakan kain sampai menutup semua bagian dalam dari paralon(gambar5). Setelah itu beri lem pada bagian pinggir kain dan rekatkan. Kemudian tempelkan kain bagian luar seperti nampak pada gambar tujuh, Usahakan posisi sejajar dengan kain pada bagian dalam yang telah di beri lem.

5. Jahitlah sambungan bagian luar agar rapat dan rapih dengan tusuk feston atau cukup dilem saja sesuai selera. Tetapi lebih baik di jahit agar lebih awet.(Gambar8) dan hasilnya akan nampak seperti pada gambar dibawah ini gambar nomor sembilan.
Tempat Pensil dari Kain Flanel
lavendergrass.com
6. Setelah itu jahit bagian pinggir dengan tusuk feston sampai rampung dan lakukan hal yang sama pada bagian sisi lainnya hasilnya akan nampak seerti pada gambar nomor 10.

7. Siapkan kertas karton kemudian potong menggunakan gunting dengan ukuran sama dengan diameter bagian dalam dari paralon. Kemudian potong juga kain flanel dua buah dengan ukuran yang sama ditambah kurang lebih sekitar 0,3 centimeter hasilnya akan nampak seperti pada gambar nomor 11.

8. Setelah itu masukkan potongan kertas tadi diantara kedua potongan kain flanel lihat gambar nomor 11 kemudian jahit sisinya dengan menggunakan tusuk feston hasilnya akan tampak seperti pada gambar no 12.

9. Selanjutnya kita letakkan pada ujung salah satu paralon lalu jahit dengan tusuk feston ya. Lihat gambar tiga belas.

10. Setelah itu kamu bisa membuat hiasan dengan potongan kain flanel, mainkan ide dan imajinasimu agar hiasan yang dihasilkan nanti lebih menarik. Sebagai contoh kita lihat gambar nomor empat belas. Setelah itu rekatkan hiasan yang kamu buat tadi pada dinding tempat pensil tadi. dan inilah hasilnya kerajinan flanel sebagai tempat pensil.

Cara membuat kerajinan tangan dari kain flanel
lavendergrass.com


Membuat Boneka Lucu dari Kain Flanel


Kerajinan Boneka dari Kain Flanel
nurbaitisalma.blogspot.co.id
Cara membuat kerajinan ini sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah sambil bersantai dengan keluarga tercinta. Bahan yang dipakai pun sangat sederhana yaitu berupa kain flanel, kapas, benang sulam dan beberapa bahan pendukung lainnya.

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat kerajinan dari kain flanel berbentuk boneka lucu.
Langkah membuat kerajinan boneka dari kain flanel
zhahab.blogspot.co.id
1. Siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang akan kita gunakan seperti : pola gambar boneka, jarum, kain flanel, kapas untuk isian boneka, lem, gunting serta benang sulam (disini kita memakai benal wool serta jarum besar agar terlihat)

2. Kemudian cetak pola yang akan kamu buat pada kain flanel pakailah pensil warna yang warnanya hampir sama dengan warna kainyang kita pakai.

3. Lalu guntinglah pola yang telah kita buat tadi.

4. Lalu jahit dan buatlah mata, hidung, mulut, dan lain-lain, Perhatikan gambar nomor empat diatas.

5. Kemudian langkah selanjutnya adalah menyatukan bagian depan dan belakang kain flanel yang sudah kita potong. Dengan menggunakan tusuk feston agar rapi hasilnya.

6. Jangan lupa pada saat menjahit buatlah celah sedikit kira-kira 2 cm untuk memasukkan isi boneka atau kapas.

7. Kemudian teruskan menjahit dengan tusuk feston setelah kamu memasukkan kapas kedalam boneka sampai semua sisi terjahit sempurna.

8. Kemudian pasanglah aplikasi seperti hidung, mata, mulut dan hiasan lainnya, Bisa kita rekatkan dengan lem atau dijahit sesuai selera kamu. Boneka telah jadi
Hasil Kerajinan Tangan dari Kain Flanel
zhahab.blogspot.co.id
Itulah beberapa macam kerajinan tangan dari kain flanel yang menarik dan mudah untuk dibuat. Kamu pasti bisa membuat ide sendiri dirumah untuk membuat kerajinan tangan yang lebih unik dan menarik lagi.




No comments: