Ketahui Bahaya Gigitan Kelabang, Gejala, Komplikasi Serta Penanganannya

Updated at : April 03, 2016
Ada banyak jenis hewan yang sebenarnya tidak dipelihara di rumah namun bisa berkembang biak dengan baik. Selain serangga kecoa yang sering dilihat di rumah, kelabang ini juga adalah salah satu hewan kecil yang hidup di dalam rumah bersama manusia.

Kelabang yang biasanya muncul dan keluar dari tempat yang lembab seperti saat banjir ini bentuknya mungkin seperti ulat kaki seribu. Karena kelabang ini memiliki banyak kaki di tubuhnya. Dan yang menakutkan adalah serangga ini bisa menggigit dan rasanya akan sangat sakit.

Nama kelabang ini juga dikenal sebagai lipan dan dalam bahasa Inggris disebut dengan centipede. Hewan ini termasuk golongan arthropoda yang tergolong dari kelas Chilopoda dan Upafilium myripoda. Lipan ini adalah hewan metamerik yang memiliki sepasang kaki di setiap ruas tubuhnya.
Ketahui Bahaya Gigitan Kelabang, Gejala, Komplikasi Serta Penanganannya
kelabang
Kelabang ini  memang dianggap binatang yang menjijikan dan juga menakutkan, sehingga ketika muncul kelabang ini akan segera dibasmi dengan cara menyemprotkan racun serangga atau dengan cara memukulnya dengan benda yang keras.

Kelabang ini mampu menggigit dan mengeluarkan bisa. Walaupun mungkin bisa yang dimiliki kelabang ini tidak mematikan namun tetap saja hal ini perlu di hindari.

Berikut cara menangani gigitan kelabang :


  1. Ketika dalam suatu kondisi tertentu tiba – tiba kelabang datang dan sempat menggigit bagian tubuh maka hal yang pertama dilakukan adalah dengan mencuci bagian tubuh yang terkena gigitan dengan sabun. Gosok dengan lembut dan jangan menekan daerah yang tergigit.
  2. Gunakan es batu setelah terjadi gigitan yang dilakukan ole kelabang. Es batu ini digunakan di bagian yang terkena gigitan.  Hal ini juga bisa mencegah infeksi dan matinya jaringan di sekitar gigitan yang bisa menjadi lebih parah.
  3. Tidak perlu membungkus bagian kulit yang terkena gigitan lipan atau kelabang. Biarkan luka bekas gigitan ini tetap  terkena udara sehingga tidak perlu dibungkus dengan kain kasa atau bahan lainnya.
  4. Mengonsumsi air putih banyak ini bisa mencegah berbagai kemungkinan keracunan yang bisa diawali dengan mual, muntah, demam dan juga sakit kepala. Kekurangan minum air putih ini bisa sangat fatal setelah terjadinya gigitan dari kelabang.
  5. Mengonsumsi berbagai jenis makanan yang banyak mengandung vitamin C untuk mempertahankan sistem kekebalan pada tubuh supaya tidak menjadi mudah lemah sete;ah terkena gigitan kelabang.

Bahaya yang ditimbulkan dari gigitan lipan ini adalah rasa nyeri yang bisa dialami oleh yang tergigit. Pada bagian bekas gigitan ini akan berwarna gelap dan menjadi bengkak. Gejala ini akan sembuh kurang lebih selama dua hari.

Pada saat terkena gigitan kelabang ini kemungkinan ada gejala yang muncul. Gejala ini akan muncul setelah gigitan terhadap kulit.

Berikut gejala yang bisa muncul pada saat terkena gigitan dari kelabang :


  1. Gangguan Pernafasan
  2. Tubuh Lemah
  3. Rasa Mual dan Muntah
  4. Sakit Kepala
  5. Nyeri Saat Bernafas
  6. Denyut Jantung Berdetak Lebih Cepat
  7. Dada Terasa Sakit dan Sesak

Jenis kelabang tertentu bisa sangat berbahaya untuk manusia. Karena jenis ini bisa menyebarkan racun yang juga disebut dengan venom. Racun ini diproduksi pada bagian dasar taring hewan ini.
Ketika hewan ini mengigit kulit manusia akan menyebabkan kelenjar racun yang dimiliki lipan ini akan menyemburkan racun melalui sebuah saluran bagian depan taringnya yang memiliki bentuk seperti jarum. Racun yang ditimbulkan mungkin tidak parah, hanya saja akan menyebabkan rasa yang amat sakit.

Walaupun gigitan hewan ini bisa terasa begitu perih, namun gigitan dari lipan ini tidak menyebabkan kematian.

Kelabang ini sering tinggal di bagian rumah. Hewan ini bisa menjadikan area yang ada di dalam rumah menjadi tempat tinggalnya. Untuk menghindari gigitan dan serangan dari hewan ini yang tiba – tiba diperlukan kebersihan dan hindari juga menumpuk kardus kosong di bagian sudut rumah.

Karena hewan ini bentuknya kecil dan bisa tumbuh menjadi cukup besar dan juga mengerikan karena itu ada baiknya selalu menjaga kebersihan rumah supaya hewan – hewan ini tidak bisa tinggal di sudut  -sudut rumah yang bersih.




No comments: