Kumbang Kotoran, Fakta dan Informasi Menarik Lainnya

Updated at : April 08, 2016
Kumbang kotoran adalah spesies serangga dengan otak yang kecil dan juga daya pikir yang minimal, pada saat sekarang menjadi hewan yang bisa menggunakan bulan dan bintang sebagai arah pergerakannya.

Kumbang kotoran ini juga dikenal sebagai serangga yang memakan kotoran hewan lain, yang berbagi habitat dengan kumbang kotoran.

Kumbang kotoran ini juga mampu mensintesis senyawa antrimikroba.

Kumbang kotoran ini juga dikenal dengan nama Celeoptera, celeoptera berasal dari bahas yunani yang artinya sayap berlapis, hal ini dikarenakan kumbang kotoran memiliki dua pasang sayap.
Kumbang Kotoran, Fakta dan Informasi Menarik Lainnya
pixabay
Kedua pasang sayap ini mengeran dan menebal sehingga dapat melindungi sayang di belakangnya, dan juga berguna melindungi tubuh kumbang tersebut.

Kumbang kotoran juga menjadi pengontrol pupulasi lalat yang banyak berkumpul pada kotoran hewan, dengan adanya kumbang kotoran ini kotoran hewan tadi dapat dihilangkan dengan cepat dan efektif dari permukaan tanah.

Fakta Menarik tentang Kumbang kotoran

1. Nama “kumbang kotoran” mengarah pada hampir semua jenis kumbang yang menggunakan kotoran hewan sebagai tempat tinggal ataupun makanan.

2. Spesies kumbang kotoran yang ada pada saat ini ada sekitar 7000 yang ditemukan disemua benua kecuali benua Antartika.

Pada saat sinar bulan tidak tampak dengan jelas, kumbang kotoran berhasi menunjukkan arah pada garis lurus, hal ini membuat banyak peneliti berpendapat, bahwa kumbang kotoran mengeksploitasi bintang dan bulan sebagi arah pergerakan meraka.

3. Pada saat ini beberapa spesies kumbang kotoran berukuran sangat kecil yaitu 1 mm, sedangkan spesies lain dapat tumbuh hingga mencapai 6 cm.

4. Habitat dari kumbang kotoran ini adalah gurun, padang rumput, hutan, dan lain-lain.

5. Sebagain besar dari kumbang kotoran termasuk kedalam kelompok subfamily Scarabaeinae dan Aphodiinae, sedangkan sebagian kecil kumbang kotoran termasuk kedalam kelompok subfamily Geotrupidae.

Mata dari kumbang kotoran sangan lemah sehingga kumbang kotoran menggunakan gradien terang dan gelap untuk tetap bergerak pada garis lurus dan tidak berputar.

6. Ada beberapa spesies kumbang kotoran yang memakan daun busuk dan bagian tanaman lainnya, sedangkan spesies kumbang kotoran yang lainnya tidak makan atau minum apapun kecuali feses atau kotoran.

7. Untuk sebagian besar kumbang kotoran lebih memilih memakan kotoran dari hewan herbivora, dan sangat sedikit spesies dari kumbang kotoran yang memakan kotoran dari hewan karnivora.

8. Ada tiga jenis kumbang kotoran, yang pertama adalah kumbang yang membuat kotoran berbentuk bola dan menggelindingkannya ke sarang mereka, jenis kedua adalah kumbang kotoran yang mengubur kotoran ditempat mereka menemukannya, ketiga kumbang yang membuat kotoran sabagai rumahnya.

9. Kumbang kotoran ini menggelindingkan kotoran dan menggali terowongan dengan tiga pasang kaki yang dimilikinya.

Kumbang kotoran bisa juga membantu menyebar biiji tumbuhan dengan cara membenamkan biji yang terdapat pada kotoran hewan kedalam tanah, sehingga mendukung terjadinya munculnya bibit baru dari tanaman tesebut.

10. Kemampuan kumbang kotoran yang bisa membawa beban 50 kali dari berat badannya sendiri, membuat kumbang kotoran ini menjadi hewan terkuat dibumi.

11. Umur dari kumbang kotoran ini rata-rata mencapai 3-5 tahun, tergantung dari spesiesnya.

12. Kumbang kotoran yang berasal dari Afrika sangat terkenal dengan kemampuan navigasinya, dengan cara mengikuti pola polarisasi dari sinar bulan.

13. Kumbang kotoran ini menjadi salah satu spesies kumbang termuda, karena fosil dari kumbang kotoran ini menunjukkan bahwa kumbang kotoran ini berevolusi belum lama, sekitar 40 juta tahun yang lalu.

Kumbang kotoran adalah pengendali hayati yang paling efektif untuk parasite pada saluran hewan ternak, hal ini disebabkan oleh kotoran dari hewan ternak mengandung telur parasite yang berkembang sampai menjadi stadium infektif.

14. Dalam mitologi Mesir kumbang kotoran ini mendapatkan tempat yang paling penting, karena kumbang kotoran ini dianggap sabagi binatang yang suci.

15. Kepercayaan orang mesir kuno mengenai kumbang kotoran raksasa yang terus memutar bumi, dilihat dari kebiasaan kumbang kotoran yang menggelindingkan kotoran.

16. Peran yang dimiliki oleh kumbang kotoran sangat penting untuk menjaga keseimbangan ekosistem dibumi dengan peran sebagai pendau ulang nutrisi alam.




No comments: