Mengenal Lemur, Si Primata Asli Dari Madagaskar

Updated at : April 13, 2016
Lemur merupakan salah satu primata yang menjadi ciri khas dari Madagaskar di benua Afrika.

Hewan ini berasal dari ordo primata yang berkembang biak dengan cara melahirkan atau mamalia. Keberadaannya sendiri hanya bisa ditemukan dan tinggal di kawasan Madagaskar saja.

Ada fakta unik terkait hewan primata yang satu ini, terutama dari namanya. Kata lemures sendiri memiliki makna atau arti hantu dengan kata lain makhluk atau arwah yang hidup di malam hari. Bentuk dari mata hewan inilah yang menjadi ciri khasnya, yaitu mampu memantulkan cahaya di waktu malam.

Selain itu, ada fakta unik lainnya yang bisa disimak dari hewan asli Madagaskar tersebut.
fakta menarik tentang lemur
flickr
Berikut beberapa fakta menarik tentang lemur

1. Binatang ini memiliki mata yang unik dan mampu memantulkan cahaya. Berbeda dari hewan lainnya, matanya terlihat menakutkan di malam hari, karena bersifat memantul. Inilah alasannya mengapa lemur disebut sebagai makhluk malam atau arwah dan hantu.

2. Panjang ekor lemur bisa melebihi panjang tubuh dan kepala yang dimiliki tubuhnya. Bagian tubuh setidaknya hanya berukuran sekitar 28 sampai 56 sentimeter. Sedangkan bagian ekornya jauh lebih panjang, bisa melebih bagian tubuh dengan kisaran 28 sampai 65 sentimeter.

3. Bagian ekornya terlihat layaknya cincin-cincin yang saling melingkari. Jika kita melihat bagian ekor binatang ini, maka akan terlihat ekor panjang dengan cincin-cincin yang berseling. Ada warna hitam dan putih yang secara bergantian berselang-seling mengitari bagian ekor.

4. Warna khas pada bagian tubuh hewan ini membuatnya terlihat mencolok. Tubuh hewan primata ini didominasi oleh warna merah coklat dengan sedikit kilauan warna abu-abu. Sedangkan bagian bawah tubuh, kaki dan tangannya lebih didominasi oleh warna putih.

5. Punya cara unik untuk menandai rumah mereka agar tidak tersesat. Layaknya kucing yang mengencingi rumah mereka sebagai penanda, primata inipun ternyata demikian. Hanya saja mamalia yang hidup di Madagaskar tersebut menggunakan kotoran mereka untuk menandai rumah dari setiap spesies.

6. Antara lemur jantan dan betina memiliki berat tubuh yang hampir sama. Diketahui tidak ada perbedaan mendasar tentang berat badan antara si jantan dan betina. Mereka memiliki berat rata-rata yang berkisar antara 2 hingga 4,5 kg pada usia dewasa.

7. Telinga hewan ini menyerupai telinga kucing yang berbentuk lancip. Seperti seekor kucing, mamalia inipun nyatanya memiliki telinga dengan bagian melancip dan bersudut di ujung. Warna telinganya sendiri seperti dengan warna tangan dan kaki, yakni berwarna putih.

8. Tak hanya hidup pada satu macam habitat, walaupun berada pada satu pulau. Berbeda dari hewan kebanyakan, primata satu ini ternyata memiliki habitat yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Ada beberapa jenis yang hidup di bagian hutan hujan tropis, sementara yang lainnya tinggal di daerah gurun yang kering.

9. Lemur yang hidup dalam kelompok besar ternyata memiliki IQ yang lebih tinggi. Hasil penelitian membuktikan bahwa spesies yang hidup dalam kelompok besar ternyata memiliki kemampuan sosial lebih tinggi. Mereka pun lebih pandai mencuri makanan dari manusia yang tengah mengamati kehidupan asli mereka.

10. Ukuran otak hewan ini rata-rata sama dari semua jenis yang berbeda. Hanya saja tidak ada hubungan antara kecerdasan yang dimiliki primata tersebut dengan ukuran otaknya. Kemampuan sosial spesies tersebut semakin meningkat seiring dengan evolusi dan kecakapan mereka untuk berinteraksi sosial.

11. Lemur Sifaka menjadi salah satu hewan langka yang ada di dunia. Spesies ini disebut pula sebagai monyet putih, karena memiliki warna bulu yang putih dan merata. Jenis satu ini biasanya meloncat dari satu serpihan batu ke serpihan batu lainnya untuk beristirahat.

12. Jenis Sifaka memiliki perbedaan mencolok dari lemur-lemur jenis lainnya. Untuk jenis satu ini, bagian tangan dan kaki jauh lebih tebal seiring evolusi yang terjadi. Mengingat lingkungan tempat mereka pun didominasi oleh bebatuan yang bergerigi dan tajam.

13. Ada 6 jenis lemur yang hidup di seluruh wilayah Madagaskar. Pada bagian barat daya hidup lemur hitam bernama L.Macoco. Sedangkan di pulau Comoros ada lemur coklat berjenis L.Fulvus dan L.Mongoz untuk wilayah barat daya Madagaskar.

14. Sebelah timur pulau Comoros sendiri dihuni oleh L.Rubiventer. L.Catta cenderung menempati bagian selatan pulau Madagaskar dan memiliki ekor belang. Untuk bagian utara, ada L.Coronatus yang mendiami wilayah tersebut dalam waktu lama.





No comments: