Ngaku Pecinta Binatang Landak? Ketahui Dulu 20 Fakta tentang Binatang Ini

Updated at : April 10, 2016
Landak merupakan hewan pengerat yang memiliki banyak duri di seluruh tubuhnya. Hampir sama seperti tikus, gigi-gigi landak berukuran besar yang berfungsi untuk menggeroti benda. Bedanya, hewan yang dalam Bahasa Inggris disebut porcupine ini tidak bisa bergerak cepat.

Duri-duri tajam yang ada di seluruh tubuhnya berfungsi sebagai sistem pertahanan. Apabila dalam keadaan bahaya, maka ia akan menegakkan dan menggetarkan seluruh durinya untuk menggertak predator yang akan memangsanya.

Apabila musuhnya tidak segera pergi, ia akan membelakangi dan menusukkan duri tajamnya ke musuh.
Binatang Landak
Pixabay.com
Beberapa fakta lain mengenai hewan landak sebagai berikut,

1. Habitat hewan berduri ini ada di hutan, tapi terkadang muncul di pemukiman untuk mencari makan. Mereka makan daun, buah beri, dan kulit kayu. Bahkan, mereka menguliti kulit pohon sampai tanaman tersebut mati.

2. Ukuran landak dewasa bisa mencapai 90 sentimenter, sedangkan anak-anak landak memiliki ukuran 25 sentimenter.

3. Bentuk hewan ini bulat, dengan kepala dan telinga kecil, serta duri-duri panjang di seluruh tubuhnya. Hewan ini termasuk dalam spesies hewan pengerat.

4. Landak  betina hanya melahirkan satu ekor anak setelah mengandung tujuh bulan.

5. Duri anak landak saat baru lahir masih lunak, tapi segera mengeras setelah satu jam.

6. Anak hewan ini sudah mencari makan sendiri saat masih berumur satu atau dua hari, meskipun hingga berumur enam bulan masih hidup bersama induknya.

7. Binatang ini bisa ditemukan di Afrika, Asia, Eropa, dan Amerika Utara, serta Selatan. Landak yang ada di Amerika Utara dan Selatan sangat pandai memanjat, sehingga banyak menghabiskan waktu di atas pohon untuk mencari makan.

8. Beberapa spesies hewan berduri ini ada yang dilengkapi ekor untuk berpegangan pada dahan pohon.

9. Pengerat berduri yang ada di Asia, Afrika, dan Eropa memiliki habitat di hutan, padang rumput, dan padang pasir.

10. Duri landak solid di pangkal dan ujung, dan bagian tengah berongga. Ujung durinya memiliki duri mikroskopis yang menghadap belakang. Duri pada tubuhnya ini juga menjadi ciri khusus dari binatang landak ini.

11. Duri-duri tersebut tumbuh di seluruh bagian tubuh, kecuali perut. Ukuran duri terpendek ada di daerah pipi, sedangkan duri terpanjang ada di sekitar pantat.

12. Landak termasuk hewan pemalu, dan hanya menyerang untuk membela diri. Predator yang terkena durinya akan mati akibat duri yang menusuk hingga ke jaringan otot. Gerakan otot terus menerus akan menyebabkan duri semakin masuk ke dalam tubuh dan terjadi infeksi.

13. Musim kawin landak ada di akhir musim panas dan awal musim gugur. Landak jantan akan berubah agresif pada betinanya saat musim kawin tiba.

14. Jenis landak mini mulai populer sebagai hewan peliharaan. Sebab berbeda dari landak pada umumnya, duri hewan mini ini tidak tajam dan tidak mudah lepas. Jika durinya terlepas itu artinya sedang mengalami stres.

15. Penglihatan landak mini tergolong buruk, namun indera penciuman dan pendengarannya sangat baik. Ketika lahir hewan ini buta, setelah dua minggu barulah penglihatannya meningkat secara berkala.

16. Usia hidup hewan peliharaan ini bisa mencapai 9 tahun, tapi rata-rata hanya bertahan hidup hingga 3,5 tahun. Tergantung dari jumlah nutrisi yang dikonsumsi hewan ini.

17. Keunikan lain dari pengerat yang bisa dipelihara ini bisa memanjat, berenang, dan berlari.

18. Landak banyak diburu orang untuk dikonsumsi dagingnya. Kabarnya daging hewan ini bisa dijadikan obat asma, karena mengandung kitotefin. Selain itu daging hewan ini memiliki gen yang dapat mempercepat penyembuhan luka.

19. Jenis pengerat berduri yang hidup di Afrika, Asia, dan Amerika umumnya suka di lingkungan yang hangat, dan membuat sarang di dekat pepohonan. Berbeda dengan yang hidup di Eropa, yang beriklim dingin. Pada musim dingin mereka akan berhibernasi dan tidur selama 20 jam.

20. Sebagai hewan peliharaan, landak mini banyak dibuat eksperimen dengan kawin silang. Tujuannya tentu saja untuk mendapatkan spesies yang lebih unik dan daya tahan hidup yang lebih kuat. Hewan ini memang digemari karena pemeliharaan yang mudah dan tidak mudah kotor.

Demikian, beberapa fakta mengenai landak yang perlu diketahui. Jika ingin memelihara landak, perhatikan kandang tempat tinggalnya, karena hewan ini mudah stres.




No comments: