Cara Membuat Bunga Dahlia dari Sedotan

Updated at : May 02, 2016
Cara Membuat Bunga Dahlia dari Sedotan - Dahlia merupakan tanaman perdu yang berumbi yang memiliki sifat tahunan. Tanaman ini akan berbunga pada musim panas sampai dengan musim gugur. Bunga Dahlia adalah bunga nasional dari negara Meksiko sekaligus merupakan negara asal dari bunga ini. Sebagian besar tumbuhan Dahlia mempunyai bunga yang berwarna cerah serta indah, sehingga tidak heran jika bunga ini merupakan salah satu komoditi penting untuk usaha bunga potong dan tanaman dalam pot.
Bunga dahlia dari sedotan plastik
citizen69
Alat dan Bahan yang diperlukan untuk membuat bunga dari sedotan plastik

1. Sedotan Plastik.
2. Gunting.
3. Jarum suntik ( gunakan yang baru ).
4. Kawat.
5. Putik dan kelopak bunga.

Hanya memakai alat dan bahan yang murah dan sederhana kita dapat membuat kerajinan tangan dari sedotan yang menarik dan indah.

Langkah-langkah membuat bunga dahlia dari sedotan beserta gambarnya
Membuat Bunga Dahlia dari Sedotan
citizen69
1. Pertama tama kita potong satu buah sedotan menjadi delapan bagian yang sama panjang. Untuk membuat satu buah kuntum bunga dahlia kita memerlukan enam batang sedotan plastik.
bunga dari sedotan
citizen69
2. Langkah kedua kita potong potongan sedotan tadi dengan pola seperti pada gambar, langkah memotongnya 2a, 2b dan 2c. Setelah itu belah menjadi dua bagian potongan sedotan tadi. Hasilnya akan nampak seperti pada gambar berikut.
Cara Membuat Bunga Dahlia dari Sedotan
citizen69
Satu buah batang sedotan plastik akan menghasilkan enam belas buah potongan kelopak seperti pada gambar di atas.
Cara Membuat Bunga Dahlia dari Sedotan
langkah 3
kelopak yang sudah dikawat
3. Langkah berikutnya adalah kita tusuk potongan sedotan dengan menggunakan jarum suntik pada bagian pangkalnya, kemudian masukkan kawat melalui lubang pada jarum. Pindahlah kelopak pada kawat, lakukan langkah ini sampai semua kelopak masuk ke dalam kawat.
langkah 4
4. Kemudian satukan semua kelopak bunga dengan cara mulai lingkarkan kawat yang ada pada sisi kiri dengan kawat yang ada pada sisi kanan. Seutlah kawat tadi dengan kuat agar semua kelopak bunga tadi menyatu dengan kuat.
langkah 5
5. Setelah itu rapikan posisi kelopak bunga tersebut, kemudian potonglah kawat supaya tidak terlalu panjang.
langkah 6
6. Siapkan putik dan kelopak plastik, kemudian masukkan putik pada bagian atas dan tutup dengan kelopak pada bagian bawah bunga. Dan selesai bunga dahlia berbahan sedotan plastik sudah selesai di buat.

Baca juga : Ide-ide Super Kreatif Kerajinan Tangan dari Barang Bekas Kardus Lengkap dengan Gambarnya dan Kerajinan Tangan dari Kain Flanel yang Unik dan Mudah Dibuat Beserta Cara Membuatnya.

Membuat kerajinan tangan bunga dahlia ini sangat mudah dan bisa di lakukan di rumah untuk mengisi waktu senggang kamu. Demikian sedikit pembahasan mengenai cara membuat bunga dahlia dari sedotan plastik semoga bermanfaat.





No comments: