Macam-macam Kerajinan Tangan dari Sedotan yang Unik dan Menarik

Updated at : June 27, 2016
Kerajinan tangan dari sedotan merupakan sebuah kerajinan dibuat dengan menggunakan sedotan plastik. Sedotan merupakan sebuah tabung yang berguna untuk mentransfer minuman dari wadah menuju mulut peminum yang bekerja dengan kekuatan menghisap. Dalam penggunaannya sedotan hanya di pakai satu kali saja setelah itu di buang.

Seperti kita ketahui kebanyakan sedotan terbuat dari plastik yang sulit terurai dalam tanah, sedangkan pemakaian sedotan setiap hari terus berlangsung. Alangkah baiknya jika kita memanfaatkan limbah sedotan menjadi sebuah kerajinan tangan yang mempunyai manfaat.

Saya yakin kamu semua pasti pernah membuat kerajinan tangan baik itu berbahan kain flanel, kardus serta bahan-bahan lainnya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas kerajinan dari sedotan. Sedotan plastik bisa di buat menjadi berbagai macam prakarya yang menarik dan juga mempunyai nilai guna seperti bunga dari sedotan, taplak meja, lampu hias dan masih banyak yang lain.

Membuat kerajinan tangan baik dengan memanfaatkan bahan sedotan dan bahan lainnya memiliki banyak manfaat misalnya membantu mengurangi sampah yang terbuang sia-sia, mendapat penghasilan tambahan jika kerajinan yang ia buat laku di jual, mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat serta mampu membantu mengmbangkan kreativitas seseorang.

Contoh Kerajinan Tangan yang Terbuat dari Sedotan


Bahan sederhana ini bisa kita buat menjadi berbagai macam kreasi. Dengan beberapa peralatan sederhana yang bisa kita temukan di rumah serta dengan bahan baku sedotan plastik kita dapat membuat sebuah aneka prakarya yang menarik.

Prakarya dari sedotan ada banyak jenisnya berikut ini ada beberapa contoh kerajinan tangan dari sedotan.

Taplak Meja dari Sedotan

Taplak meja berbahan sedotan plastik
Taplak meja yang terbuat dari sedotan
Taplak meja umumnya terbuat dari kain yang berfungsi untuk menutupi meja dan juga menjadi hiasan agar meja tampak lebih indah. Jika kamu ingin tampak berbeda kamu bisa memakai taplak meja dari sedotan di rumahmu. Ide pembuatannya sangat simpel dan sederhana yakni dengan memakai sedotan warna-warni yang kemudian di jahit menggunakan benang.

Taplak meja akan menjadi lebih menarik jika pemilihan warna yang di pakai sesuai, jadi pilihlah warna yang terbaik saat akan membuatnya.


Lampu hias dari sedotan plastik

Lampu Gantung Minimalis

Lampu gantung minimalis dari sedotan bekas
gambar dari bookmarc.com.au
Mungkin banyak orang yang tidak menyangka jika sebuah sedotan yang memiliki fungsi sebagai alat bantu minum sekali pakai ini bisa di buat benda dengan nilai seni yang cukup tinggi. Salah satu kerajinan yang di buat dengan sedotan sebagai bahan utamanya adalah lampu gantung yang bisa kamu lihat pada gambar di atas.

Lampu gantung ini cocok di pasang di ruang kamar tidur bagi orang yang suka dengan desain simpel dan sederhana.

Lampu Meja Warna-warni

Lampu meja warna warni dari sedotan
gambar dari bookmarc.com.au
Sama-sama kap lampu yang yang berbahan sedotan plastik, Tetapi dengan desain warna yang beragam. Perpaduan warna yang cocok akan semakin mempercantik tampilan lampu hias ini. Untuk lampu ini bisa kamu taruh di atas meja karena memiliki desain sebagai lampu meja.

Karya Seni Tulisan 3D Raksasa Dari Sedotan Plastik

Karya Seni Tulisan 3D Raksasa Dari Sedotan Plastik
gambar dari bookmarc.com.au
Bagi anda yang sedang mempunyai event atau sedang melakukan promosi suatu produk anda mungkin bisa mencoba dengan cara yang berbeda. Jika umumnya sebuah event atau promosi di sertai sebuah spanduk yang berisikan tulisan saja, Anda bisa menambahkan sebuah tulisan 3D dan akan lebih menarik lagi jika terbuat dari bahan daur ulang misalnya sedotan.

Kursi yang terbuat dari sedotan plastik

Kursi yang terbuat dari sedotan plastik

Sebuah kursi umumnya terbuat dari bahan kayu atau besi. Nah pernahkah kamu melihat kursi yang terbuat dari bahan utama sedotan bekas. Mungkin memerlukan waktu yang agak lama untuk merangkai sebuah sedotan kecil menjadi sebuah kursi. Kreatif ya.

Hiasan gantung warna warni dari sedotan

Hiasan gantung warna warni dari sedotan
gambar dari designrulz.com
Memperindah rumah agar lebih sedap di pandang mata dengan hiasa gantung dari sedotan warna-warni ini. Perpaduan antara beberapa warna yang tepat akan memberikan hasil yang maksimal dan indah. Hiasan gantung ini cocok di pasang di depan rumah untuk memperindah teras rumah anda. Bisa menambahkan lonceng kecil agar berbunyi ketika angin bertiup.

Hiasan pintu berbahan sedotan

Hiasan pintu berbahan sedotan
gambar dari designrulz.com

Mainan anak super kreatif berbahan sedotan plastik

Tahukah kamu jika sedotan juga bisa di kreasikan menjadi beragam mainan anak-anak seperti ikan, burung, sepeda mini dan marble. Selain itu kamu bisa melibatkan anak-anak untuk membuat mainan ini untuk menambah daya kreatifitas mereka dan juga mengajarkan kepada mereka sejak dini dalam memanfaatkan barang bekas yang sudah tidak bernilai menjadi sebuah kerajinan tangan.

ikan berbahan sedotan
wikihow.com
burung dari sedotan plastik
wikihow.com

Sepeda mainan dari sedotan bekas

Sepeda mainan dari sedotan bekas

Mainan anak super kreatif berbahan sedotan plastik
kidsactivitiesblog.com

Tas berbahan dari sedotan plastik

Tas berbahan dari sedotan plastik
ibuaing.wordpress.com
Di tangan orang yang kreatif memang barang yang sudah tidak bernilai bisa di ubah menjadi barang dengan nilai seni dan nilai jual yang lumayan. Salah satu yang mungkin tidak pernah kamu bayangkan adalah sebuah Tas yang terbuat dari sedotan plastik. Ya sedotan bisa di buat sebuah tas jinjing cantik yang bisa kamu jual dengan nominal yang tinggi.

Baca juga : Cara Membuat Bunga Dahlia dari Sedotan.

Demikian sedikit ulasan mengenai kerajinan tangan yang bisa kamu buat dari bahan sedotan plastik. semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi untuk kamu semua.






No comments: