12 Gambaran Siksa Neraka Yang Mengerikan Plus Video

Updated at : January 11, 2017
GAMBARAN NERAKA - Setiap manusia pasti tidak luput dari kesalahan, baik kesalahan pada Tuhannya ataupun kesalahan pada sesama manusia. Dari setiap kesalahan yang di perbuat, sudah tentu akan mendapat balasan yang setimpal dari Tuhan.

Balasan tersebut dapat bisa saja di berikan di dunia atau pun di akhirat nanti. Jika anda adalah orang yang mendapat balasan atas dosa-dosa anda di dunia, maka hendaknya anda sangat bersyukur karena balasan yang akan di berikan di neraka jauh lebih kejam dan menyakitkan.
Gambaran Siksa Neraka Yang Telah di Jelaskan di Al-Qur’an
lampuislam.org
Lalu bagaimana bisa di ketahui bahwa balasan yang akan di berikan di akhirat jauh lebih menyakitkan? Seperti gambaran macam-macam siksa neraka Jahannam yang sudah dijelaskan di Al-Qur’an dan Hadis Nabi bahwa setiap balasan yang di berikan di neraka amat sangat menakutkan. Dan balasan tersebut di berikan secara berbeda terhadap setiap hamba, tergantung dengan dosa apa yang telah di perbuat.

Sebagai awal pembahasan, berikut ini merupakan salah satu cuplikan video gambaran neraka yang kami ambil dari youtube yang membahas mengenai siksa neraka.


Dari berbagai hal yang menyebabkan dosa, ada beberapa hal yang menyebabkan dosa besar. Dan tentu saja ketika hal itu di lakukan, maka balasan yang akan di terima jauh lebih menyakitkan.

Apa sajakah dosa-dosa tersebut dan bagaimana azab yang akan didapatkan oleh para penduduk neraka yang melakukan hal penyebab dosa besar tersebut? Berikut kopi ireng mencoba memberikan penjelasannya :

1. Siksa Bagi Orang Kafir

Siksa Neraka Bagi Orang Kafir
muslimah.co.id
Salah satu perbuatan yang paling di benci Allah dan sudah di pastikan akan membuat manusia tersebut masuk neraka jahanam adalah syirik dan kafir. Orang yang syirik adalah orang yang menyekutukan Allah dengan benda lain, seperti berhala, matahari, bulan dan lain-lain.

Allah tidak akan menerima Taubatnya orang yang syirik. Sedangkan kafir adalah orang  yang tidak mengimani segala perintah Allah, baik dalam bentuk ayat-ayat suci Al-Qur’an maupun segala kebaikan yang di ajarkan melalui perantara Nabi Muhammad.

Azab neraka untuk orang-orang kafir ini telah di jelaskan dalam Al-Qur’an, yaitu surat An-Nisa ayat 57 yang memiliki arti sebagai berikut :

Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami, kelak akan Kami masukkan mereka ke dalam neraka.Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan azab.Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”

Selain itu, siksa bagi orang kafir juga telah di jelaskan dalam hadist yang berbunyi :

“Sesungguhnya, tebal kulit seorang kafir (di neraka) adalah 42 hasta ukuran orang kuat yang besar.Giginya sebesar gunung Uhud, dan sungguh tempat duduknya dia di Jahannam seluas Makkah dan Madinah.(HR. At-Tirmidzi dan Al-Hakim).”

2. Siksa Bagi Manusia yang Bunuh diri

Siksa Bagi Manusia yang Bunuh diri
kejadiananeh.com
Jika anda beranggapan bahwa bunuh diri adalah jalan keluar untuk masalah anda.Itu salah besar, karena bunuh diri adalah jalan untuk mencari masalah baru yang jauh lebih berat dan tak bisa di selesaikan sampai kapanpun.

Bagaimana tidak, karena seseorang yang mati dengan cara bunuh diri adalah mereka yang akan menempati neraka jahanam selamanya.

Siksa bagi orang yang bunuh diri di neraka adalah orang-orang yang mati dengan cara bunuh diri ini tergantung dengan cara yang mereka pakai. Apabila mereka mati dengan menggunakan besi di tangannya, maka nantinya mereka akan di siksa berulang kali menikam perutnya sendiri.

Sedangkan ketika seseorang mati dengan cara minum racun, kelak dia akan di azab mengulangi minum racun secara perlahan namun terus menerus. Dan bagi orang yang mati karena meloncat dari ketinggian, maka azab untuknya yaitu akan di jatuhkan dari ketinggian ke neraka jahannam secara terus menerus.

3. Siksa Bagi Para Pezina

Siksa Bagi Para Pezina
lampuislam.org
Mungkin tanpa anda sadari sebenarnya anda pernah melakukan dosa ini.Ya, mungkin bukan zina besar yang anda lakukan, namun zina ringan zina mata atau zina hati.

Meskipun begitu, namun hukuman bagi para pezina tersebut sangatlah mengerikan khususnya mereka yang melakukan zina (hubungan intim). Siksa bagi pezina laki-laki serta perempuan di neraka sudah di jelaskan Rasulullah yaitu mereka akan memiliki tubuh besar dan buruk dipandangi, mereka juga akan menimbulkan bau busuk yang begitu tajam.

Selain itu, hukuman yang paling mengerikan adalah mereka akan di tusuk menggunakan benda runcing yang tajam dan panas. Tusukan tersebut di lakukan setiap detik dan terus-menerus.Hukuman ini berlaku baik bagi pezina laki-laki maupun wanita.

4. Siksa Bagi Wanita yang tidak menutup auratnya

Siksa Bagi Wanita yang tidak menutup auratnya
myfitriblog.wordpress.com
Pada jaman sekarang, menutup aurat bagi wanita adalah hal bisa saja di anggap sangat sulit. Kebudayaan barat yang sekarang sedang begitu digemari mengajarkan umat Muslim untuk tidak menutup auratnya dan bahkan menggunakan pakaian yang mengundang syahwat.

Namun apakah anda mengetahui siksa bagi wanita yang tidak menutup auratnya? untuk hal yang saat ini di anggap sepele itu? Balasan untuk para wanita yang tidak menutup auratnya sangatlah menyakitkan.

Mereka akan di gantung rambutnya hingga otak mereka mendidih karena api neraka.

5. Siksa yang Paling Mengerikan

gambaran dahsyat siksa neraka jahannam
citra-sumarni
Nabi Muhammad SAW bersabda, orang yang paling mengerikan siksanya di hari kiamat nanti yaitu mereka yang menggambar makhluk yang mempunyai nyawa.( di riwayatkan oleh Imam Ahmad ).

Selain itu orang yang membuat patung atau berhala juga akan memperoleh siksa atau azab yang mengerikan.

6. Siksa Bagi Mereka yang Berbuka pada Bulan Ramadhan Sebelum Tiba Saatnya Untuk Berbuka

Siksa Bagi Mereka yang Berbuka pada Bulan Ramadhan Sebelum Tiba Saatnya Untuk Berbuka
thayyiba.com
Seperti di riwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban, Nabi Muhammad SAW bersabda siksa bagi mereka yang berbuka pada bulan puasa sebelum tiba waktunya adalah merekan akan di gantung pada posisi kaki mereka berada di atas dan mulut mereka di robek-robek sehingg darah mereka akan mengalir deras melalui mulut.

7. Siksa Bagi Wanita yang Tidak Mau Menyusui Anaknya

wanita ahli neraka
kabarmakah
Siksa bagi wanita yang enggan atau tidak mau menyusui buah hatinya adalah, kelak mereka akan di gigit puting susunya oleh ular. Tahukah kamu jika satu gigitan ular di neraka dapat membuat demam dan panas selama empat puluh musim.


8. Siksa Bagi Peminum Khamar/Arak

Siksa Bagi Peminum Khamar/Arak
youtube.com
Bagi kamu yang gemar minum-minuman keras atau khamar segeralah berhenti, karena siksa bagi para peminum minuman keras sangat pedih. Peminum arak kelak akan di beri minuman di neraka yang berasal dari sungai Ghuthah, yaitu sungai yang airnya berasal dari kemaluan para pelacur yang mempunyai bau sangat menyengat.

9. Siksa Bagi Wanita yang Suka Pamer Perhiasan

wanita penghuni neraka
pixabay
Di hari pembalasan nanti ada perempuan yang memotong tubuh mereka sendiri dengan memakai gunting dari neraka karena dia suka menonjolkan dirinya (ingin terkenal) di kalangan orang banyak dengan maksud agar orang lain melihat perhiasan mereka dan setiap orang jatuh cinta padanya karena melihat perhiasan mereka.


10. Siksa yang Paling Ringan


Baca juga : Inilah Amalan Yang Akan Menghindarkan Dari Siksa Kubur
Tahukah kamu siksa yang paling ringan di neraka nanti? Hadist berikut ini akan memberi kita sedikit gambarannya ;

"Sesungguhnya, penduduk neraka yang paling ringan siksanya, dia memakai dua sandal dari api neraka yang mana otaknya mendidih disebabkan panasnya kedua sandalnya." (HR Muslim)

Dari Nu'man Bin Basyir radiyallaahu 'anhu: Aku mendengar Nabi shalallaahu 'alaihi wassalam bersabda: “Sesungguhnya seringan-ringan siksaan siksaan penduduk Neraka pada hari kiamat yaitu seseorang yang diletakkan di bawah dua telapak kakinya dua bara api neraka sehingga mendidih otak mereka. (disebabkan panasnya kedua bara api neraka tersebut) Dia mengira bahwa tidak ada orang lain yang lebih dahsyat siksaan dari padanya, padahal ialah orang yang paling ringan siksaannya”. (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim)

Itulah azab yang paling ringan, bayangkan otak kita sampai mendidih di buatnya.

11. Siksa Bagi Orang Yang Perkataannya Tidak Sesuai Dengan Perbuatannya

Azab Bagi Orang Yang Perkataannya Tidak Sesuai Dengan Perbuatannya
google.com
Dari Usamah bin Zaid, ia berkata: Aku mendengar Nabi SAW bersabda:

“Akan didatangkan seseorang kemudian dia dicampakkan ke neraka. Maka dia di sana berputar seperti berputarnya keledai di tempat penggilingannya, hingga para penduduk neraka berkumpul mengelilinginya. Mereka berkata kepadanya: “Wahai fulan, bukankah engkau dulu di dunia yang menyuruh kami kepada yang baik dan melarang kami dari yang mungkar?” Usamah berkata, dia menjawab: “Aku dulu menyuruh kamu kepada yang baik (tetapi) aku tidak melakukannya. Dan aku melarang kamu dari yang buruk, (tetapi) aku melakukannya“. [Shahihul Jami]

Dari Anas bin Malik bahwa Nabi SAW bersabda:

“Pada malam Isra ‘aku dibawa kepada beberapa kaum yang lidah mereka dipotong dengan gunting api. Setiap kali selesai dipotong, lidah itu kembali lagi. Aku berkata: “Siapa mereka itu, wahai Jibril?” Jibril berkata: “Mereka adalah para penceramah dari kalangan umatmu yang mereka mengucapkan apa yang tidak mereka lakukan dan mereka membaca Kitabullah, tapi tidak mengamalkannya“. [Shahihul Jami]

12. Siksa Bagi Pemilik Harta Yang Tidak Menunaikan Kewajiban Zakat

gambaran azab di neraka jahannam yang sangat menakutkan
plus.google.com
Di Shahih Al-Bukhari terdapat sebuah riwayat dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu’ alaihi wassalam bersabda,

“Tidak seorang pun pemilik harta yang tidak menunaikan zakatnya, melainkan hartanya kelak akan diperlihatkan di hadapannya dalam wujud seekor ular botak. Ular itu mempunyai dua titik hitam di atas matanya. Dia mematuk pangkal dagu orang itu seraya ia berkata, “Akulah hartamu, akulah simpanan mu“. [HR. Al-Bukhari]

Dalam riwayat lain diceritakan,

“Orang itu lari menghindarinya, tapi ular itu mengejarnya. Lalu dia berlindung darinya, tapi ular itu mematuk tangannya dan melilitnya”.

Semoga dengan ulasan di atas, dapat membuat anda berfikir kembali untuk melakukan hal-hal yang di larang Allah SWT.

Untuk pembanding kamu bisa membaca mengenai artikel tentang gambaran surga, agar nantinya muncul keinginan untuk senantiasa berbuat kebaikan selama hidup di alam dunia yang fana ini.






No comments: