Lagu Anak-anak Yang Wajib di Ajarkan Pada Anak Anda

Updated at : July 22, 2016
Masa anak-anak adalah masa emas dimana anak-anak akan mendapat banyak pelajaran pada masa-masa ini. Pada umur 1-5 tahun, daya ingat anak sedang bagus-bagusnya, sehingga tak heran apa saja yang mereka tangkap pada masa-masa itu akan mudah di ingat dan di kenang hingga mereka besar nanti.

Untuk memanfaatkan masa emas anak ini, tentu sebagai orang tua yang baik anda harus memberikan berbagai pembelajaran yang baik untuk tumbuh kembang anak.

Tidak hanya melalui pembelajaran akademik, namun pembelajaran untuk tumbuh kembang anak juga bisa di lakukan melalui berbagai media, misalnya cerita moral, contoh sikap moral yang baik hingga lagu anak-anak pun bisa menjadi salah satu media belajar anak.

Ya, lagu anak-anak yang saat ini sudah cukup jarang di nyanyikan ternyata memiliki manfaat yang lebih di banding dengan fungsinya sebagai melodi.Lirik lagu anak-anak yang ringan namun berarti dapat membantu anak dalam mengenal segala sesuatu tentang kehidupan ini.

Misalnya saja tentang lagu anak-anak kebunku, lagu tersebut akanmemberitahukan anak bahwa kebun merupakan tempat untuk bercocok tanam dimana nantinya tanaman tersebut menjadi sumber makanan.

Lagu Anak-anak Yang Wajib di Ajarkan Pada Anak Anda

Kemudian lagu Kasih ibu yang menceritakan seberapa besar kasih sayang orang tua, dan bagaimana anak harus membalas kasih sayang orang tua.

Sebenarnya lagu anak-anak jumlahnya sangatlah banyak. Dan beberapa lagu anak-anak berikut wajib untuk di ajarkan pada anak-anak anda karena memiliki makna yang begitu dalam.


1. Lirik Lagu Kasih Ibu 


• Lirik :

Kasih ibu,
kepada beta
tak terhingga sepanjang masa
Hanya memberi,
tak harap kembali,
Bagai sang surya, menyinari dunia.

• Pencipta : SM. Mochtar.

• Pengaruh : lagu yang memiliki makna tentang kasih sayang ibu ini akan memberikan dampak positif pada jiwa anak. Yaitu anak akan menjadi lebih bisa menghargai orang tua, khususnya ibu, bisa membimbing anak agar patuh pada orang tuanya serta membimbing anak agar lebih sayang pada orang tuanya.

Dan yang paling dalam dari lirik lagu anak-anak kasih ibu ini adalah penjelasan tentang tiada satu orangpun yang menyayangi anaknya melebihi kasih sayang seorang ibu Sehingga anak akan memahami segala yang di lakukan ibu untuk anaknya adalah berdasarkan kasih sayang.


2. Lirik Lagu Kebunku


• Lirik :

Lihat kebunku
penuh dengan bunga
ada yang putih,
dan ada yang merah
setiap hari
kusiram semua
mawar melati,
semuanya indah!

• Pencipta : Ibu Sud

• Pengaruh : Lagu anak-anak ini merupakan lagu yang menjelaskan tentang betapa indahnya alam buatan Tuhan. Bagaimana indahnya tanaman yang menghiasi lingkungan. Dengan makna tersebut, lagu Kebunkuakan membawa dampak yang baik untuk anak yaitu mengeajarkan anak untuk lebih mencintai lingkungan serta mensyukuri smeua keindahan yang telah Tuhan.

3. Lirik Lagu Pelangi-pelangi


• Lirik :

Pelangi pelangi alangkah indahnya
merah kuning hijau di langit yang biru
Pelukismu agung siapa gerangan
Pelangi pelangi alangkah indahnya

• Pencipta : AT Mahmud

• Pengaruh : Lagu anak-anak yang liriknya bercerita tentang macam-macam warna ini sekaligus dapat membantu anak menghafal warna dan memahami warna. Selain itu, lagu Pelangi-pelangi juga dapat membuat anak lebih mengagumi Tuhan sang pencipta alam semesta dengan segala keindahannya.

4. Lirik Lagu Naik Delman 


• Lirik :

Pada Hari Minggu ku turut ayah ke kota
naik delman istimewa ku duduk di muka
Ku duduk samping pak kusir yang sedang bekerja
mengendarai kuda supaya baik jalannya Hei!
Tuk-tik-tak-tik-tuk tik-tak-tik-tuk tik-tak-tik-tuk
Tuk-tik-tak-tik-tuk tik-tak suara s’patu kuda

• Pencipta : Ibu Sud

• Pengaruh :Naik Delman adalah lagu anak-anak yang akan memberikan pengaruh bahagia pada anak saat sedang menyanyikannya. Bagaimana tidak, lagu yang memiliki ketukan cepat ini bisa membuat hati anak menjadi semangat. Terlebih lagi dengan liriknya yang menceritakan kebahagiaan ketika sedang liburan.

5. Lirik Lagu Pergi Belajar


• Lirik :

oh, ibu dan ayah, selamat pagi
kupergi sekolah sampai kan nanti
selamat belajar nak penuh semangat
rajinlah selalu tentu kau dapat
hormati gurumu sayangi teman
itulah tandanya kau murid budiman

• Pengarang : Ibu Sud

• Pengaruh : Salah satu lagu anak-anak terbaik yang pernah di ciptakan adalah pergi sekolah. Lagu ini memiliki arti yang begitu dalam. Tidak hanya menceritakan tentang bagaimana pentingnya menuntut ilmu di sekolah, namun juga mengajarkan kepada anak tentang bagaimana sikap sopan santun kepada anak.

Karena liriknya yang mengisahkan tentang pentingnya ilmu, lagu ini akan mempengaruhi psikologi anak menjadi lebih mementingkan pendidikan. Selain itu, lagu ini juga akan membuat anak menjadi lebih semangat dalam menimba ilmu dan mendapatkan masa depan yang indah.

Ketika anak-anak banyak mendengarkan lagu-lagu saat ini yang memiliki makna kurang mendidik, hal itu sangat di sayangkan.Karena sebenarnya banyak lagu anak-anak yang lebih sesuai dengan umur mereka yang masih belia.





No comments: