Mengetahui Gambaran Surga Ini Seakan Tak Sabar Untuk Bisa Hidup di Dalamnya

Updated at : July 24, 2016
Tujuan hidup manusia sesungguhnya adalah untuk mengejar kehidupan akhirat yang kekal, bukan sekedar mengejar kehidupan duniawi. Ketika seseorang menjalankan hidup berdasarkan syarat agama, maka bukan tidak mungkin kebahagiaan dunia dan akhirat akan di dapatkan sekaligus.

Bahkan kebahagiaan di akhirat yang akan di peroleh nantinya akan jauh lebih besar di banding kebahagiaan hidup di akhirat. Bagaimana tidak? Ketika seseorang sudah menjalankan perintah Allah dan menjadi seorang hamba yang baik, Allah telah menjanjikan surga untuknya.

Surga yaitu sebaik-baiknya tempat dan tidak ada seorangpun yang akan mendapat kebahagiaan melebihi kebahagiaan hidup di surga. Hal ini di buktikan dengan gambaran surga yang telah di jelaskan di Al-Qur’an dan hadis nabi. Dan bukankah anda tahu sendiri bahwa Allah tidak akan pernah mengingkari janjinya.

Untuk lebih jelasnya, berikut gambaran surga yang telah di jelaskan dalam Al-Qur’an dan Hadist.

1. Gambaran Para penghuni surga

Gambaran Para penghuni surga

Salah satu hal paling di inginkan seluruh hamba adalah menjadi penghuni surga.Namun apakah perilaku selama hidup di dunia ini mampu membawa hamba tersebut menjadi seorang penghuni surga? Hanya Allah yang tahu. Dan ketahuilah bawa orang pertama yang akan masuk surga adalah Rasulullah SAW.

Lalu, bagaimana kan gambaran surga terutama gambaran para penghuninya? Gambaran untuk para penghuni surga ini telah di jelaskan dalam Al Qur'an yaitu :

“Dan bagi yang takut saat menghadap Tuhannya ada dua surga.”,
“dan selain dari dua surga itu ada dua surga lain.”.

Selain itu, Rasulullah juga menjelaskan gambaran penghuni surga dalam hadistnya yaitu :

“Maka setiap orang yang masuk al jannah wajahnya seperti Adam dan tingginya 60 hasta, setelah Adam manusia terus mengecil hingga sampai sekarang.” (Muttafaqun ‘alaihi)

Berusia masih muda. Dari sahabat Syahr bin Husyabradhiallahu ‘anhu, Rasulullah bersabda:

Penghuni al jannah akan masuk ke dalam al jannah dengan keadaan rambut pendek, jenggot belum tumbuh, mata bercelak, dan berusia tiga puluh tahun atau tiga pulu tiga tahun.”(HR.At Tirmidzi no. 2468, dihasankanAsySyaikh Al Albani).

2. Makanan dan minuman surga

Makanan dan minuman surga
putri-agung.blogspot.com
Memiliki keinginan yang tinggi untuk mencoba seluruh makanan yang anda mungkin sudah menjadi sifat manusia umumnya.Namun, ketika hidup di dunia hal ini sangat di larang karena banyak makanan yang memang di haramkan untuk di makan.

Akan tetapi, ketika anda sudah menjadi penduduk surga nanti larangan tersebut tidak akan berlaku lagi. Bahkan khamer yang selama ini di haramkan untuk di minum, saat di surga nanti menjadi salah satu minuman yang di sediakan untuk anda.

Berbagai jenis makanan dan minuman tersedia dengan kehigienisan dan keistimewaan rasa yang luar biasa. Anda akan di jamin mendapat makanan yang anda inginkan dengan kualitas terbaik dan tiada duanya.

Hal ini di jelaskan dalam Al-Qur’an yaitu :

“Sesungguhnya orang-orang yang berbuat kebajikan minum dari gelas (berisi minuman) yang campurannya adalah air kafur.”(QS Al Insaan ayat 5).

“(yaitu) mata air (dalam surga) yang daripadanya hamba-hamba Allah minum, yang mereka dapat mengalirkannya dengan sebaik-baiknya.” (QS Al Insaan ayat 6).

3. Gambaran bidadari surga

Gambaran Para bidadari surga

Salah satu hiasan terindah surga adalah para bidadari surga. Kecantikan dan kesempurnaan para bidadari surga ini tak dapat ditandingi lagi.

Gambaran surga untuk para bidadarinya yaitu mereka memiliki umur yang sebaya dengan ahli surga, paras yang cantik jelita, tubuh yang sempurna, selalu tersenyum dan selalu setia.

Selain itu, para bidadari surga juga akan melayani ahli surga dengan sangat baik. Segala gambaran bidadari surga ini telah di jelaskan dalam QS Waqi’ah ayat 22-23,

“Dan ada bidadari-bidadari bermata jeli laksana mutiara yang tersimpan baik.”. Juga QS Al-Waqiyah ayat 35-37 yang menjelaskan bahwa para bidadari surga memiliki umur sebaya yaitu 33 tahun (usia puncak kematangan).

Tidak hanya itu kecantikan para bidadari surga juga di jelaskan dalam Al-Qur’an yaitu “Di dalam surga itu ada bidadari-bidadari yang (berakhlak) baik-baik lagi cantik-cantik.” (Ar Rahman: 70).

4. Pakaian para penghuni surga

Pakaian para penghuni surga
hollertrendchu.files.wordpress.com
Jika model pakaian saat ini sangat beragam dan indah, dapatkan ada membayangkan keindahan pakaian di surga nanti? Keindahan model, bahan dan kenyamanan pakaian di surga tidaklah ada tandingnya.

Bahkan pakaian tersebut akan membuat para pemakainya begitu mempesona tanpa melanggar ketentuan Allah. Gambaran surga mengenai keindahan pakaian surga ini telah di jelaskan dalam Al-Qur’an yaitu

“Sesungguhnya mereka yang beriman dan beramal saleh, tentulah Kami tidak akan menyia-nyiakan pahala orang orang yang mengerjakan amalannya dengan baik.Mereka itulah orang orang yang bagi mereka surga ‘Adn, mengalir sungai sungai di bawahnya.Dalam surga itu mereka dihiasi gelang emas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutra halus dan sutra tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan dipan indah.Itulah pahala yang sebaik baiknya dan tempat istirahat yang indah. (QS. Al Kahfi : 30-31).

Baca juga : 4 Gambaran Azab Neraka.

Sungguh tidak terbayang kebahagiaan yang akan di rasakan ketika menjadi penghuni surga nanti Semoga kita akan menjadi salah seorang yang beruntung untuk menjadi penghuni surga Allah SWT.




No comments: