Suku-Suku di Indonesia Ini Tidak Akan Anda Jumpai di Negara Lain

Updated at : July 22, 2016
Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki jumlah penduduk terbanyak ke 4 di dunia.Dengan jumlah penduduk yang begitu banyak, adat istiadat yang adapun tak kalah banyaknya.

Perbedaan adat istiadat ini sangat di pengaruhi karena perbedaan suku di setiap daerahnya.Ya, tidak hanya jumlah pulau dan jumlah penduduknya saja yang banyak namun suku di Indonesia juga begitu banyak dan beragam.

Masing-masing suku di Indonesia memiliki ciri khas tersendiri yang mungkin tidak di miliki suku lain. Selain menjadi ciri khas suku tersebut, adat istiadat dan budaya sebuah suku juga bisa menjadi ciri khas negara Indonesia.

Bagi orang awam, mungkin mereka hanya mengetahui beberapa suku besar yang memang sudah terkenal saja, seperti Batak, Sunda, Jawa dan lain-lain. Namun jika di teliti lebih lanjut, suku di Indonesia lebih dari itu dan berikut beberapa suku di Indonesia yang tidak akan anda jumpai di negara lain :

1. Suku Minangkabau

Suku Minangkabau

Mungkin nama suku yang satu ini sudah tidak begitu asing di telinga anda. Ya, suku yang berasal dari Sumatera Barat ini merupakan salah satu suku besar di Indonesia.

Suku Minangkabau yaitu sebuah suku yang menganut sistem kekerabatan material, dan sangat identik dengan agama Islam.Suku Minang sering kali di samakan dengan suku Padang karena sama-sama berasal dari Sumatera Barat.

Namun, biasanya orang yang berasal dari Suku Minangkabauakan mengidentifikasikan dirinya dengan sebutan urang awak.

2. Suku Akit

Suku Akit

Bagi anda yang tinggal di Riau, mungkin sudah paham dengan suku Akit.Suku Akit sendiri merupakan sebuah suku di Indonesia yang berasal dan sampai saat ini menetap di Pulau Rupat, Kecamatan Bengkisan, Kabupaten Bengkisan.

Meskipun sudah banyak suku lain yang juga mendiami wilayah tersebut, namun penduduknya masih di dominasi dari suku Akit.

3. Suku Sakai

Suku Sakai

Suku di Indonesia berikutnya juga masih berasal dari kepulauan Riau.Suku yang di percaya lahir dari percampuran antara orang Wedoid dan orang Minangkabau ini merupakan suku yang begitu kaya dengan budaya.

Suku Sakai sendiri di percaya lahir pada sekitar abad ke-14 masehi.Dan hingga saat ini suku Sakai masih banyak warna Suku Sakai menetap di kepulauan Riau.

4. Suku Kerinci

Suku Kerinci

Suku Kerinci adalah sebuah suku dimana penduduknya tinggal di Provinsi Jambi yaitu Batin, Kerinci, Penghulu, Bedah dan lain-lain.Nama Kerinci sendiri di ambil dari bahasa Tamil, yaitu bunga kurinji. Dimana bunga tersebut tumbuh di India Selatan dengan ketinggian daerah di atas 1800 m, dan istimewanya yaitu bunga tersebut hanya mekar sekali selama 12 tahun.

Nama Kerinci itu di berikan oleh pedagang India Tamil.Dan dengan asal usul tersebut membuktikan bahwa daerah suku Kerinci selalu merujuk pada pegunungan.

5. Suku Musi

Suku Musi

Nama Musi mungkin lebih anda kenal sebagai nama sungai. Suku Musi juga sering kali di kenal dengan suku Sekayu yang merupakan tema kolektif sebagai pengidentifikasian beberapa suku bunga yang berada di sekitar dan sepanjang sungai Musi.

6. Suku Serawai

Suku Serawai

Bagi anda yang tinggal di Bengkulu, mungkin sebagai besar dari anda adalah penduduk suku Serawai. Ya, suku Serawai ini adalah suku di Indonesia yang sebagian besar penduduknya tinggal di kecamatan Sukaraja, Pino, Talo, Seluma, Ketulum, Segiman, dan Mana, Kabupaten Bengkulu Selatan.

7. Suku Lampung

 Suku Lampung

Siapa yang tidak mengenal Kerajaan Sriwijaya.Salah satu kerajaan terbesar di Indonesia ini merupakan kerajaan terkuat juga dengan luas daerah kekuasaan yang cukup luas.
Salah satu suku di Indonesia yang masih berasal dari kerajaan Sriwijaya adalah Suku Lampung.Pusat suku Lampung ini berada di Jambi dan Lampung.

8. Suku Baduy

Suku Baduy

Suku di Indonesia yang berikutnya mungkin sangat identik dengan suku yang masih hidup di pedalaman. Suku ini adalah salah satu suku yang sangat menolak akan dunia luar, khususnya suku Badui dalam.

Salah satu keunikan suku Badui adalah memiliki keyakinan yang tabu dengan foto, sehingga penduduk suku Badui tidak pernah sekalipun berfoto.

9. Suku Samin

Suku Samin

Suku di Indonesia selanjutnya adalah suku yang berada di Pulau Jawa.Suku Samin ini lahir dari orang-orang keturunan Samin Surosentiko yang mempelajari sedulursikep.

Mereka juga merupakan suku yang telah mengobarkan semangat untuk melawan Belanda dengan bentuk selain kekerasan. Warga suku Samin sendiri sebenarnya lebih suka di sebut dengan wongsikep, karena kata samin bagi mereka memiliki arti negatif.

10. Suku Madura

Suku Madura

Salah satu suku di Indonesia yang memiliki populasi terbesar adalah suku Madura.Suku yang sebagian besar penduduknya tinggal di Jawa Timur ini memiliki ciri khas yang begitu mencolok, baik dari bahasa maupun pakaiannya.

Bahkan suku ini juga memiliki makanan khas yang sudah sangat terkenal di berbagai daerah, yaitu sate Madura.

10 suku di Indonesia tersebut adalah suku-suku yang akan anda temui ketika berkeliling Indonesia.





No comments: