Bacaan Sholawat Nabi Bahasa Arab, Latin Lengkap dengan Arti dan Keutamaannya

Updated at : August 16, 2016
Sholawat Nabi - Bersholawat kepada nabi hendaklah dijadikan sebagai amalan sehari-hari. Karena selain banyak manfaat yang terkandung dalam sholawat nabi, banyak sekali faidah yang didapat setelah membaca dan mengamalkan sholawat nabi tersebut.

Ketika anda kurang bisa meluangkan banyak waktu yang anda bisa untuk bersholawat, anda bisa membaca sholawat yang pendek dan singkat saja. Sholawat kepada nabi tidak harus panjang dan ribet. Cukup lakukan sebisa anda saja. Asal usahakan selalu istiqomah.

Manfaat lain yang bisa anda rasakan ketika rajin membaca sholawat nabi adalah hidup anda akan terasa lebih damai dan tentram. Dengan banyak sholawat nabi maka anda akan sedikit mengurangi beban dalam kehidupan anda. Karena bersholawat mampu menentramkan hati yang gelisah.

Berbagai perkara dunia akan sangat memusingkan dan melelahkan bila anda terlalu fokus dalam memikirkannya. Anda juga lama-kelamaan akan merasa stres dan bosan. Berbagai masalah pekerjaan yang memusingkan serta berbagai masalah kehidupan pribadi yang melelahkan.
sholawat nabi
cikangahlee.blogspot.co.id
Namun apabila anda bisa bersholawat dan terus melakukannya bahkan ketika anda melakukan sehari-hari, maka kehidupan yang anda jalani akan lebih terasa damai dan tentram. Karena dengan bersholawat akan membuat hati anda tenang dan damai serta bisa menjauhkan dari stres yang melanda.

Bagaimana bisa sholawat membuat hati tentram ? sebenarnya sholawat memiliki kata dasar sholat yang berarti berdoa. Dari dasar inilah maka anda akan merasakan betapa hebat efek yang dikandung dalam sholawat nabi bila anda melakukannya sebagai amalan sehari-hari.

Ingatkah anda dengan sebuah kata mutiara yang berbunyi “dekatkanlah dirimu dengan selalu berdzikir dan bersholawat. Karena dengannya akan membuat hatimu tentram dan bahagia”.

Dari kata-kata tersebut dapat diartikan bahwa sebenarnya jika ada menginginkan kehidupan yang damai dan tentram anda tidak perlu jauh-jauh ke psikiater, anda cukup berdzikir dan mengingat Allah. Karena sesungguhnya dengan mengingat Allah maka hati akan menjadi tentram dan kehidupan yang dijalani pun akan damai dan bahagia.

Berbagai hadist menyebutkan bahwa hendaklah seseorang sering berdzikir dan bersholawat. Karena ketika seseorang bersholawat kepada nabi adalah mendoakan nabi. Namun pada hakikatnya, nabi tidak memerlukan doa tersebut karena nabi sudah dijamin masuk surga oleh Allah.

Lalu kemana doa tersebut? Doa tersebut sebenarnya kembali kepada seseorang yang membacanya. Orang yang bersholawat kepada nabi hakikatnya adalah mendoakan dirinya sendiri. Jadi bukan berarti nabi yang sudah dijamin syurga oleh Allah masih butuh doa dari para umatnya.
Shalawat Nabi Muhammad SAW dan Terjemahannya
download-free-wallpaper


Beberapa manfaat dan keutamaan sholawat nabi


• Diriwayatkan dari abdullah bin ‘amr, Rasulullah bersabda

“Barang siapa membaca sholawat kepadaku dan meminta agar mendapat wasilah dariku, maka dia berhak mendapat syafaatku kelak di hari kiamat.” (Fadlu Ash-sholah ‘alannabiy no 50, Ismail bin Ishaq Al jahdiy. Dianggap shohih oleh syeikhAlbani).

Dari hadist yang dikutip diatas bahwa sebenarnya seseorang yang bersholawat kepada nabi dengan tujuan agar mendapatkan syafaat maka oleh nabi dijanjikan syafaat tersebut kelak dihari kiamat.Hari dimana semua amal perbuatan dimintai pertanggung jawaban.

• Perbanyaklah bersholawat di hari Jumat

Rasulallah bersabda

“Perbanyaklah bersholawat kepadaku pada setiap Jumat, karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada hari Jumat.Barang siapa yang banyak bersholawat kepadaku dialah yang paling dekat denganku besok dihari kiamat.”( HR. Baihaqi dalam sunan al kubro. )

Dari hadist diatas dapat diambil kesimpulan bahwa sebagai umat nabi Muhammad yang menginginkan syafaatnya kelak, hendaklah perbanyak mengamalkan dan membaca sholawat nabi pada hari Jumat. Karena pada hari itu semua sholawat yang dibacakan seseorang kepada nabi Muhammad akan ditunjukkan oleh malaikat yang telah ditugaskan Allah untuk mengawasi umat yang bersholawat kepada Nabi.

• Dari Abu Hurairah, Nabi bersabda

“Barang siapa bersholawat kepadaku satu kali maka Allah akan membalas pahalanya sebanyak sepuluh kali.”

Dari sini sudah sangat jelas apa balasan umat yang mau bersholawat kepada Nabi. Bayangkan bila anda bersholawat kepada nabi sebanyak 5 kali maka Allah akan membalasnya sebanyak 50 kali. Bila sampai 1000 kali bersholawat maka Allah akan semakin melipat gandakan pahala yang diberikan kepada hambanya tersebut.

Sangat mudah bukan jika anda ingin masuk surga bersama nabi? Hanya dengan sholawat nabi ini ternyata bisa membuat anda dekat dan bahkan bisa melihat nabi secara langsung kelak di surga. Insya Allah. Amin

• Anas bin Malik Radhiallahu’an berkata, Rasulullah bersabda

“Barang siapa membaca sholawat kepadaku satu kali maka Allah akan membalasnya sepuluh kali, dan digugurkan kesalahan(dosa)nya sepuluh kali, serta ditinggikan baginya sepuluh derajat/tingkatan disurga kelak.”

Subhanallah, hanya dengan satu kali sholawat nabi, kebaikan serta balasan yang didapatkan sangat besar. Surga adalah apa yang dipenuhi berbagai hal sepele yang bahkan tidak sadar terkadang dilewatkan begitu saja.

Surga adalah apa yang selama ini diidamkan oleh seluruh umat Muslim didunia. Bila cara mendapatkan surga saja sudah semudah ini apakah masih ada yang mau melewatkan begitu saja?

Bacaan Sholawat Nabi dan Terjemahannya


Lalu apa sajakah sholawat yang bisa menghantarkan lebih dekat dengan Nabi kelak disurga Allah ?Berikut penjelasannya.

1. Dari zaid bin Abdullah, bahwa sebenarnya mereka dianjurkan membaca sholawat dengan bacaan berikut :


اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الأُمِّيِّ

Teks Bacaan Shalawat Nabi Muhammad SAW dalam Bahasa Indonesia 

Allahumma sholli ‘ala Muhammad an nabiyyil ummiyyi'

Teks Terjemahan Shalawat Nabi Muhammad SAW 
Yang artinya :
Ya Allah berilah shalawat kepada Muhammad Nabi yang Ummi.(Fadlu Ash Sholah ‘Alan Nabiy no 60 SyeikhAlbani menganggap hadist ini shohih)

2. Dari Ka’ab bin Ujroh, bercerita

“Wahai Rasulallah, kami sudah mengetahui bagaimana cara mengirim salam kepadamu. Lalu bagaimana cara kami bersholawatkepadamu? Nabi SAW bersabda ucapkanlah

اللَّهُمَّ صّلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

Bacaan Shalawat Nabi Muhammad SAW dalam Bahasa Indonesia 

Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad kama shollaita ‘ala ali Ibrahim, innaka hamidun majid

Terjemahan Shalawat Nabi Muhammad SAW 
Yang artinya :
Ya allah berilah sholawat kepada muhammad dan keluarganya karena engkau memberi sholawat kepada keluarga ibrahim. Sesungguhnya Allah Maha Terpuji lagi Maha Penyayang. (Fadlu Ash Sholah ‘Alan Nabiy no 56 SyeikhAlbani menganggap hadist ini shohih).

3. Dari hadist riwayat bukhori diriwayatkan sebagai berikut

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ ، اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ، وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Bacaan Shalawat Nabi Muhammad SAW dalam Bahasa Indonesia 

“Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad kama shollaita ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim, innaka hamidun majid. Allahumma barik ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad kama barokta ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim, innaka hamidun majid.”

Terjemahan Shalawat Nabi Muhammad SAW 
Yang artinya :
Ya allah berilah sholawat kepada Muhammad dan keluarganya karena engkau memberi sholawat kepada keluarga Ibrahim. Sesungguhnya engkau Maha Terpuji lagi Maha Penyayang Ya Allah berilah sholawat kepada Muhammad dan keluarganya karena engkau memberi sholawat kepada keluarga Ibrahim.Sesungguhnya engkau Maha Terpuji lagi Maha Penyayang.

Demikian beberapa sholawat yang dilakukan oleh para sahabat nabi. Sebagai umat Nabi Muhammad hendaklah meniru apa yang dilakukan para sahabat sebagai i’tibar agar semakin mantap langkah yang diambil dalam menjalani kehidupan.

Maka sebagai umat yang memiliki banyak kesalahan dan dosa, hendaklah perbanyak sholawat nabi agar semakin dekat dengan Nabi Muhammad.Semoga bermanfaat.





No comments: