Cara Licik Setan Menggoda Manusia Agar Tersesat Ke Jalan Yang Sesat

Updated at : August 24, 2016
Setan adalah makhluk ghaib yang diciptakan oleh Allah dari api. Keberadaannya ditegaskan oleh Allah dalam Al-Qur’an. Namun wujudnya tidak dapat dilihat oleh mata manusia. Tetapi setan ini banyak mempengaruhi perjalanan hidup manusia.

Segala cara setan lakukan untuk mempengaruhi manusia agar ikut ke jalan yang tersesat. Seperti dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Muslim bahwa “Dari Iyadh bin Himar Al-Mujasyi’i meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

“Sesungguhnya Allah memerintahkan untuk mengajarkan kepada kalian sesuatu yang belum kalian ketahui dan telah diajarkan kepadaku hari ini.” 

Beliau berfirman, ‘Aku tlah menciptakan HambaKu menjadi orang yang lurus semuanya Akan tetapi, setan memalingkan mereka dari agamanya, mengharamkan apa yang aku halalkan, dan menyuruh mereka mempersekutukan-Ku.’”

Menurut penjelasan dari hadits diatas oleh An-Nawawi “Setan memalingkan  mereka dari agamanya”,  itu berarti setan secara rahasia pergi bersama manusia, selalu menyertai segala kondisi mereka, dan membawa mereka kepada yang bathil (salah).
Setan Menggoda Manusia Agar Tersesat Ke Jalan Yang Sesat
jejak-iblis.blogspot.co.id
Dalam mempengaruhi manusia, setan menggunakan berbagai cara dan strategi yang licik dan setan juga memanfaatkan sarana atau sesuatu yang ada pada diri manusia sendiri yaitu hawa nafsu. Dengan bujuk rayuannya, manusia kadang-kadang tidak menyadari bahwa keinginannya sudah dikendarai oleh setan.

Dalam al-Qur’an dikemukakan bahwa setan sudah banyak menghancurkan dan menyesatkan kehidupan manusia, kehidupan dari manusia pertama yaitu nabi Adam dan Siti Hawa sampai sekarang, bahkan sampai manusia di akhir zaman. Paling tidak ada 113 istilah didalam al-Qur’an yang berarti setan.

Baca juga : Inilah Amalan Yang Akan Menghindarkan Dari Siksa Kubur

Dibawah ini Ada beberapa cara licik Setan untuk menyesatkan manusia agar manusia menjadi teman di neraka nanti

1. Setan Menggoda manusia dengan cara menumbuhkan permusuhan sesama manusia

Memang tugas setan di bumi ini adalah untuk mengganggu atau menggoda manusia. Sudah biasa sekali jika manusia ada yang bermusuhan, Itu tidak lain karena pengaruh dan ajakan dari setan.

Seperti dalam Firman Allah SWT dalam Surat Al-Baqarah ayat 268 yang artinya

“ Setan itu menakut-nakuti kamu jatuh miskin dan menyuruh kamu berbuat kejahatan, Sedangkan Allah menjanjikan ampunan dan karunia-Nya kepadamu, Allah Maha Luas pemberian-Nya dan mengetahui (QS. Al-Baqarah:268). 

Allah juga berfirman di Surat Al-Maidah ayat 91 yang artinya

“Wahai kaum mukmin, setan hanya ingin membenamkan kalian dalam rasa permusuhan dan kebencian karena minuman keras dan judi. Setan ingin melalaikan kalian dari mengingat Allah dan melaksanakan shalat. Karena itu mengapa kalian tidak mau berhenti dari perbuatan itu? (QS. Al-Maidah: 91)

2. Setan menggoda manusia dengan cara membuat lupa beribadah kepada Allah SWT

Cara setan untuk menyesatkan manusia yang selanjutnya adalah dengan membuat manusia lupa untuk selalu beribadah kepada Allah SWT. Setan selalu mengajak manusia yang tidak beriman untuk melalaikan ibadah, seperti shalat, puasa dan ibadah-ibadah lainnya. Setan juga senang sekali menggoda manusia untuk berbuat maksiat dan kejelekan.

Allah SWT berfirman dalam surat Al-Mujadilah ayat 19 yang artinya

“Setan telah menguasai mereka lalu menjadikan mereka lupa mengingat Allah, mereka itulah golongan setan, Ketahuilah, sungguh golongan setan itu akan selalu rugi.” (QS. Al-Mujadilah: 19)

3. Setan mengajak manusia agar taklid

Cara licik setan untuk menyesatkan manusia yang keempat adalah mengajak manusia agar taklid. Taklid yang tidak boleh atau diharamkan adalah taklid yang atau mengikuti Nenek Moyang dan berpaling dari Wahyu Allah SWT. Seperti yang orang-orang musyrik lakukan pada zaman Rasulullah SAW.

Allah SWT mencela perbuatan orang-orang musyrik seperti dalam firman-Nya yang artinya “

Apabila dikatakan kepada mereka, “Ikutilah apa yang diturunkan Allah”, mereka menjawab, “(tidak), tapi kami (hanya) mengikuti apa yang kami dapati bapak-bapak kami mengerjakannya”. 

Dan apakah mereka (akan mengikuti bapak-bapak mereka) walaupun setan itu menyeru mereka ke dalam siksa api yang menyala-nyala (neraka).” (QS.Luqman/31: 21)

4. Setan mengajak manusia untuk bekerja sama dengan paranormal, tukang sihir dan penyesat umat

Cara setan menggoda manusia yang kelima adalah dengan cara mengajak manusia agar mau bekerja sama dengan paranormal, tukang sihir dan penyesat umat. Seperti sabda Rasulullah SAW, Sahabat Jabir berkata: Rasulullah SAW bersabda

“ Sesungguhnya Iblis meletakkan singasananya di atas air, lalu mengutus bala tentaranya, maka yang paling dekat dengan iblis yang paling besar menggodanya, lalu salah satunya datang dan berkata: Aku telah berbuat ini itu, Iblis berkata: Kamu belum berbuat apa-apa, dia berkata: kemudian salah satunya datang dan berkata: Tidaklah aku meninggalkan mereka sehingga aku mampu memisahkan antara dia dan istrinya. Dia berkata: “Kamu adalah sebaik-baik pengikut.” (HR. Muslim 8/138)

5. Manusia dibuat ragu dan was-was

Cara licik setan menggoda manusia agar tersesat yang selanjutnya adalah dengan membuat manusia ragu dan was-was. Firman Allah dalam Surat Al-Mu’minun ayat 97 yang artinya :

“Dan katakanlah: “Ya Robbku, aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan setan.” (QS.Al-Mu’minun: 97)

Dari Abu Hurairoh, Rasulullah SAW bersabda

“ Datang setan kepada salah satu diantara kalian, lalu bertanya: siapa yang menciptakan ini dan ini, bahkan sampai bertanya siapa yang menciptakan Robbmu. Maka jika datang was-was demikian berlindunglah kepada Allah (dengan membaca ta’awudz) dan hentikan (dari berpikir demikian).” (HR. Muslim 1/84).

Baca juga : Mengetahui Gambaran Surga Ini Seakan Tak Sabar Untuk Bisa Hidup di Dalamnya

6. Mengajak manusia kepada pemborosan

Cara yang selanjutnya yang dilakukan oleh setan untuk mengganggu manusia adalah dengan mengajak manusia untuk melakukan pemborosan. Seperti menggunakan uang untuk membeli yang tidak dibutuhkan itu termasuk pemborosan. Karena setan suka sekali dengan perbuatan yang seperti itu (boros), tetapi Allah SWT melarang untuk melakukan pemborosan karena perbuatan itu jelas mengakibatkan kerugian. Seperti dalam firman Allah SWT

“ Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara setan dan setan itu adalah sangat ingkar kepada Robb-nya.” (QS. Al-Isro’: 27).

7. Dengan membangkitkan fitnah

Cara yang ke tujuh yang dilakukan setan untuk menyesatkan adalah dengan cara menggoda dengan membangkitkan fitnah.

Dari Abu Hurairoh Rasulullah SAW bersabda

“ Janganlah salah satu diantara kamu mengacungkan alat tajamnya ke saudaranya, karena dia tidak tahu barangkali setan akan mencabut alat tajam itu dari tangannya lalu mengena kepada kawannya lalu dia masuk ke jurang api neraka.”(HR. Bukhori 9/62).

8. Menggoda ketika manusia sedang tidur

Cara licik setan untuk menggoda manusia adalah ketika manusia sedang tidur.  Abu Qatadah berkata, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

“ Mimpi itu datangnya dari Allah, dan mimpi jelek itu dari setan, maka jika bermimpi jelek salah satu diantara kamu dan merasa ketakutan segeralah meludah ke sebelah kiri dan berlindung kepada Allah dari kejelekan mimpi (dengan membaca ta’awudz), sesungguhnya yang demikian itu tidaklah membahayakan.” (HR. Bukhori 4/152).

Demikian tadi adalah 8 cara setan menggoda manusia agar tersesat ke jalan yang tidak benar. Oleh karena itu sering-seringlah mengingat atau berdzikir kepada Allah SWT. Dan yang paling penting adalah selalu melakukan kebaikan atau ibadah dan jauhilah perbuatan-perbuatan yang Allah SWT larang.

Kemudian ketika akan melakukan sesuatu apapun sebaiknya membaca do’a terlebih dahulu supaya terhindar dari goda’an setan yang terkutuk. Terima kasih semoga bermanfaat.






No comments: