Inilah 10+ Daftar Gunung Tertinggi di Indonesia Beserta Letak dan Tingginya

Updated at : August 30, 2016
10 Gunung Tertinggi di Indonesia – Definisi Gunung adalah menurut wikipedia adalah gundukan tanah yang sangat besar dan tinggi dan lebih besar serta lebih tinggi dari bukit, Umumnya yang di golongkan sebagai gunung yaitu gundukan tanah atau bukit yang memiliki ketinggian diatas enam ratus meter dari permukaan laut. Gunung umumnya lebih tinggi serta curam jika di bandingkan dengan sebuah bukit, tetapi mempunyai kesamaaan.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia definisi gunung adalah bukit yang sangat besar serta tinggi (biasanya memiliki tinggi lebih dari 600 meter)

Sebuah gunung umumnya terbentuk dari gerakan tektonik lempeng bumi, gerakan orogenik/gerakan epeirogenik. Sedangkan Pegunungan adalah kumpulan atau barisan gunung.

Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia mempunyai banyak gunung, baik itu yang masih aktif ataupun yang sudah tidak aktif lagi. Gunung-gunung itu tersebar di seluruh wilayah Indonesia mulai dari ujung barat pulau sumatra sampai di ujung timur pulau irian jaya(papua).
Daftar Gunung Tertinggi di Indonesia
wikipedia
Dari sekian banyak gunung yang terdapat di wilayah Indonesia ada salah satu yang memiliki ukuran paling tinggi. Gunung yang paling tinggi di Indonesia adalah Puncak jaya, Puncak jaya ini terletak di pulau irian jaya atau papua. Memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 4.884 meter di atas permukaan laut. Puncak jaya sendiri adalah salah satu gunung tertinggi di benua Osenia serta termasuk dalam tujuh puncak dunia atau seven summits.

Daftar 10 Gunung Tertinggi di Indonesia


Berikut ini merupakan daftar Gunung-gunung dengan ukuran Tertinggi di Indonesia beserta ukuran ketinggiannya serta lokasi dimana gunung tersebut berada.

1. Puncak Jaya


Gunung tertinggi di Indonesia yang menempati urutan pertama adalah Puncak Jaya. Puncak jaya merupakan sebuah puncak yang juga menjadi bagian dari Barisan Sudirman yang berada di Provinsi Papua Indonesia. Puncak jaya memiliki ketinggian sekitar 4.884 meter dan di sekitar puncak jaya terdapat gletser

Puncak Jaya ialah sebuah puncak yang menjadi bagian dari Barisan Sudirman yang terdapat di Provinsi Papua, Indonesia. Puncak Jaya mempunyai ketinggian 4.884 m dan di sekitarnya terdapat gletser Carstensz, yang merupakan satu-satunya gletser tropika di wilayah Indonesia. Kemungkinan gletser ini akan lenyap di sebabkan oleh pemanasan global.

Puncak ini adalah gunung yang tertinggi di negara Indonesia dan kawasan Oceania. Selain itu puncak ini merupakan salah satu dari 7 puncak di dunia.

Ketinggian : 4.884 meter (16.024 kaki)
Letak : Papua, Indonesia
Provinsi : Papua
Sebutan lain :

  • Cartensz Pyramid 
  • Nemangkawi
  • Ngga Pulu ("Ngga" berarti gunung)
  • Gunung Carstensz
  • Piramida Carstensz
  • Puncak Carstensz
  • Puncak Jayadikesuma
  • Ndugundugu

Penakluk yang Pertama : Anton Colijn, Jean Jacques Dozy, dan Frits Julius Wissel  (pada Tahun 1936)

2. Puncak Mandala


Puncak Mandala yang di masa penjajahan kolonial Belanda dikenal dengan sebutan Julianatop atau Puncak Juliana merupakan salah satu gunung di provinsi Papua, Indonesia. Memiliki ketinggian 4.760 meter, Puncak Mandala merupakan gunung tertinggi kedua di wilayah Indonesia setelah Puncak Jaya. Puncak ini membentuk bagian Pegunungan Bintang bagian timur serta berada dekat perbatasan wailayah Papua Nugini.

Ketinggian : 4.760 meter (15,620 kaki)
Letak : Papua, Indonesia
Provinsi : Papua
Penakluk yang Pertama : Pada 9 September 1959 Herman Verstappen, Arthur Escher, Max Tissing, Jan de Wijn dan Piet ter Laag

3. Puncak Trikora


Puncak Trikora atau Ettiakup adalah sebuah gunung yang terdapat di wilayah Papua Barat, Indonesia. Puncak ini memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 4,751 meter, Dengan tingginya ini, puncak trikora menjadi gunung paling tinggi ketiga di wilayah Indonesia. Puncak Trikora memiliki kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane serta Hutan Ericaceous/hutan gunung.

Ketinggian : 4.750 meter (15.584 kaki)
Letak : Papua, Indonesia
Provinsi : Papua
Sebutan lain : Wilhelminatop (Puncak Wilhelmina) (digunakan hingga 1963)
Penakluk yang Pertama : Franssen Herderschee, Hubrecht and Versteeg (pada Tahun 1913)

4. Ngga Pilimsit


Ngga Pilimsit masih terletak di barisan pergunungan maoke di wilayah Papua barat. Selain itu gunung ini terletak berdekatan dengan puncak trikora. Dari puncak jayawijaya ngga plimsit hanya berjarak kurang lebih sekitar 21 kilometer arah timur laut. Dengan titik paling tinggi sekitar kurang lebih 4.717 meter di atas permukaan air laut.

Ngga ilimsit memiliki sebutan lain yaitu Mount Idenberg(Gunung Idenburg), Sebutan ini telah di gunakan pada zaman kolonial Belanda. Dari informasi yang kami peroleh puncak Ngga Pilimsit pertama kali di daki di tahun 1962. Orang yang pertama menaklukkannya adalah Philip Temple serta Heinrich Harrer.

Ketinggian : 4.717 meter (15476 kaki)
Letak : Papua, Indonesia
Provinsi : Papua
Sebutan lain : Mount Idenberg(Gunung Idenburg)
Penakluk yang Pertama : Heinrich Harrer and Philip Temple  (pada Tahun 1962)

5. Gunung Yamin

Gunung yamin adalah gunung yang berketinggian 4595 meter yang mana terletak di indonesia. ketinggian gunung ini setara dengan 15075 kaki. Gunung yang terletak di asia ini mengagumkan, bila anda mempunyai kesempatan silahkan berkunjung kesini untuk melakukan pendakian ataupun hanya sekedar menikmati panorama alamnya, tentunya dengan ijin pemerintah setempat. gunung ini merupakan gunung yang kokoh,indah,dan mengagumkan.

Ketinggian : 4.595 meter (15.075 kaki)
Lokasi : Papua


6. Gunung Kerinci


Gunung kerinci merupakan gunung tertinggi di pulau Sumatra, terletak di provinsi Jambi yang berbatasan dengan Sumatra Barat. Berjarak sekitar 130 kilometer dari Padang. Puncak Kerinci berada di ketinggian sekitar 3.805 meter di atas pemukaan laut, disini para pengunjung bisa melihat pemandangan kota Jambi, Bengkulu dan Padang yang indah membentang di kejauhan. Gunung ini mempunyai kawah seluas kurang lebih 400 x 120 meter yang berisi air berwarna hijau. Pada sebelah timur ada danau Bento, sebuah rawa besar yang mempunyai air jernih paling tinggi di Sumatra. DI sebelah belakang terdapat gunung tujuh dengan kawahnya yang indah yang belum tersentuh.

Gunung Kerinci dikelilingi oleh hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat yang merupakan habitat dari harimau sumatra serta badak sumatra.

Gunung ini merupakan gunung berapi tipe stratovolcano yang masih aktif yang terakhir meletus di tahun 2009.

Ketinggian : 3.805 meter (12.480 kaki)
Letak : Sumatera
Provinsi : Jambi, Indonesia
Sebutan lain : Peak of Indrapura atau Indrapoera
Pendakian pertama : 1877 oleh von Hasselt dan Veth
Keterangan : Gunung Berapi Tertinggi di Pulau Sumatra

7. Gunung Rinjani


Gunung ini terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat Indonesia. Rinjani adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggiannya yang mencapai 3.726 meter di atas permukaan air laut yang terletak di lintang 8º25' Lintang Selatan serta 116º28' Bujur Timur. Gunung ini adalah salah satu gunung favorit para pendaki karena memiliki pemandangan yang indah.

Gunung Rinjani merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani dengan luas kurang lebih sekitar 41.330 ha.

Secara administratif gunung Rinjani terletak di dalam wilayah 3 kabupaten yitu Lombok Timur, Lombok Tengah serta Lombok Barat.

Ketinggian : 3.726 meter (12.224 kaki)
Letak : Lombok
Provinsi : Nusa Tenggara Barat, Indonesia
Keterangan : Gunung Berapi Tertingi kedua di Indonesia

8. Gunung Semeru


Gunung Semeru atau Gunung Meru merupakan sebuah gunung berapi kerucut yang berada di provinsi Jawa Timur, Indonesia. Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di Pulau Jawa, yaitu dengan puncaknya Mahameru dengan tinggi sekitar 3.676 meter di atas permukaan laut. Selain itu Gunung Semeru adalah gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Pulau Sumatera dan Gunung Rinjani di Lombok Nusa Tenggara Barat. Secara administratif gunung ini termasuk di dalam wilayah 2 kabupaten, yaitu Kabupaten Malang serta Kabupaten Lumajang Jawa Timur. Gunung ini juga masuk di dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Semeru memiliki kawasan hutan Dipterokarp Atas, hutan Dipterokarp Bukit, hutan Montane serta Hutan Ericaceous/hutan gunung.

Secara geografis Gunung Semeru terletak di antara 8°06' Lintang Selatan dan 112°55' Bujur Timur.

Ketinggian : 3.676 meter (12,060 kaki)
Letak : Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang
Provinsi : Jawa Timur, Indonesia
Penakluk Pertama : Clignet (pada Tahun 1838)
Keterangan : Gunung Berapi tertinggi ketiga di Indonesia serta Gunung paling tinggi di Pulau Jawa

9. Gunung Sanggar


Gunung Sanggar terletak di komplek pegunungan yang sama dengan Gunung Rinjani. Gunung ini mempunyai ketinggian sekitar 3.492 meter,Terletak di wilayah Lelongken, Nusa Tenggara Barat Indonesia.

Meskipun termasuk dalam daftar 10 gunung tertinggi di Indonesia, Gunung Sanggar masih kurang populer jika dibandingkan dengan gunung yang lain.

Ketinggian : 3.492 meter
Letak : Lombok
Provinsi : Nusa Tenggara Barat, Indonesia

10. Gunung Rantemario


Gunung Rantemario atau juga di kenal dengan Bulu Rantemario merupakan salah satu puncak gunung yang ketinggiannya mencapai sekitar 3478 meter di atas permukaan laut yang terletak di pegunungan Latimojong berada di dalam wilayah Kabupaten Enrekang Provinsi Sulawesi Selatan Negara Indonesia.

Ketinggian : 3.478 meter
Letak : Sulawesi
Provinsi : Sulawesi Selatan, Indonesia

11. Gunung Slamet


Gunung Slamet adalah gunung berapi kerucut yang terletak di Pulau Jawa, Indonesia. Lebih tepatnya terletak di antara lima kabupaten, yakni Kabupaten Brebes, Banyumas, Purbalingga, Tegal dan Kabupaten Pemalang Provinsi Jawa Tengah. Gunung Slamet adalah gunung tertinggi di provinsi Jawa Tengah serta yang kedua tertinggi di Pulau Jawa.

Gunung Slamet juga cukup populer sebagai lokasi pendakian meskipun mmempunyai medan yang dikenal sulit. Di kaki gunung ini ada objek wisata Baturraden yang merupakan objek wisata alam andalan Kabupaten Banyumas yang hanya berjarak kurang lebih sekitar 15 kilo meter dari kota Purwokerto.

Ketinggian : 3.428 meter (11.247 kaki)
Letak : Kabupaten Banyumas, Brebes, Tegal, Purbalingga, dan Pemalang
Provinsi : Jawa Tengah, Indonesia
Keterangan : Gunung Tertinggi di Jawa Tengah dan Tertinggi kedua di Pulau Jawa

12. Gunung Sumbing


Merupakan gunung berapi yang terletak di provinsi Jawa Tengah, Mempunyai ketinggian sekitar 3.371 meter. Gunung ini merupakan gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa, Secara administratif berlokasi di 3 wilayah kabupaten, yakni Magelang, Temanggung dan Wonosobo.

Sumbing memiliki kawasan hutan Hutan Ericaceous atau hutan gunung, hutan Dipterokarp, Bukithutan Montane dan hutan Dipterokarp Atas. Sebagian besar wilayah kereng sumbing di pakai sebagai lahan pertnian.

Ketinggian : 3.371 m (11.060 kaki)
Letak : Kabupaten Wonosobo, Temanggung, dan Magelang
Provinsi : Jawa Tengah, Indonesia
Keterangan : Gunung berapi

Demikian pembahasan mengenai urutan nama Gunung tertinggi di Indonesia beserta lokasi, letak dan tingginya, Apakah ada di antara pembaca yang pernah mengunjungi lokasi tersebut?





No comments: