Inilah Para Malaikat Penjaga Neraka yang Fisiknya Besar, Kuat dan Kasar Perangainya

Updated at : August 31, 2016
Malaikat Penjaga Neraka - Allah Tuhan semesta alam membuat dua buah tempat yang sangat jauh berbeda dan bertolak belakang di akhirat, Dua tempat ini jauh berbeda yang satu menawarkan berbagai kenikmatan dan kegembiraan yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya sedangkan yang lainnya merupakan tempat yang mengerikan dan penuh dengan siksa yang menakutkan. Kedua tempat tersebut adalah surga dan neraka.

Umat Islam mempunyai keyakinan neraka adalah tempat di mana di lakukan hukuman bagi jin, syetan dan manusia yang tidak patuh terhadap perintah Allah yang telah di sampaikan oleh para nabi dan rosul. Mereka yang tidak tidak taat terhadap perintah Allah dan melakukan apa-apa yang menjadi larangan Allah akan mendapat siksa di tempat ini setelah hari kiamat nanti.

Selain Islam beberapa aliran kepercayaan dan agama samawi juga menggambarkan neraka sebagai tempat kesengsaraan dan penyiksaan di alam akhirat nanti.

Bahan bakar neraka adalah batu dan manusia, Para penjaganya adalah malaikat yang fisiknya besar, kekar serta kasar perangainya, Para penjaga ini tidak pernah melanggar apa-apa yang di perintahkan kepadanya oleh Allah. Hal ini di jelaskan di dalam kitab suci al qur'an surat At Tahrim ayat enam.
Para Malaikat Penjaga Neraka yang Fisiknya Besar, Kuat dan Kasar Perangainya
Ilustrasi Neraka, plus.google.com

Malaikat di Neraka


Malaikat Malik adalah penjaga pintu neraka, selain itu ada juga malaikat lainnya yang berjumlah sembilan belas yakni Zanabiah.

Jenis-jenis malaikat yang ditugaskan di neraka, yaitu:

1. Malaikat Malik


Malik diberikan tugas oleh Allah untuk memimpin para malaikat penjaga neraka yang ada di berbagai tingkatan neraka( Baca 7 Nama Neraka Dalam Islam Lengkap Dengan Penjelasannya). Penjaga-penjaga neraka ini digambarkan oleh Allah mempunyai sifat dan watak yang kasar serta keras tetapi mereka tidak akan pernah membangkang dari apa-apa yang menjadi perintah Allah SWT. Seperti jelas tergambar pada salah satu ayat al qur'an berikut ini :

“Hai orang-orang yang beriman, periharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang keras, kasar dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (Qur'an Surat At-Tahrim: ayat 6).

Nama Malik Allah sebutkan dalam salah satu firmanNya dalam al qur'an yang artinya :

Mereka berseru: ‘Hai Malik, biarlah Tuhanmu membunuh kami saja.’  Dia menjawab. ‘Kamu akan tetap tinggal (di neraka ini).(Qur'an Surat Az-Zukhruf : 77)

2. Malaikat penjaga jahanam


Nama jahannam umum kita dengar dari berbagai hadist nabi Muhammad SAW dan juga ayat-ayat Al qur'an. Akan tetapi apakah nama jahannam merupakan salah satu nama dari tingkatan neraka atau merupakan suatu lokasi penyiksaan di dalam neraka itu sendiri? Hanya Allah yang tahu hal tersebut.

Gambaran mengenai mengerikan dan dahsyatnya azab di dalam jahannam di beritahukan oleh nabi besar Muhammad dalam salah satu sabdanya yang berbunyi :

“Api kalian yang dinyalakan anak-cucu adam adalah sepertujuh puluh dari panasnya api jahanam. Para sahabat kemudian berkata: Demi Allah, bila sepanas ini saja sudah cukup wahai Rasulullah. Nabi bersabda: ‘Sesungguhnya panas api tersebut masih tersisa sebanyak enam puluh sembilan bagian, panas masing-masing sama dengan api ini.’(Hadist Riwayat Muslim)

Karena saking panasnya dan pedihnya siksa di dalam jahannam banyak penghuni neraka yang meminta dengan mengiba kepada para penjaga neraka untuk kiranya para malaikat tersebut meminta kepada Allah untuk meringankan siksa mereka barang satu hari saja. Hal ini di beritahukan oleh Allah dalam salah satu firmannya yang berbunyi :

“Dan orang-orang yang berada dalam neraka berkata kepada penjaga-penjaga neraka jahanam: ‘Mohonkanlah kepada Tuhanmu supaya Dia meringankan azab dari kami barang sehari.’ Penjaga jahanam berkata: ‘Dan apakah belum datang kepadamu rasul-rasulmu dengan membawa keterangan-keterangan.’ Mereka menjawab: ‘Benar, sudah datang.’ Penjaga-penjaga jahanam berkata: ‘Berdoalah kamu.’ Dan (do’a) orang-orang kafir itu hanyalah sia-sia belaka.” (Qur'an Surat Al-Mukmin: ayat 49 sampai 50).

3. Malaikat penarik kekang jahanam


Jumlah malaikat yang di berikan ugas oleh Allah SWT untuk menarik kekang jahannam sangat banyak. Perlu kamu ketahui sebelum para manusia di siksa, Jahannam terlebih dahulu menampakkan diri kepada para calon penghuninya. Dalam penampakannya tersebut, calon penghuninya akan melihat jika jahannam memiliki 70.000 kekang. Hal ini di ketahui dari salah satu hadist nabi yang berbunyi :

Dari Ibnu Mas’ud bahwa Nabi SAW bersabda, “Akan datang jahanam ketika itu dalam keadaan memiliki tujuh puluh ribu kekang. Setiap kekangnya dipegang  oleh tujuh puluh ribu malaikat.”

Jika kita hitung dengan matematika paling tidak junlah malaikat yang memegang kekang jahannam ada 4.900.000.000. Dengan jumlahnya yang sangat banyak bisa kamu bayangkan bagaimana wujud dan besanya kekang tersebut.


4. Malaikat yang mengeluarkan kaum muslimin dari neraka


Umat islam banyak yang masuk ke dalam neraka karena dosa yang mereka miliki. Mereka akan di siksa atas dosa-dosa yang mereka miliki itu. Mereka diberi hukuman tergantung dari banyaknya dosa dan kesalahan yang mereka buat selama mereka hidup, ada yang sebentar serta ada juga yang lama.

Baca juga : 12 Gambaran Siksa Neraka Yang Mengerikan Ini Akan Membuat Anda Berfikir 2 Kali Untuk Berbuat Dosa

Saat proses penyiksaan sedang berlangsung(Hanya Allah yang mengetahui berapa lamanya), Kemudian Allah berkehendak memberikan mereka ampunan, Kemudian Allah mengutus malaikat guna mencari mereka di neraka kemudian mereka di jemput oleh para malaikat tersebut.

5. Malaikat Zabaniyah


Zabaniyah bukan nama seorang malaikat saja, melainkan nama salah satu jenis malaikat yang di berikan tugas untuk menyiksa penghuni neraka. Jumlah mereka tidak cuma satu saja, Kemungkinan lebih banyak jumlahnya dari seluruh makhluk yang disiksa dalam neraka(hanya Allah yang Tahu).

Malaikat ini disebutkan pada ayat alqur'an yang berbunyi : “Kelak kami akan memanggil malaikat Zabaniyyah.” (Qur'an Surat Al-Alaq ayat 18)

Mengenai ayat di atas, para ahli tafsir al qur'an memberikan catatan sebagai berikut ini;

Malaikat Zabaniyah merupakan malaikat yang menyiksa orang-orang yang berdosa di dalam neraka.

Kita mengimani keberadaan malaikat zabaniyah ini, Akan tetapi sebaiknya kita berdoa agar kelak tidak bertemu dengan salah satu makhluk Allah ini. Dimana mereka berbakti kepada Allah dengan melakukan perintahNya yaitu menyiksa para penghuni neraka dari golongan jin, syetan dan manusia.

6. Malaikat penjaga Saqar


Di dalam kitab-Nya Allah SWT telah menjelaskan bahwa neraka saqar adalah neraka yang tidak meninggalkan dan tidak juga membiarkan, Menurut para ahli tafsir maknanya adalah neraka saqar tidak akan membiarkan apa-apa yang dilemparkan kepadanya, hingga di siksa sampai habis kemudian dipulihkan kembali sebagai sediakala untuk kemudian di azab lagi, begitu seterusnya.

Yang dimaksud disini adalah kulit dari manusia. Ia akan dibakar kemudian tumbuh lagi kemudian di azab lagi begitu seterusnya. Baru-baru ini ilmu pengetahuan moderen sudah membuktikan, Jika memang hanya kulit manusia saja yang dapat merasakan sakit jika terbakar. Sehingga jika kulit manusia sudah habis, Siksa neraka yang diberikan kepada para penghuni neraka tentu tidak akan terasa lagi.

Saqar yang mengerikan ini di jaga oleh 19 malaikat penjaga. Informasi yang menerangkan keberadaan malaikat penjaga neraka saqar yang berjumlah sembilan belas ini terdapat di dalam salah satu firman Allah SWT dalam al qur'an yang berbunyi :

“ Kelak, Aku akan memasukkannya ke dalam (neraka) Saqar, Dan tahukah kamu apa (neraka) Saqar itu, Ia (Saqar itu) tidak meninggalkan dan tidak membiarkan, yang menghanguskan kulit manusia, Di atasnya ada sembilan belas (malaikat penjaga)" (Al qur'an Surat Al-Mudatstsir: ayat 26 sampai 30).






No comments: