Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi dan Kisah Penuh Hikmah di dalamnya

Updated at : August 04, 2016
Sebagai seorang Muslim tentu anda pernah atau sering membaca Al-Qur’an termasuk membaca surat Al Kahfi yang ada di dalamnya. Surat Al Kahfi terdiri dari 110 ayat, surat ini sendiri termasuk surat yang ke18 dan surat Al Kahfi ini termasuk surat Makiyah atau surat yang diturunkan dikota Makkah. Al Kahfi yang berarti Gua, surat ini dikenal isinya yang menceritakan Ashabul Kahfi yang berarti penghuni-penghuni gua.

Surat Al Kahfi ini berisi tentang 4 cerita yang syarat akan hikmah-hikmah yang bisa anda ambil untuk dijadikan sebagai contoh dan pelajaran. Berikut ini adalah 4 kisah yang terkandung dalam suratAl Kahfi.
Membaca Surat Al Kahfi
flickr.com

Kisah Penuh Hikmah yang ada dalam Surat Al-Kahfi

1. Ashabul Kahfi

Kisah pertama menceritakan tentang kisah Ashabul Kahfi yang diawali dari ayat ke 9 sampai ayat ke 26. Kisah Ashabul Kahfi adalah kisah sekelompok pemuda Muslim yang tinggal di negeri kafir. Sekelompok pemuda ini bertekad untuk berhijrah yang bertujuan untuk mempertahankan agamanya. Dan Ini mereka lakukan setelah mendapatkan penolakan, penghinaan, dan tekanan dari kaumnya karena dakwahnya.

Sekelompok pemuda itu menghadapi fitnah Dien dalam menyerukan agama atau dakwah serta perjuangan dari kaumnya. Lalu Allah memberi pertolongan kepada mereka dengan menjaga mereka melalui gua dan sinar matahari.

Mereka tertidur di dalam gua selama bertahun-tahun dan ketika bangun mereka sudah mendapati negeri yang mereka tinggali telah berubah dari kaum kafir menjadi kaum dan negeri yang beriman kepada ALLAH SWT.

2. Pemilik Kebun

Kisah yang kedua dari surat Al Kahfi adalah tentang pemilik dua kebun, kisah ini diawali dari ayat 32-44. Kisah ini menceritakan tentang seseorang yang diberi kebun oleh Allah, tetapi ia lupa dengan nikmat itu. Sehingga dia melampaui batas, ia tidak bersyukur dan ia meninggalkan prinsip-prinsip keimanan dengan keraguan dan hinaan atau celaan.

Ujung dari kekufuran, kesyirikan dan kelalaian tersebut maka hancurlah buah-buahan dan tanaman yang ada di taman atau kebunnya. Ia diliputi penyesalan yang teramat dalam disaat tak berguna penyesalanya tersebut. Kisah ini dapat anda ambil hikmahnya tentang bahayanya fitnah dunia berupa harta dan anak. Sehingga ia lupa untuk bersyukur, yang ia inginkan hanya memperbanyak kekayaan dan keturunan.

Sedangkan pemilik kebun yang tidak sombong dan selalu meminta pertolongan kepada Allah kebun beserta tanaman dan buah-buahnya masih utuh, karena ia selalu bersyukur atas nikmat dan karunia yang Allah berikan kepadanya.

Solusi dari fitnah ini adalah dengan memahami hakikat dunia seperti dalam ayat yang ke 7 yang artinya

“Sesungguhnya kami telah menjadikan apa yang ada di bumi sebagai perhiasan baginya, agar Kami menguji mereka siapakah diantara mereka yang terbaik perbuatannya.”

3. Nabi Musa dan Nabi Khidir

Kisah yang ketiga dalam surat Al Kahfi adalah kisah dari Nabi Musa As dan Nabi Khidir. Kisah ini diawali dari ayat ke 60 sampai 82. Kisah ini menceritakan tentang fitnah ilmu.Yakni kisahnya adalah ketika Musa ditanya “siapa penduduk bumi yang paling alim atau pandai? Lalu Nabi Musa menjawab “saya”.

Kemudian Allah mengabarkan bahwa ada manusia yang lebih pandai atau alim darinya. Setelah itu Nabi Musa pergi untuk belajar kepada orang yang lebih pandai darinya. Dan Nabi Musa pun paham akan hikmah Ilahiyah yang Allah berikan kepada selain dirinya.

penyakit dari orang yang berilmu adalah terlalu bangga dengan ilmu yang dia punya dan merasa paling alim didunia ini

Solusi dari fitnah ilmu ini adalah dengan bersikap bertawadu’ dalam diri.

4. Raja Dzulqarnain

Kisah keempat dari surat Al Kahfi adalah kisah Dzulqarnain. Kisah ini menceritakan tentang raja mulia yang sudah menguasai ilmu dan kekuatan. Kisah ini diawali dari ayat ke 83 sampai 101.
Raja ini mengelilingi dunia untuk menebarkan kebaikan diseluruh muka bumi, ia suka menolong manusia. Dan ia mampu membendung dari kekejaman atau kejahatan Ya’juj dan Ma’juj dengan cara membangun tembok untuk mengurung makhluk-makhluk perusak tersebut.

Raja Dzulqarnain ini tidak terfitnah dengan kekuatan dan kekuasannya. Ia gunakan kelebihan dari Allah tersebut untuk berbuat kebaikan dan untuk mencari akhirat dengan menolong dan berbuat baik kepada manusia yang lemah.

Nah dari 4 kisah yang ada dalam surat Al Kahfi ini, yaitu kisah pemilik dua kebun, kisah Ashabul Kahfi, kisah Zulqarnain, dan kisah Nabi Musa AS dengan Nabi Khidir anda dapat mengambil hikmah yang ada pada kisah-kisah di dalam surat Al Kahfi tersebut.

Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi

Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi


Dan tentang keutamaan membaca surat Al Kahfi nabi Muhammad SAW bersabda :

“Siapa yang membaca suratAl Kahfi pada hari Jumat pada hari Jum’at, maka (ALLAH) akan menerangi dengan cahaya antara dua Jum’at.” (H.R.Al-Hakim dan Al-Baihaqiy, yang dinyatakan oleh ibnu Hajar dalam Takhrij al-adzkar).

Hadits diatas adalah hadits yang menganjurkan membaca surat Al Kahfi  pada malam Jum’at atau pada jum’atnya karena surat Al Kahfi ini memiliki beberapa keutamaan atau fadilah.

Pahala atau ganjaran yang akan didapat ketika membaca surat Al Kahfi adalah akan disinari atau diberi cahaya.

Cahaya ini akan diberikan pada hari kiamat, yang mana cahaya ini memanjang dari bawah kedua telapak kakinya sampai ke langit, dan sebagaimana firman Allah SWT dalam Surat Al Hadid yang artinya “Pada hari ketika kamu melihat mukmin laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka.” (QS. Al Hadid : 12)

Keutamaan membaca surat Al Kahfi dimalam Jum’at atau di hari Jum’atnya adalah sebagai berikut :


• Keutamaan atau fadilah membaca surat Al Kahfi yang pernah di jelaskan atau diceritakan oleh Nabi Muhammad SAW adalah untuk menangkal fitnah Dajjal. Seperti dalam sabda nabi yang diriwayatkan Muslim dari Abu Darda’ RA yang berbunyi “Barangsiapa yang membaca sepuluh ayat dari permulaan surat Al Kahfi, maka ia dilindungi dari Dajjal.” Yakni dilindungi dari huru-haranya Dajjal.

• Keutamaan atau fadilah membaca surat Al Kahfi yang berikutnya adalah diampuni dosa-dosanya diantara dua hari Jum’at. Seperti dalam riwayat lain dari Abu Sa’id Al-Khudri RA Rasulullah bersabda “Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, maka ia akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jum’at.” (HR. Al-Hakim 2/368 dan Baihaqi 3/249.

• Keutamaan atau fadilah dari membaca surat Al Kahfi yang ketiga adalah akan mendapat cahaya atau akan disinari. Orang yang membaca sura tAl Kahfi pada malam Jum’at atau di hari Jum’atnya akan diberi cahaya pada hari kiamat yang memanjang dari telapak kaki sampai langit.

Waktu dianjurkanya membaca suratAl Kahfi adalah diawali dari terbenamnya matahari pada hari Kamis sore dan sampai terbenamnya matahari di hari Jum’at.

Demikian tadi adalah beberapa kisah yang terkandung dalam surat Al Kahfi dan hikmah atau keutamaan membaca surat Al Kahfi. Yang mana dari 4 kisah tersebut bisa anda ambil hikmah dan pelajaran bahwa hendaknya orang yang memiliki ilmu, kekuasaan, kekuatan dan harta tidak boleh sombong dan menyekutukan Allah.

Oleh karena itu sering-seringlah membaca al-Qur’an terlebih lagi membaca surat Al Kahfi agar terhindar dari fitnah Dajjal, fitnah harta dan fitnah ilmu. Terimakasih dan Semoga bermanfaat.





No comments: