Manfaat Sholat Tahajud Beserta Ayat, Hadis dan Bukti Pendukung Lain

Updated at : August 11, 2016
Manfaat Sholat Tahajud Beserta Ayat, Hadis dan Bukti Pendukung Lain - Menjalankan perintah Allah sudah menjadi kewajiban setiap hamba-Nya. Di antara perintah Allah SWT yang paling di tekankan adalah 5 sholat fardhu atau wajib dan puasa Ramadhan.

Kedua ibadah ini harus di laksanakan oleh setiap hamba-Nya tanpa terkecuali. Karena merupakan ibadah wajib, tentu saja jika di tinggalkan akan mendatangkan dosa dan jika di jalankan akan mendapat pahala yang luar biasa.

Selain itu, Allah SWT dan nabi Muhammad SAW juga menekankan kepada umat manusia untuk memperbanyak amalan sunah. Beragam amalan sunah dapat anda lakukan, seperti sholat tahajud, sholat dhuha, puasa Senin Kamis dan masih banyak lainnya.

Dari sekian banyak sholat sunah yang dapat anda lakukan, sholat tahajud merupakan salah stau yang memiliki keutamaan sangat besar. Keutamaan sholat tahajud ini sudah Allah jelaskan dalam beberapa firman-Nya yang terangkum di dalam kitab suci Al-Qur’an.

Tidak hanya itu, Nabi Muhammad SAW juga telah menjelaskan berbagi keutamaan menjalankan sholat tahajud yang diriwayatkan dalam berbagai hadis sahih.

Lalu apa sajakah keutamaan menjalankan sholat tahajud? Berikut penjelasannya beserta bukti firman dan hadis yang sahih :

Manfaat dan Keutamaan Shalat Tahajud

Manfaat Mengerjakan Sholat Tahajud
ilmudanamal8.blogspot.co.id
1. Di kabulkan doanya

Kata tahajud memiliki arti bangun pada malam hari. Ya, seperti namanya, bahwa sholat sunah ini di kerjakan pada malam hari setelah tidur. Jika umumnya atau sebagian besar umat manusia menghabiskan waktu malamnya untuk beristirahat, namun barang siapa yang merelakan waktu istirahatnya untuk mendekatkan diri kepada Allah maka tak heran jika Allah akan dengan mudah mengabulkan doanya.

Kemudahan terkabulnya doa yang dipanjatkan ketika sholat tahajud ini di buktikan dengan hadis nabi.

"Perintah Allah turun ke langit di waktu tinggal sepertiga yang akhir dari waktu malam, lalu berseru, adakah orang-orang yang memohon (berdoa) pasti akan kukabulkan, adakah orang yang meminta, pasti akan Kuberikan dan adakah yang mengharap ampunan, pasti akan kuampuni baginya sampai tiba waktu Subuh." (Al-Hadis).

2. Allah mengangkat derajatnya

Manfaat sholat tahajud ternyata juga tidak hanya akan anda dapatkan semasa di dunia saja, namun sholat tahajud akan memberikan manfaat yang lebih besar di hari akhir nanti. Yaitu Allah akan mengangkat derajat orang yang melaksanakan sholat tahajud ke tempat yang terpuji. Janji Allah SWT ini di jelaskan-Nya pada Al-Qur’an surat Al-Isra’ ayat 79 dan hadis Rasulullah yang di riwayatkan oleh Abi Darda R.A yang berbunyi :

"Dan pada sebagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji."(QS A1-Isra [17]: 79).

"Ada 3 macam manusia, Allah SWT mencintai mereka, tersenyum kepada mereka, dan merasa senang dengan mereka, yaitu salah satunya adalah orang yang memiliki istri cantik serta tempat tidur lembut dan bagus. Kemudian ia bangun malam (untuk sholat), lalu Allah SWT berkata: 'Ia meninggalkan kesenangannya dan mengingat Aku. Seandainya ia berkehendak, maka ia akan tidur."(Riwayat Ath-Thabrani).

3. Mendekatkan diri kepada Allah

Salah satu manfaat sholat tahajud yang akan membuat diri seseorang merasa lebih tenang menjalani hidup yaitu karena dengan menjalankan sholat tahajud maka dapat mendekatkan diri kepada Allah. Hal ini di jelaskan pada hadis Rasulullah yaitu :

"Hendaklah kalian melaksanakan sholat malam karena sholat malam itu merupakan kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian, ibadah yang mendekatkan diri kepada Tuhan kalian, serta penutup kesalahan dan penghapus dosa."(HR. Tirmidzi, Al-Hakim, Baihaqi. Dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Irwaa Al Ghalil).

4. Memperoleh kemuliaan

Tentu saja kemuliaan yang di janjikan Allah SWT kepada setiap hamba-Nya yang menjalankan sholat tahajud tidak hanya  sebatas kemuliaan di dunia, namun lebih ke kemuliaan di akhirat. Keterangan ini dipertegas dalam sebuah hadis yaitu.

"Barangsiapa melaksanakan sholat tahajud dengan sebaik-baiknya, dan dengan tata tertib yang rapi, maka Allah SWT akan memberikan 9 macam kemuliaan: 5 macam di dunia dan 4 macam di akhirat."

Dari penjelasan hadis tersebut, 5 macam kemuliaan yang akan di peroleh di dunia yaitu di pelihara dari berbagai macam bencana, akan nampak tanda ketaatan di mukanya, akan di cintai oleh hamba sholeh Allah dan seluruh manusia, lidahnya mampu mengucapkan kata-kata yang bijaksana dan mengandung hikmah, di beri pemahaman dalam urusan agama.

5. Mengusir penyakit dan meningkatkan kekebalan tubuh

Mungkin sebagai besar dari anda tidak menyangka bahwa salah satu manfaat melaksanakan sholat tahajud adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mengusir penyakit. Namun manfaat ini sudah jelas terbukti dengan penelitian yang di lakukan oleh Prof. Dr. Mohammad Shaleh.

Beliau mengutarakan hasil penelitiannya, bahwa setiap orang yang menjalankan sholat tahajud maka daya tahan tubuhnya dana meningkat, dan ketika daya tahan tubuhnya sudah meningkat maka segala macam penyakit yang menyerang akan hilang dengan sendirinya.

Baca juga : Tips Sehat Saat Berpuasa Agar Badan Tetap Fit Dan Fresh

6. Menjauhkan diri dari kelalaian hati

Sering kali seorang hamba lalai terhadap sang Pencipta, dimana hal ini bisa membuat dirinya merasa sombong, tidak menaati segala perintah Allah serta tidak ikhlas menerima segala ketentuan Allah.

Namun bagi hamba yang mau menjalankan sholat tahajud, Allah telah menjauhkan dirinya dari kelalaian.Hal ini di jelaskan Rasulullah dan diriwayatkan dalam sebuah hadis.


"Barang siapa mengerjakan sholat pada malam hari dengan membaca seratus ayat, maka ia tidak akan dicatat sebagai orang lalai. Dan apabila membaca dua ratus ayat, maka sungguh ia akan dicatat sebagai orang yang selalu taat dan ikhlas."(Al-Hakim dalam kitab Al-Mustadrak).

7. Menang dalam jihad melawan musuh

Musuh terbesar manusia sesungguhnya adalah hawa nafsu yang ada dalam diri anda masing-masing. Ketika hawa nafsu menguasai diri anda dan anda tak bisa melawannya, maka kemungkinan jiwa dan diri anda akan rusak terbawa pengaruh buruk hawa nafsu.

Namun ketika anda mampu melawan hawa nafsu, maka kebaikan akan datang menyambut anda di akhirat kelak serta di dunia. Dan salah satu cara untuk melawan hawa nafsu yaitu dengan memaksakan diri bangun malam menjalankan sholat tahajud.

Ketika seorang hamba mampu bangun dari tidurnya dan mendekatkan diri kepada Allah, itu berarti dia telah berhasil melawan musuh terbesarnya.

8. Muka tampak berkilau

Pada suatu hari Hasan Al-Basri R.A di tanya oleh seseorang “Mengapa orang yang bertahajud di waktu malam memiliki muka yang bagus?” mendengar pertanyaan itu, Hasan Al-Basri R,A menjawab :

"Karena mereka menyendiri bersama Tuhan-nya pada malam hari, kemudian Allah memberikan kepada mereka sebagian dari cahaya-Nya."(Al-Maqrizi, Mukhtasar Qiyaamallail).

Selain 8 manfaat menjalankan sholat tahajud di atas, Allah juga telah menjanjikan berbagai kebaikan lain untuk para hamba-Nya yang rela mendekatkan diri pada-Nya ketika orang lain sedang nyenyak dalam tidurnya, antara lain yaitu  mencegah hamba-Nya tersebut untuk melakukan dosa dan menghapus kejahatan darinya, di selamatkan dari siksa neraka, serta mendapatkan cinta Allah SWT.





No comments: