Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Lengkap Arab, Latin, Terjemahannya Beserta Manfaat Puasa Senin Kamis

Updated at : August 27, 2016
Bacaan/lafadz niat puasa senin kamis - Selain puasa Ramadhan, Islam juga menganjurkan pada seluruh umatnya untuk menjalankan puasa sunnah. Salah satu puasa sunnah yang paling di anjurkan Nabi Agung Muhammad SAW adalah puasa Senin Kamis.(Baca juga : Puasa Rajab)

Seperti namanya, puasa sunnah ini hanya di lakukan pada hari Senin dan Kamis saja. Lalu untuk ketentuan lain seperti rukun puasanya sama saja dengan puasa sunnah atau pun wajib lainnya.

Namun tentu saja niat puasa hari Senin dan hari Kamis berbeda dengan puasa sunnah atau pun wajib lain. Untuk niat puasa Senin Kamis sendiri ada 2 bacaan, yaitu untuk hari Senin dan hari Kamis. Ya, meskipun termasuk jenis puasa sunnah yang saling berhubungan namun niatnya berbeda.

Hal ini tentu saja karena perbedaan nama hari yang kemudian menjadikan bacaan niat puasa Senin Kamis pun menjadi berbeda. Lalu bagaimanakah niat puasa Senin Kamis yang harus anda lafazkan sebelum menjalankan puasa sunnah yang satu ini? Berikut ulasannya untuk anda :
Niat Puasa Senin Kamis
abrussiana.files.wordpress.com

Niat Puasa Sunnah Senin Kamis

Bacaan doa niat puasa sunnah hari Senin dalam bahasa Latin:


“Nawaitu Sauma Yaumal Itsnaini Sunnatan Lillahi Ta’ala”

Bacaan doa niat puasa sunnah hari Senin dalam bahasa Indonesia/terjemahan: 


“Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala”.

Bacaan doa niat puasa sunnah hari Kamis dalam bahasa Latin:


“Nawaitu Sauma Yaumal Khomiisi sunnatan lillahi taa’ala”

Bacaan doa niat puasa sunnah hari Kamis dalam bahasa Indonesia/terjemahan:


“Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’la.”

Niat puasa Senin Kamis tersebut harus anda lafazkan sebelum memasuki waktu subuh atau sebelum terbitnya fajar. Atau jika anda memutuskan untuk berpuasa tanpa melakukan sunnah sahur, maka anda bisa melafazkannya pada malam hari ketika hendak tidur, Untuk niat puasa hari Senin maka bisa dilafalkan pada minggu malam, dan untuk niat puasa hari Kamis bisa dilafalkan pada Rabu malam.

Tetapi ada pula pendapat yang mengatakan jika niat puasa sunnah jika untuk puasa sunnah terdapat keringanan untuk berniat di pagi hari, asalkan sebelumnya belum memakan makanan apa pun atau belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa.

Selain kewajiban membaca niat sebelum menjalankan puasa, ada bacaan lain yang juga sebaiknya anda lafalkan ketika habis berpuasa yaitu doa berbuka puasa. Pada dasarnya untuk puasa apa saja, baik puasa wajib maupun sunnah bacaan buka puasanya sama, yaitu

Bacaan doa berbuka puasa Senin Kamis dalam bahasa Latin:


“Allahumma laka shumtu wa‘alaa rizkqika afthartu, dzahabazh zhoma-u wabtallatil ‘uruuqu watsabatal ajru, insya Allah”.

Bacaan doa berbuka puasa Senin Kamis dalam bahasa Indonesia/terjemahannya:


“Ya Allah hanya untuk-Mu aku berpuasa & dengan reski-Mu aku berbuka.Telah sirna dahaga, urat-urat telah basah & pahala telah tetap insya Allah Ta’ala”.

Hafalkan bacaan tersebut dan jangan lupa untuk melafalkannya setiap kali anda hendak melakukan puasa sunnah Senin Kamis. Lalu kenapa puasa Senin Kamis sangat di anjurkan oleh Nabi Muhammad SAW? Tentu saja karena puasa Senin kamis memiliki hikmah dan keutamaan yang luar biasa.
Puasa Senin Kamis
abiummi.com
Keutamaan puasa Senin Kamis ini tidak hanya di dapatkan dari segi pahala saja, namun juga dapat di peroleh dari segi kesehatan. Keutamaan puasa Senin Kamis ini di buktikan dengan dalil Rasulullah yang diriwayatkan Muslim, yaitu :

“Pintu-pintu Surga di buka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap orang ini sampai keduanya berdamai. (HR. Muslim)

Selain itu, Allah juga telah menjelaskan tentang keutamaan melakukan puasa. Firman Allah SWT ini terdapat dalam AL’Qur’an surat AL-Baqarah ayat 183, yang berbunyi :

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa. (Al-Baqarah: 183)

Jika Allah dan Rasul sudah menjelaskan dengan terang-terangan bahwa puasa Senin Kamis baik di lakukan oleh hamba dan kaumnya, maka sudah tentu kebaikan dari segi kesehatan juga akan anda dapatkan.

Apa sajakah manfaat melakukan puasa Senin Kamis bagi tubuh anda? Berikut penjelasannya :

Manfaat Puasa Senin Kamis

Manfaat Puasa Senin Kamis


1. Peremajaan sel kulit

Manfaat puasa Senin Kamis yang satu ini mungkin di luar bayangan anda. Namun setelah di teliti ternyata hanya dengan melakukan puasa sunnah sel kulit mati anda dapat beregenerasi secara alami dan cepat.

Hal ini berhubungan dengan metabolisme tubuh yang berhenti ketika sedang melakukan puasa, dan pada saat inilah sel-sel tubuh dapat bekerja lebih maksimal.

2. Mengencangkan kulit

Bagi anda yang sudah memasuki usia 30 tahun keatas pasti akrab dengan yang namanya keriputan. Untuk mengatasi atau mencegahnya sering kali anda rela membeli krim anti aging dengan harga yang mahal.

Sebenarnya hanya dengan sering melakukan puasa Senin Kamis kulit anda pun bisa lebih kencang dan tidak mudah keriput. Metabolisme tubuh yang berhenti juga akan membuat sel kulit bekerja lebih baik, sehingga dapat membuat kulit lebih kencang dan sehat.

3. Detoksifikasi

Tidak bisa di pungkiri bahwa sebagian besar racun yang masuk ke dalam tubuh anda melalui makanan dan minuman. Terlebih lagi jika makanan dan minuman yang anda konsumsi tidak sehat dan higienis serta di konsumsi secara berlebihan.

Jika saja anda mengurangi atau bahkan menghentikan konsumsi makanan dan minuman tidak sehat tersebut maka sudah pasti racun yang mengendap di tubuh anda akan berkurang. Apa lagi jika di imbangi dengan olahraga.

4. Mengistirahatkan organ pencernaan

Sama halnya mesin, organ manusia pun jika diharuskan bekerja secara berlebihan dan terus menerus pasti akan mudah mengalami kerusakan. Salah satu organ tubuh yang sering kali diharuskan bekerja secara berlebihan dan terus menerus adalah organ pencernaan.

Untuk itulah anda di anjurkan untuk melakukan puasa, dimana saat anda berpuasa  maka organ pencernaan akan berhenti bekerja sejenak dan ini akan membawa dampak baik bagi kesehatan organ pencernaan.

5. Menurunkan kadar lemak

Salah satu penyebab munculnya berbagai penyakit berbahaya adalah penumpukan lemak pada tubuh. Meskipun lemak di butuhkan tubuh untuk sumber energi, namun jika jumlahnya berlebihan justru tidak baik.

Cara untuk menurunkan lemak yaitu dengan diet lemak, olahraga serta melakukan puasa Senin Kamis.Puasa ini bisa anda ibaratkan sebagai diet berpahala.

6. Menenangkan jiwa

Saat anda berpuasa, bukan hanya nafsu makan yang harus di kendalikan namun emosi dan pikiran juga harus di kontrol dengan baik. Sebagai contoh anda akan sangat di larang marah-marah ketika sedang berpuasa karena dapat membatalkan pahala puasa.

Ketika anda bisa mengontrol emosi inilah hati dan jiwa anda akan lebih tenang.

7. Melatih jiwa sosial

Lapar sudah pasti di rasakan oleh siapa saja yang sedang berpuasa. Nikmati inilah yang Allah berikan untuk umatnya yang sedang berpuasa. Ya, karena dengan cara ini Allah mengajarkan pada hambanya untuk bersyukur bahwa banyak di antara mereka yang jauh lebih sering merasakan lapar.

Bahkan ketika sedang tidak berpuasa pun banyak di antara mereka yang selalu merasa kelaparan.
Semoga dengan mengetahui niat puasa Senin Kamis, anjuran puasa Senin Kamis serta manfaat puasa Senin Kamis di atas anda bisa lebih tergugah untuk sering menjalankan puasa sunnah yang satu ini.





No comments: